Penyebab Tidak Menerima Email di Gmail

tidak bisa menerima email di gmail

Saat ini akun email Google tidak bisa menerima Email? Berikut ini cara memperbaiki dan mengatasi penyebab kenapa pesan baru tidak dapat muncul dan masuk ke kotak inbox Gmail di browser dan aplikasi hp.

Banyak pengguna Gmail mengalami kendala pesan baru dari pengguna lain tidak dapat muncul dan masuk ke kotak inbox Email baru meskipun koneksi internet stabil dan kuota paket data masih cukup.

Platform berkirim email Gmail dikenal stabil dan jarang sekali down. Tetapi pada kondisi tertentu pengguna mengalami masalah tidak bisa menerima email di Hp Android, iOS (iPhone, iPad), browser dan aplikasi email di komputer.

BACA JUGA:

Bisa saja hal ini menjadi miskomunikasi apalagi misalnya kamu aktif berkirim email ke klien dan kamu diprotes karena klien sudah kirim pesan dan tidak muncul di kotak inbox akun Gmail.

Jika kamu mengalami kondisi kenapa gmail tidak bisa terima email masuk? Jangan panik! Ini dia solusinya.

Coba periksa beberapa cara mengatasi email Gmail tidak masuk dan penyebab tidak bisa menerima email dengan mengikuti beberapa langkah cara mengatasi Gmail tidak bisa menerima pesan masuk.

Penyebab Tidak Bisa Menerima Email di Gmail

Kenapa email tidak bisa menerima pesan masuk? kenapa email tidak masuk? Kenapa Gmail tidak bisa menerima pesan baru? Apa saja penyebab pesan email susah masuk dan penyebab tidak dapat menerima email? Berikut ini penyebab dan cara mengatasinya.

Storage Hp Android Menipis

tidak bisa menerima email di gmail
illustration by Ouch.pics

 

Saat ini kamu harus membalas satu email penting, kamu sudah tunggu berjam-jam, tapi tidak ada tanda-tanda email baru masuk di aplikasi Gmail di Hp.

Sender email sudah mengabarkan emailnya sudah terkirim dari pagi tadi, tetapi kamu tatap kembali halaman inbox Gmail, tapi tidak bisa menerima email masuk.

Kamu berinisiatif membuka halaman Spam dengan harapan email tersebut tersesat ke ruang yang salah.

Tapi email penting tidak masuk ke inbox. Hanya ada kumpulan penawaran tidak menarik dari alamat email tidak jelas nama dan isinya.

Lalu kamu ingin infokan kepada sender bahwa “saya tidak bisa menerima pesan dengan akun email Gmail saya”. Tapi rasanya kurang profesional.

Lalu kamu berpikir, bagaimana cara mengatasi email yang tidak bisa menerima pesan? kenapa tidak bisa menerima email baru di Gmail?

Hei! jangan panik. Jika email tidak masuk ke gmail di ponsel, kemungkinan besar ruang penyimpanan hp Android yang kamu gunakan sudah hampir penuh.

Cara mengatasi email tidak masuk di inbox gmail di Hp yaitu mengosongkan ruang penyimpanan ponsel.

Jika storage atau ruang penyimpanan internal dan external Hp Android hampir penuh, secara otomatis sistem akan menonaktifkan fungsi singkronisasi/Sync pada aplikasi Gmail.

Berterima kasihlah kepada fitur tersebut, karena jika sisa ruang penyimpanan/storage menipis bisa mengganggu kinerja Hp Android.

Karena itu, jika kamu tidak bisa menerima email di kotak masuk pesan Gmail, bersih-bersih data lah segera. Hapus email lama apalagi yang berisi attachment berkapasitas berat.

Jika hp Android sudah lega ruang penyimpanannya, otomatis fitur singkronisasi akan aktif kembali dan email yang mengantri ingin masuk ke kotak inbox Gmail, akan meluncur dengan indahnya.

Storage Gmail Menipis

tidak bisa menerima email di gmail
illustration by Ouch.pics

Email penting tersebut belum juga masuk, padahal ruang penyimpanan di hp masih lega, perasaan lega tersebut sama halnya saat kamu menembak gebetan dan doi berkata iya. Lega sekali rasanya.

