39 Manfaat Facebook Jika digunakan Secara Positif

39 Manfaat Facebook Jika digunakan Secara Positif
Ilustrasi Indowonders/JiiLibranto

Pada awal kepopulerannya, Facebook sering dicap lebih banyak membawa dampak buruk bagi kehidupan interaksi sosial penggunanya. Penggunaan Facebook malah dianggap mengaburkan batasan antara interaksi di dunia maya dan dunia nyata. Jangankan untuk melihat potensi dan manfaat Facebook, ulah sebagian individu dan kelompok malah membuat Facebook di anggap sebagai platform yang mempermudah orang untuk mengakses konten pornografi dan informasi provokasi.

Perlu kita sadari, Facebook berkembang karena ada interaksi pengguna didalamnya. Facebook sama sekali tidak pernah membagikan konten apapun ke platformnya. Pengguna sendiri lah secara suka rela membagikan informasi yang membuat Facebook jadi terlihat menarik.

Lebih dari 2 miliar pengguna aktif setiap bulannya berbagi informasi di Facebook. Facebook memberikan ruang tak terbatas untuk berinteraksi secara sosial. Tentu saja, individu dan kelompok tertentu yang memiliki niat buruk mengganggu keseimbangan sosial juga akan kamu temui di Facebook.

Jika dilihat buruknya saja, apapun bisa menjadi buruk. Jangankan melalui Facebook, dari judul video Youtube saja pun orang bisa melakukan perpecahan jika memang niatnya sudah negatif dalam memanfaatkan perkembangan teknologi untuk melancarkan niat tidak baik.

Dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif perbulannya. Tentu butuh waktu untuk tim Facebook memilah-milah informasi yang positif dan negatif. Sebagai pengguna kita juga baiknya berkontribusi dan positif dalam menanggapi informasi yang belum tentu sumber dan kebenarannya serta kita juga harus berperan aktif untuk menghadirkan konten-konten sehat.

Dengan jumlah pengguna sebanyak itu, berikut ini indowonders bagikan perkiraan potensi dan manfaat Facebook yang bisa pengguna dapatkan jika digunakan secara positif dan maksimal secara sosial, ekonomi dan personal.

Manfaat Facebook Secara Sosial

1. Mencegah perselingkuhan

Di Facebook pengguna dapat bertemu dengan banyak orang dan Facebook sendiri memang memiliki fitur Messenger yang memudahkan orang untuk melakukan percakapan tanpa diketahui lingkaran pertemanannya. Pengguna bisa bertemu dengan masa lalunya, merasakan adrenalin tersendiri saat melihat mantan semakin cantik atau tampan. Atau melihat suatu sosok yang sangat menarik hati.

Meskipun mudah untuk melakukan tindakan perselingkuhan di Facebook, pengguna pasti berfikir ulang untuk melakukan tindakan tersebut. Apalagi jika istri, suami, orangtua, anak, teman dan kerabat ada dalam lingkaran pertemanan.

Pengguna akan berpikir-pikir lagi untuk menyerahkan kebahagiaan yang sudah dijalani hanya untuk melakukan hal-hal yang nantinya pasti akan disesali. Secara tidak langsung unggahan orang yang dikenal menjadi motivasi kepada pengguna untuk menghindari hal tersebut.

2. Pengenalan game online

Hal ini penting untuk keberlangsungan hubungan orang tua dan anak. Orang tua dapat mencoba sensasi tersendiri game online yang disediakan di Facebook sehingga membantu orang tua untuk memahami kenapa anak tersebut suka candu terhadap game digital.

Orang tua jadinya memiliki referensi untuk memberi batasan kepada anak yang suka main game online dan mencari cara agar anak tersebut tetap bisa melakukan aktifitas yang dia sukai tetapi mengerti akan batasan dan tetap dalam pantauan orang tua.

3. Belajar berinteraksi dengan orang asing

Pada awal kepopuleran memang Facebook dicap mengaburkan interaksi antara dunia nyata dan dunia maya. Tapi zaman sudah berubah. Sekarang orang membeli sesuatu tanpa harus bertatap muka antara penjual dan pembeli. Orang memesan makanan melalui ojek online tanpa tahu betul siapa pribadi yang akan membawa makanan tersebut. Bahkan orang mencari tambatan hati melalui media sosial.

Ada rasa percaya tersendiri antar pengguna yang membuat ekosistem digital menjadi ruang yang tepat untuk berinteraksi dengan orang asing. Bahkan banyak pemilik usaha memberi komando kepada karyawannya melalui media sosial.

Jika kamu tidak segera belajar bagaimana cara berbicara dengan orang asing di Internet, maka tentu kamu akan ketinggalan dalam hal komunikasi. Beruntungkan kamu bisa mulai dari Facebook. Kamu bisa tes ke beberapa teman yang belum pernah kamu sapa di Facebook dan sejauh mana kamu mampu menjaga komunikasi yang baik dengan orang tersebut.

