Huawei MatePad Pro: Spesifikasi, Harga, Kelebihan & Kekurangannya

Harga dan Spesifikasi Huawei MatePad PRO

Spesifikasi Huawei MatePad Pro: Kelebihan, Kekurangan dan Harga Terbaru. Berita terbaru dari dunia teknologi kali ini datangnya dari raksasa ponsel pintar Huawei.

Serius untuk bersaing di pasar tablet pintar, Huawei tampaknya sudah matang mempersiapkan strategi untuk melawan dominasi iPad Pro dan Samsung Galaxy Tab S6 yang sudah lebih dulu dirilis di pasaran.

Huawei bukanlah pemain baru di pasar tablet pintar. Melalui Huawei MediaPad dan Mate X yang baru saja dirilis, Huawei tampaknya serius untuk mendominasi pasar tablet saat ini.

Keseriusan Huawei tersebut terbukti dengan diperkenalkannya tablet pintar Huawei MatePad Pro berukuran 10,8 inci yang dirilis di akhir tahun 2019 atau tepatnya pada 12 Desember 2019.

Huawei MatePad Pro Color White
Sumber: Huawei

Huawei tampaknya tidak mau sembarangan mengeluarkan produk terbaru, apalagi tablet pintar seperti iPad Pro 11 dan Galaxy Tab S6 sudah lebih dulu dirilis di pasaran.

Berbekal layar 10,8 inci dan membawa resolusi 2560 x 1600 pixels, tampaknya Huawei MatePad Pro siap memanjakan mata para penggemarnya. Apalagi ditambahkan dengan teknologi canggih stylus khas Huawei.

Tampaknya Huawei MatePad Pro bakal menyasar para Graphic Designer, Penulis, Pelajar dan profesional lainnya yang terbiasa berinteraksi dengan tablet pintar dengan menggunakan stylus.

Spesifikasi Huawei MatePad Pro

Menggunakan Android 10 sebagai operasi sistem dan dengan tampilan custom khas Huawei yaitu EMUI 10, Huawei MatePad Pro sudah pasti ditenagai dengan spesifikasi dan dapur pacu kelas atas.

Dengan membenamkan Chipset Kirin 990, tablet MatePad Pro tampaknya dipersiapkan sebagai tablet yang siap untuk menyambut teknologi 5G.

Kirin 990
Sumber: Huawei

Apalagi saat peluncuran chipset ini di IFA 2019 di Berlin, Jerman, Huawei mengklaim chipset 5G Kirin 990 yang mendukung perekaman video 8K ini jauh lebih baik daripada chipset Snapdragon 855.

Urusan dapur pacu, Huawei MatePad Pro menggunakan CPU Octa-core Cortex-A76 dan A55 dipadukan dengan Pemrosesan Grafis Mali-G76 MP16.

Untuk urusan ruang penyimpanan, Huawei MatePad Pro didistribusikan dalam 3 varian, yaitu:

  • varian RAM 6GB dengan pilihan storage 128GB,
  • varian RAM 8GB dengan pilihan storage 256GB, dan
  • varian tertinggi yaitu RAM 8GB dengan storage 512GB.

Jika ruang penyimpanan internal masih kurang, disediakan opsi untuk menambahkan storage external nano memory dengan kapasitas maksimum 256GB.

Masuk ke bagian photografi dan perekaman video, Huawei tetap memberikan teknologi yang tidak main-main di MatePad Pro.

Kamera depan beresolusi 8 MP yang mendukung perekaman video 1080p di 30frame/second, terletak di sisi kiri atas jika tablet dipakai dalam mode landscape.

Serta kamera utama beresolusi 13MP yang memiliki aperture f1.8 dan mampu merekam video dengan resolusi 2160p dan 1080p di 30 frame/second.

Untuk urusan audio, Huawei MatePad Pro dilengkapi 4 stereo speakers yang siap memanjakan telinga saat mendengarkan musik, menonton video dan bermain game.

Untuk daya tahan baterai, Huawei tampaknya sangat serius ingin menjadikan Huawei MatePad Pro menjadi -teman aktif seharian.

