Tidak Bisa Menerima Email di Gmail? Ini Jalan Keluarnya

Tidak Bisa Menerima Email di Gmail? Ini Jalan Keluarnya

Tidak Bisa Menerima Email di Gmail? Ini Jalan Keluarnya. Banyak pengguna platform berkirim email buatan Google ini mengeluhkan pesan baru tidak bisa masuk meskipun pakai data dan internet unlimited.

Meskipun pembuatnya adalah raksasa mesin pencari Google, yang namanya produk digital pasti terkadang menemukan masalah, seperti akun gmail tidak bisa menerima email dan pesan baru di kotak masuk.

Platform email Gmail terkenal stabil dan jarang sekali down. Tetapi pada kondisi tertentu beberapa pengguna mengeluhkan tidak bisa menerima email di Hp atau smartphone Android dan iOS (iPhone, iPad), browser dan aplikasi email di desktop.

Jadi jika kamu juga mendapatkan masalah tidak bisa menerima email baru di kotak masuk Gmail, maka periksa dan lakukan beberapa langkah berikut ini:

Periksa Ruang Penyimpanan Hp Android

Jika kamu install aplikasi Gmail di Hp Android dan tidak bisa menerima pesan baru di kotak masuk email, maka kemungkinan besar sekaligus peringatan bahwa ruang penyimpanan smartphonemu sudah hampir penuh.

Jika storage atau ruang penyimpanan internal dan external Hp Android hampir penuh, Secara otomatis sistem akan menonaktifkan fungsi singkronisasi atau Sync pada aplikasi Gmail dengan koneksi internet.

Sisa ruang penyimpanan atau storage yang sedikit akan mengganggu kinerja Hp Android.

untuk itu, jika kamu tidak bisa menerima email atau pesan baru di kotak masuk aplikasi Gmail, lakukan pembersihan data dan dokumen serta hapus aplikasi yang tidak digunakan atau tambahkan ruang penyimpanan external.

Periksa Ruang Penyimpanan Gmail

Jika kamu adalah pengguna akun Gmail yang sedang mencari cara untuk mengatasi Gmail tidak dapat menerima pesan baru di kotak masuk, sebaiknya periksa berapa sisa ruang penyimpanan.

Pada saat mendaftarkan akun Gmail baru, Google memberikan storage 15GB gratis kepada pengguna akun baru.

Perlu diketahui bahwa 15GB tersebut sudah termasuk penyimpanan email, Google Photo dan Google Drive. Jadi sudah tahu penyebab email tidak dapat menerima pesan baru di kotak masuk?

Untuk mengetahui informasi sisa kuota storage atau ruang penyimpanan pesan di kotak masuk Gmail, scroll hingga akhir halaman.

Pada bagian footer kotak masuk email Gmail kamu akan melihat informasi berapa banyak ruang penyimpanan Gmail yang sudah terpakai.

Tidak Bisa Menerima Email di Gmail? Ini Jalan Keluarnya
Informasi storage Gmail di Browser

Klik ‘Manage’ jika ingin melihat lebih lengkap informasi storage atau ruang utama penyimpanan dialokasikan ke email Gmail, Google Photo dan Google Drive.

Tidak Bisa Menerima Email di Gmail? Ini Jalan Keluarnya
Grafik ruang penyimpanan Gmail

Pada halaman informasi storage tersebut kamu akan melihat grafik berapa banyak ruang penyimpanan yang sudah dipakai dan berapa lagi sisanya.

Perlu diketahui, Google Photo bertugas untuk menyimpan data foto yang diupload pengguna seperti foto profil gmail, channel youtube dan semua format foto yang diupload ke platform buatan google akan tersimpan di 15GB storage tersebut.

Jika sudah penuh, maka cukup beralasan kenapa kamu tidak bisa menerima email di gmail.

Beli Ruang Penyimpanan Tambahan Gmail

Cara mengatasi Gmail tidak dapat menerima email dan pesan baru di kotak masuk yaitu dengan berlangganan Google One.

Pada halaman ini juga disediakan fitur untuk berlangganan jika kamu ingin menambah ruang penyimpanan Gmail dengan mengontrak ruang penyimpanan tambahan untuk jangka waktu tertentu.