Kamu, satu dari para pengguna akun email Google tidak bisa menerima email yang sedang mengalami masalah dan ingin mengatasi kenapa email baru tidak masuk ke inbox, sebaiknya kamu baca sungguh-sungguh kalimat berikut ini.

Mantra cara mengatasi gmail yang tidak bisa menerima email atau penyebab kenapa tidak bisa menerima email baru di Gmail berikutnya adalah:

Periksa berapa sisa ruang penyimpanan Gmail

Mungkin kamu belum tahu atau kesibukan membuat perhatianmu luput dari hal ini, tapi dulu saat mendaftarkan akun Gmail baru, Google memberikan storage 15 GB GRATIS kepadamu.

Kapasitas 15 GB tersebut sudah termasuk penyimpanan data email, Google Photo dan Google Drive.

Pernahkan kamu memeriksanya? Lalu kenapa kamu panik saat tidak menerima email di Gmail? Kenapa bingung ketika email masuk tidak ada di inbox gmail?

Tidak tahu cara memeriksa kapasitas storage Gmail? Sungguh terlalu! Ayo masuk ke akun Gmail kamu melalui browser Chrome sekarang juga!

Untuk mengetahui informasi sisa kuota storage atau ruang penyimpanan pesan di kotak masuk Gmail, scroll hingga akhir halaman.

Pada bagian footer kotak masuk email Gmail kamu akan melihat informasi berapa banyak ruang penyimpanan Gmail yang sudah terpakai.

Tidak Bisa Menerima Email di Gmail? Ini Jalan Keluarnya
Informasi storage Gmail di Browser

Klik ‘Manage’ jika ingin melihat lebih lengkap informasi storage atau ruang utama penyimpanan dialokasikan ke email Gmail, Google Photo dan Google Drive.

Tidak Bisa Menerima Email di Gmail? Ini Jalan Keluarnya
Grafik ruang penyimpanan Gmail

Pada halaman informasi storage tersebut kamu akan melihat grafik berapa banyak ruang penyimpanan yang sudah dipakai dan berapa lagi sisanya.

Perlu kamu ketahui, Google Photo tugasnya adalah menyimpan foto yang kamu upload seperti foto profil gmail, channel youtube dan semua format foto yang diupload ke platform Google akan tersimpan di 15GB storage tersebut.

AHA! Jika sudah penuh, maka inilah penyebab selama ini mengapa Gmail tidak bisa menerima email baru di inbox, sangat sangat beralasan dan masuk diakal.

Baca juga: Kode Promo Gojek April 2020

Jika kamu juga sedang menghadapi masalah kenapa email baru tidak masuk di Gmail, maka ikutilah langkah berikut ini.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Menerima Email di Gmail

Hapus Email Lama

tidak bisa menerima email di gmail
illustration by Ouch.pics

Sama halnya seperti kenangan, tidak ada gunanya mencampur kenangan lama yang baik dan yang buruk. Hapus lah sebagian.

Hal selanjutnya yang dilakukan saat tidak bisa menerima email yaitu mengoptimalkan ruang penyimpanan dengan cara menghapus pesan lama yang memenuhi kapasitas Gmail.

Yang paling penting dihapus adalah email lama yang berisi file attachment yang ukurannya lumayan besar.

Salah satu penyebab kenapa tidak bisa menerima email baru di Gmail adalah menumpuknya list email lama yang sebenarnya tidak diperlukan lagi.

Berlangganan Google One

tidak bisa menerima email di gmail
illustration by Ouch.pics

Cara mengatasi Gmail tidak dapat menerima email dan pesan baru di kotak masuk yaitu dengan berlangganan Google One.

Pada halaman ini juga disediakan fitur untuk berlangganan jika kamu ingin menambah ruang penyimpanan Gmail dengan mengontrak ruang penyimpanan tambahan untuk jangka waktu tertentu.

Opsi berlangganan bisa kamu lakukan jika storage 15GB Gmail sudah hampir habis dan kamu ingin terhindar dari tidak bisa menerima email.

 

Terdapat 7 versi paket di Google One untuk berlangganan storage tambahan Gmail agar bisa menerima kembali pesan email baru di Gmail, yaitu:

Versi Gratis: Pengguna akun baru akan mendapatkan ruang penyimpanan 15GB untuk Gmail, Google Photo dan Google Drive.

