Nyaris Bangkrut, Marvel Hampir Jual Murah Seluruh Superheronya ke Sony

Tahun 2008 hingga saat ini menjadi perjalanan paling menjanjikan untuk Marvel Entertainment selama berdiri sebagai salah satu perusaahaan the Biggest Two (DC & Marvel) di ranah publisher komik dunia.

Kesuksesan Marvel saat ini tidak didapatkan melalui cara yang mudah, pengalaman pahit hingga nyaris bangkrut beberapa kali menjadi sejarah Marvel yang tidak akan pernah dilupakan kelak.

Sejarah

Avengers Endgame MCU Marvel Studios
Avengers / Tokopedia

Tahun 1939, Marvel berdiri dengan nama perusahaan Timely Comics. Kemudian berganti nama menjadi Magazine Management pada tahun 1947.

Kemudian berganti nama menjadi Atlas Comics di tahun 1951 dan menjadi awal era kebangkitan Marvel saat berganti nama menjadi Marvel Comics di tahun 1961.

Saat pergantian nama perusahaan, Stan Lee, Jack Kirby, Steve Ditko dan kreator lain di Marvel memperkenalkan banyak sekali karakter superhero dan villain dan karakter tersebut hidup di satu semesta komik yaitu Marvel Universe.

Nyaris Bangkrut

Captain Marvel Marvel Studios MCU
Captain Marvel / Wikipedia

Constantin Film, perusahaan film Jerman membeli hak eksklusif karakter komik Fantastic Four pada tahun 1986 dan kemudian lisensi karakter tersebut dialihkan ke 20th Century Fox.

Tahun 1993, saat hampir kehabisan dana produksi dan operasional, mengharuskan Marvel menjual hak eksklusif X-Men ke perusahaan 20th Century Fox.

Tahun 1998, Sony hampir memiliki semua aset dan hak eksklusif karakter Marvel yang ditawarkan dengan sangat murah untuk ukuran industri film Hollywood yaitu senilai $25 juta atau sekitar Rp356 miliar (kurs Dollar Rupiah 12 Juli 2020)

Sony menolak penawaran tersebut dan hanya membeli hak eksklusif Spider-Man senilai $10 juta atau sekitar Rp142 miliar dan berkata bahwa tidak ada gunanya membeli karakter Marvel yang tidak populer saat itu.

Tindakan Sony tersebut tidak tanpa alasan yang matang, karena pada saat itu mengangkat cerita komik ke dalam bentuk film menjadi pertaruhan sangat besar di Hollywood.

Akusisi

Marvel Super War MCU Marver Studios
Marvel Super War / Gimbot

Tahun 1998 hingga tahun 2008 menjadi rentang tahun paling berhemat dari perusahaan Marvel Entertainment. Bahkan untuk membuat film Iron Man, Marvel bekerja sama dengan Paramount sebagai distributor film.

Kesuksesan film Iron Man menarik perhatian Disney sehingga akhirnya Marvel diakusisi Disney pada tahun 2009.

Tahun 2015, Disney selaku pemilik Marvel mencapai kata sepakat dengan Sony untuk menghadirkan Spider-Man ke Marvel Cinematic Universe bahkan mendapatkan porsi film solo.

Dengan tercapainya kesepakatan Disney membeli 20th Century Fox, maka secara otomatis hak produksi dan distribusi karakter X-Men kembali Marvel.

Selain itu Universal dirumorkan sudah mengembalikan hak eksklusif Hulk dan Namor ke Marvel sehingga Hulk bisa tampil di film Thor: Ragnarok, Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame dan kemungkinan di serial She-Hulk.

Highlight

Warner Bros. Gelar Acara Virtual DC FanDome

Warner Bros. punya kejutan untuk para fans DC Comics di seluruh dunia. WB akan menggelar acara virtual terbesar selama 24 jam penuh.

Terbaru

Rumor: Ryan Reynolds Kembali Jadi Green Lantern di Justice League Snyder Cut

Daya magis Justice League Snyder Cut memang luar biasa, satu persatu kabar mengejutkan datang dari film yang akan tayang pada tahun 2021...

Amazon Rilis 2 Menit Adegan ‘Stormfront’ & Jadwal Tayang The Boys Season 2

Amazon mengumumkan tanggal rilis serial The Boys season 2 dijadwalkan pada 4 September 2020. Namun hanya 3 episode yang...

RUMOR: Marvel Siapkan Debut Doctor Doom di MCU

Marvel Studios dikabarkan akan memperkenalkan Lucia Von Bardas ke Marvel Cinematic Universe. Pada cerita komik Marvel, Lucia Von Bardas...

Harapan Henry Cavill untuk Peran Superman dan Justice League Snyder Cut

Henry Cavill tampaknya benar-benar belum ingin pensiun berperan sebagai Superman semenjak terakhir penampilannya tiga tahun lalu di film Justice League (2017).

Kathryn Hahn Kembali Ke Lokasi Syuting WandaVision

Aktris Kathryn Hahn mengkonfirmasi bahwa Ia akan kembali ke lokasi syuting serial WandaVision untuk melakukan syuting ulang beberapa adegan.