Opsi berlangganan bisa kamu lakukan jika storage 15GB Gmail sudah hampir habis dan kamu ingin terhindar dari tidak bisa menerima email.

cara mengatasi gmail tidak dapat menerima kotak masuk cara terima email

Terdapat 7 versi paket di Google One untuk berlangganan storage tambahan Gmail yaitu:

Versi Gratis: Pengguna akun baru akan mendapatkan ruang penyimpanan 15GB untuk Gmail, Google Photo dan Google Drive.

100GB: Dengan berlangganan Rp26.900/bulan atau Rp269.000/tahun, maka pengguna Gmail akan mendapatkan ruang penyimpanan 100GB dari Google One dan juga hak akses ke Google Expert dan fitur menambahkan akun email lain untuk berbagi storage.

200GB: Berlangganan paket Rp43.000/bulan atau Rp430.000/tahun maka pengguna akun Gmail mendapatkan storage 200GB, akses ke Google Expert dan fitur untuk menambahkan akun Gmail lain untuk berbagi storage.

kenapa email tidak bisa menerima pesan masuk

2 TB: Untuk berlangganan storage Gmail 2 TB, pengguna akun email dikenakan biaya Rp135.000/bulan atau Rp1.350.000/tahun dengan tambahan akses ke Google Expert dan fitur berbagi storage dengan akun Gmail lain.

10 TB: Khusus untuk ruang penyimpanan 10 TB, hanya tersedia opsi berlangganan bulanan dengan biaya Rp1.350.000/bulan dan berhak untuk akses Google Expert dan fitur berbagi storage dengan akun gmail lainnya.

20 TB: Dengan berlangganan Rp2.700.000 maka pengguna akun email Gmail akan mendapatkan ruang penyimpanan untuk kotak masuk, Google Photo dan Drive sebesar 20 TB dengan extra benefit yaitu akses ke Google Exprest dan fitur berbagi storage dengan akun gmail keluarga.

kenapa gmail tidak bisa menerima email masuk

30 TB: Berlangganan paket 30 TB hanya tersedia opsi paket bulanan dengan biaya Rp3.900.000/bulan dengan benefit akses ke Google Expert dan fitur berbagi storage.

Metode pembayaran untuk menambah storage atau ruang penyimpanan Gmail bisa dilakukan dengan:

  • Kartu Kredit
  • Kartu Debit
  • GoPay, dan
  • Kode Voucher.

Saat ini Google One sudah menerima metode pembayaran GoPay untuk berlangganan storage Gmail, Google Photo dan Drive.

Periksa Promosi Saat Membeli Smartphone

Saat tidak bisa menerima email, hal ini bisa juga menjadi jalan keluar. Untuk beberapa jenis brand smartphone, mereka memberikan beberapa bonus saat kamu membeli tipe tertentu smartphone brand tersebut.

Contohnya, admin membeli smartphone LG G4 dan dan ternyata perangkat tersebut disertai dengan promosi kontrak Google Drive sebesar 100 GB untuk kontrak 2 tahun. Tentu saja promosi ini sangat membantu agar terhindar dari tidak bisa menerima email di gmail.

Bersihkan Ruang Penyimpanan Google Drive

Jika kamu belum punya rencara untuk mengontrak ruang penyimpanan tambahan dan hanya ingin menggunakan 15 GB secara optimal agar terhindar dari tidak bisa menerima email, maka periksalah ini Google Drive.

Google Drive biasanya berisi file dokumen berbentuk pdf, photo dan video. hapuslah file-file yang sudah lama tidak diakses maupun yang seharusnya tidak perlu disimpan pada Drive agar terhindar dari tidak bisa menerima email di gmail.

Hapus Email Lama

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan saat tidak bisa menerima email yaitu mengoptimalkan ruang penyimpanan dengan cara menghapus email-email lama yang sudah tidak diperlukan lagi.

Yang paling penting dihapus adalah email lama yang berisi file attachment yang ukurannya lumayan besar.

Semoga informasi cara mengatasi Gmail tidak dapat menerima pesan baru di kotak masuk email ini bisa bermanfaat.

Untuk solusi lain terkati email tidak bisa masuk di aplikasi Gmail akan diupdate selanjutnya di blog Indowonders.