BudayaRumah Adat Dari Sumatera Utara Beserta Gambar, Ciri Khas dan Sejarahnya

Rumah Adat Dari Sumatera Utara Beserta Gambar, Ciri Khas dan Sejarahnya

Rumah adat Sumatera Utara adalah rumah tradisional Indonesia dari kebudayaan suku Batak dan Melayu yang berada di wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Kekayaan warisan kebudayaan Sumatera Utara terlihat dari ciri khas seniukir ornamen yang terukir di bangunan gambar rumah adat Sumatera Utara.

Masyarakat Sumatera Utara dari generasi ke generasi menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya dan filosofis rumah adat Sumatera Utara.

Rumah adat Sumatera Utara adalah salah satu rumah tradisional adat di Indonesia yang memiliki nilai-nilai budaya yang harus dilestarikan.

Sama seperti rumah adat lainnya di Indonesia, bagian bangunan dan ruangan rumah adat di Sumatera Utara juga memiliki ciri khas dan fungsi beragam.

Selain jadi tempat tinggal, rumah adat Sumatera Utara juga digunakan sebagai ruang upacara adat masyarakat Sumatera Utara dari generasi ke generasi.

Adat istiadat masyarakat Batak dan Melayu turun temurun terlihat dari corak, simbol, penggunaan warna, bahan bangunan dan aspek lainnya di rumah ada Sumatera Utara.

Penasaran apa nama rumah adat Sumatera Utara, keunikan, ciri khasnya dan keterangan gambarnya?

Kali ini indowonders akan berbagi informasi nama-nama rumah adat suku Batak dan Melayu di Sumatera Utara beserta gambar dan keterangannya.

Simak informasi nama dan keterangan gambar rumah adat Sumatera Utara beserta penjelasannya berikut ini.

Rumah Adat Sumatera Utara

Rumah Adat Suku Batak Angkola

Gambar rumah adat Bagas Godang nama rumah adat suku Batak Angkola di Sumatera Utara
Gambar rumah adat Bagas Godang dari suku Batak Angkola

Nama rumah adat suku Batak Angkola di Sumatera Utara adalah rumah Bagas Godang dan umumnya rumah adat ini dominan menggunakan warna hitam, menggunakan papan sebagai dinding dan lantainya serta ijuk sebagai atapnya.

Rumah Adat Suku Batak Karo

Gambar rumah adat si Waluh Jabu nama rumah adat suku Batak Karo di Sumatera Utara
Gambar rumah adat si Waluh Jabu dari suku Batak Karo

Nama rumah adat suku Batak Karo di Sumatera Utara adalah rumah si Waluh Jabu dan umumnya rumah adat menggunakan tiang sebagai penyangga bangunan dan memiliki banyak jenis sesuai berapa banyak keluarga yang tinggal menetap di dalam rumah adat tersebut.

Rumah Adat Suku Batak Toba

Gambar rumah adat Jabu Bolon nama rumah adat suku Batak Toba di Sumatera Utara
Gambar rumah adat Jabu Bolon dari suku Batak Toba

Nama rumah adat suku Batak Toba di Sumatera Utara adalah rumah Jabu Bolon atau populer dengan nama rumah Bolon, menggunakan tepas atau papan sebagai dinding dan lantai dengan atap menggunakan ijuk dan bangunannya ditopang oleh tiang-tiang besar.

Rumah Adat Suku Batak Mandailing

Gambar rumah adat Bagas Godang nama rumah adat suku Batak Mandailing di Sumatera Utara
Gambar rumah adat Bagas Godang dari suku Batak Mandailing

Nama rumah adat suku Batak Mandailing di Sumatera Utara adalah rumah Bagas Godang yang berbentuk empat persegi panjang dan bangunannya ditopang oleh tiang-tiang kokoh dan anak tangga berjumlah ganjil dan memiliki kolong.

Rumah Adat Suku Batak Simalungun

Gambar rumah adat Bolon nama rumah adat suku Batak Simalungun di Sumatera Utara
Gambar rumah adat Bolon dari suku Batak Simalungun

Nama rumah adat suku Batak Simalungun di Sumatera Utara adalah rumah Bolon berbentuk panggung yang disanggah balok-balok besar sebagai pondai dan bangunan diukir serta dicat warna hitam, merah dan putih.

Rumah Adat Suku Batak Pakpak

Gambar rumah adat Jerro nama rumah adat suku Batak Pakpak di Sumatera Utara
Gambar rumah adat Jerro dari suku Batak Pakpak

Nama rumah adat suku Batak Pakpak di Sumatera Utara adalah rumah Jerro dan bangunannya ditopang oleh tiang penyangga serta dicat menggunakan warna-warna cerah seperti merah dan oranye.

Rumah Adat Suku Nias

Gambar rumah adat Oma Sebua nama rumah adat suku Nias di Sumatera Utara
Gambar rumah adat Oma Sebua dari suku Nias

Nama rumah adat suku Nias di Sumatera Utara adalah rumah Oma Sebua yang didesain khusus untuk menghindari serangan saat perang dan dulu rumah adat Oma Sebua memiliki jebakan di tangga masuknya.

Rumah Adat Suku Melayu di Sumatera Utara

Gambar rumah adat Cindai nama rumah adat suku Melayu di Sumatera Utara
Gambar rumah adat Cindai dari suku Melayu di Sumatera Utara

Nama rumah adat suku Melayu di Sumatera Utara adalah rumah Cindai dengan model rumah panggung dengan ciri seniukir ornamen melayu deli.


Nah, setelah membaca artikel ini kamu sudah tahu apa nama rumah adat Sumatera Utara serta keterangan gambar, ciri khas dan penjelasannya.

Semoga penjelasan rumah adat Sumatera Utara dan gambarnya beserta keterangannya ini bisa bermanfaat.

Kunjungi indowonders.com untuk mendapatkan referensi gambar rumah adat di Indonesia dan asalnya serta informasi bermanfaat lainnya.

TERBARU