Karena selain memberikan kapasitas baterai 7250mAh, Huawei MatePad Pro dilengkapi dengan teknologi fast charging 40W, fast wireless charging 15W dan juga reverse wireless charging.

Dengan fitur fast charging 40W, mengisi kembali kapasitas baterai 7250mAh hanya akan membutuhkan waktu yang lebih singkat.

Selain itu, karena memiliki fitur reverse wireless charging, Huawei MatePad Pro bisa berfungsi sebagai Power bank untuk mengisi daya gadget lainnya yang juga mendukung teknologi wireless charging.

Untuk urusan komunikasi dan internet, Huawei MatePad Pro dilengkapi dengan teknologi GSM/HSPA/LTE, jaringan Wifi, bluetooth dan GPS.

Untuk port USB, Huawei MatePad Pro menggunakan USB 3.1 Type-C dengan teknologi USB OTG.

Huawei MatePad Pro tersedia dalam 4 varian warna yaitu Abu-abu, Putih, Hijau dan Oranye.

Varian termurah dari Huawei MatePad Pro dibandrol dengan harga 3,299 yuan atau sekitar 6,5 juta Rupiah.

Melihat spesifikasi di atas kertas, gue bisa simpulkan beberapa kelebihan dan kekurangan dan perlu diketahui kesimpulan tersebut merupakan pendapat gue pribadi.

Kelebihan

Kelebihan yang pertama pastinya adalah layarnya yang berukuran 10,8 inci.

Untuk gue yang biasa menggunakan iPad 4 yang berukuran 9,7 inci, tentunya ukuran 10,8 inci dari Huawei MatePad Pro tidak akan membuat gue lama untuk beradaptasi saat menggunakannya.

Huawei MatePad Pro juga tersedia dalam 2 mode yaitu mode desktop dan tablet.

Untuk penggunaan mobile, gue bisa pakai mode tablet dan jika ingin serius menggambar atau menulis sesuatu diatas meja, gue bisa pakai mode desktop dan ditambahkan dengan mouse dan keyboard.

Selain itu, dengan daya tahan baterai 7250mAh, Huawei MatePad Pro akan membuat gue tidak harus khawatir kehabisan daya saat menggunakan tablet ini seharian.

Apalagi dengan dukungan fitur Fast Charging 40W, tentunya waktu yang gue butuhkan untuk menunggu baterai Huawei MatePad Pro sampai terisi penuh akan jauh lebih singkat.

Kelebihkan lainnya dari Huawei MatePad Pro dari segi baterai adalah Reverse wireless charging, dimana gue bisa fungsikan tablet ini sebagai Powerbank pada kondisi tertentu.

Kekurangan

Untuk kekurangan gue mulai dari baterai juga, itu pun sebenarnya tidak terlalu mengganggu dari segi penggunaan.

Baterai non-removable atau tidak bisa dicopot sesuka hati, pada waktu tertentu bisa menjadi kendala jika gue ingin mengganti baterai tablet Huawei MatePad Pro tersebut.

Untuk mengganti baterai tablet ini, gue harus membuka bagian belakang dan tentunya dibutuhkan skill khusus agar body dan beberapa part tablet tidak rusak atau lecet.

Selebihnya yang menjadi kekurangan menurut gue adalah, tablet Huawei MatePad Pro sementara hanya akan dijual secara resmi di negara Cina saja.

Untuk distribusi global, tampaknya konsumen harus menunggu titik terang ketidakcocokan beberapa waktu belakangan ini antara pihak Huawei dan Google.

Perlu digarisbawahi sekali lagi bahwa kelebihan dan kekurangan tersebut murni pendapat gue pribadi berdasarkan data di atas kertas yang sudah gue kumpulkan sebelumnya.

Untuk informasi yang lebih akurat mengenai Huawei MatePad Pro bisa kalian dapatkan di situs resmi Huawei.

Semoga informasi dari Indowonders.com mengenai tablet MatePad Pro dan spesifikasinya ini dapat menjadi referensi untuk kalian yang ingin membandingkan atau tertarik membeli tablet pintar keluaran Huawei ini.