100GB: Dengan berlangganan Rp26.900/bulan atau Rp269.000/tahun, maka pengguna Gmail akan mendapatkan ruang penyimpanan 100GB dari Google One dan juga hak akses ke Google Expert dan fitur menambahkan akun email lain untuk berbagi storage.

200GB: Berlangganan paket Rp43.000/bulan atau Rp430.000/tahun maka pengguna akun Gmail mendapatkan storage 200GB, akses ke Google Expert dan fitur untuk menambahkan akun Gmail lain untuk berbagi storage.

 

2 TB: Untuk berlangganan storage Gmail 2 TB, pengguna akun email dikenakan biaya Rp135.000/bulan atau Rp1.350.000/tahun dengan tambahan akses ke Google Expert dan fitur berbagi storage dengan akun Gmail lain.

10 TB: Khusus untuk ruang penyimpanan 10 TB, hanya tersedia opsi berlangganan bulanan dengan biaya Rp1.350.000/bulan dan berhak untuk akses Google Expert dan fitur berbagi storage dengan akun gmail lainnya.

20 TB: Dengan berlangganan Rp2.700.000 maka pengguna akun email Gmail akan mendapatkan ruang penyimpanan untuk kotak masuk, Google Photo dan Drive sebesar 20 TB dengan extra benefit yaitu akses ke Google Exprest dan fitur berbagi storage dengan akun gmail keluarga.

 

30 TB: Berlangganan paket 30 TB hanya tersedia opsi paket bulanan dengan biaya Rp3.900.000/bulan dengan benefit akses ke Google Expert dan fitur berbagi storage.

Metode pembayaran untuk menambah storage atau ruang penyimpanan Gmail agar bisa kembali menerima email baru seperti biasa yang bisa dilakukan dengan:

  • Kartu Kredit
  • Kartu Debit
  • GoPay, dan
  • Kode Voucher.

Saat ini Google One sudah menerima metode pembayaran GoPay untuk berlangganan storage Gmail, Google Photo dan Drive.

Beli Hp Bonus Storage Gmail

tidak bisa menerima email di gmail
illustration by Ouch.pics

Saat tidak bisa menerima email dan email tidak masuk ke gmail di ponsel atau email tidak dapat menerima pesan masuk, hal berikutnya yang bisa menjadi jalan keluar adalah menggunakan bonus pembelian Hp Android.

Untuk beberapa jenis brand smartphone, mereka memberikan beberapa bonus saat kamu membeli tipe tertentu smartphone brand tersebut.

Contohnya, admin pernah membeli smartphone LG G4 dan dan ternyata perangkat tersebut disertai dengan promosi kontrak Google Drive sebesar 100 GB untuk kontrak 2 tahun. Lumayang banget!

Tentu saja promosi ini sangat membantu agar terhindar dari tidak bisa menerima email di gmail dan kembali bisa mendapati pesan baru di inbox.

Salah satu penyebab utama tidak bisa menerima pesan baru di Gmail adalah kapasitas ruang penyimpanan yang penuh karena file menumpuk di Google Drive.

Hapus File di Google Drive

tidak bisa menerima email di gmail
illustration by Ouch.pics

Jika kamu belum punya rencara untuk mengontrak ruang penyimpanan tambahan dan hanya ingin menggunakan 15 GB secara optimal agar terhindar dari tidak bisa menerima email, maka periksalah ini Google Drive.

Cara mengatasi email tidak masuk di inbox gmail berikut ini merupakan salah satu solusi GRATIS jika kamu pernah bertanya “saya tidak bisa menerima pesan dengan akun email Gmail saya?”.

Google Drive biasanya berisi file dokumen berbentuk pdf, photo dan video. hapuslah file-file yang sudah lama tidak diakses maupun yang seharusnya tidak perlu disimpan pada Drive agar terhindar dari tidak ada pesan email baru muncul di gmail.

Konklusi

Semoga cara memperbaiki dan mengatasi Gmail tidak bisa menerima pesan masuk atau tidak bisa menerima email baru di atas semoga menjawab rasa penasaranmu yang sebelumnya belum tahu solusi agar pesan baru masuk di inbox Gmail.

Untuk solusi lain terkait email tidak bisa masuk di aplikasi Gmail dan email tidak masuk ke inbox Hp akan diupdate selanjutnya di blog Indowonders. I promise, aku baik cuma sama kamu doang kok.