4. Mengetahui situasi teman dan kerabat

Sebagai makhluk sosial tentu kita memiliki teman dan kerabat. Semakin bertambah umur dan semakin sibuk dengan kegiatan masing-masing membuat niat untuk berkabar dan mencari informasi teman dan kerabat menjadi lebih sedikit.

Melalui Facebook kamu dapat melakukan hal tersebut. Kamu dapat melihat apa saja yang terjadi pada teman dan kerabat melalui unggahan status yang mereka buat. Sebagai bonus, ketika nanti bertemu kamu jadi memiliki banyak bahan ketika berbicara dan tidak kaku karena kamu tahu kabar dari teman dan kerabat tersebut.

5. Berlajar memahami pilihan orang lain

Di Facebook kamu akan bertemu dengan banyak orang dengan sifat, kebiasaan dan kepribadian yang berbeda-beda pula. Hal tersebut dapat membantu kamu untuk belajar memahami bahwa banyak hal yang belum kita ketahui sebagai manusia mengenai pilihan manusia lain.

Misalnya ada yang memilih menggunakan tato di tubuhnya, perokok, mewarnai rambut, mengenakan kombinasi fashion yang jarang kamu lihat, memiliki mobil jenis tertentu, bekerja diperusahaan tertentu dan banyak hal lain yang bisa kamu pelajari dalam memahami orang lain.

Orang-orang yang memiliki taste tersendiri tersebut lah yang akan kamu temui nantinya didunia nyata. Orang lain memiliki pilihan tersendiri dan kamu juga begitu. Alih-alih memberi komentar masukan berbau sarkasme, kamu memiliki ruang besar untuk memahami orang lain diluar sana.

6. Mengetahui saat teman atau kerabat dalam kesusahan

Platform yang paling efektif untuk berbagi kabar adalah media sosial. Memberi kabar lewat Facebook lebih efektif dari pada telepon dan sms. Apalagi misalnya kabar duka atau kesusahan. Mungkin kerabat inti atau teman dekat bisa mendapat kabar langsung.

Tetapi untuk menyebarkannya butuh waktu, dan dengan bantuan Facebook kabar tersebut bisa dibagikan dengan cepat kepada orang lain.

7. Mencari teman lama

Facebook memiliki 2 miliar pengguna aktif setiap bulannya, tidak mudah tetapi tidak juga susah untuk mencari teman lama. Facebook memberikan fitur untuk mencari pengguna lain berdasarkan nama, asal, asal sekolah dan fitur saringan lain yang membantu kamu untuk menemukan teman lama dan menjalin tali silaturahmi.

8. Berbagi pandangan dan menyuarakan sikap

Di Facebook kamu dapat memilih dengan siapa berteman, memilih untuk bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan minat dan pandangan serta bertukar informasi didalamnya. Untuk berbagi pandangan kamu tentu butuh teman yang sepaham.

Kamu tidak mungkin menyuarakan sikap di News Feed kalau kamu tahu lingkaran pertemananmu tidak sepaham dengan apa yang kamu suarakan. Hal tersebut membantu kamu untuk menghindari perselisihan dan pandangan miring orang lain.

Melihat aktifitas di komunitas yang topiknya kamu sukai pun bisa membuat kamu menimbang-nimbang baik buruknya pandangan tersebut.

9. Menemukan konten menarik dalam waktu singkat

Di Facebook kamu dapat menemukan konten menarik, tentunya dalam waktu yang singkat. Caranya sebenarnya cukup mudah, selain kamu bisa cari sendiri, kamu juga bisa mengikuti grup dan fan page sesuai konten yang ingin kamu lihat.

Bonusnya lagi, jika kamu berteman dengan orang yang sama yang suka membagikan konten-konten menarik, kamu jadi tidak perlu mencari sendiri. Apa yang dia bagikan akan terlihat di News Feed kita.

10. Menyimpan album foto

Memang banyak aplikasi penyedia layanan penyimpanan foto. Tetapi melihat kemudahan yang didapat, mungkin Facebook bisa menjadi pilihan utama. Selain tidak ada batasan kapasitas, kamu bisa membuat album foto agar rapi.

11. Membagikan informasi terkini dan mendapatkan ilmu

Manusia suka menjadi yang pertama, apa lagi dalam hal berbagi, contohnya informasi. Di Facebook kamu bisa menjadi orang yang pertama, misalnya dalam hal berbagi, membuat status lucu yang original, ketika ditiru orang lain, pembaca bisa lihat siapa yang lebih dulu membagikan status tersebut.

Di Facebook kamu bisa bergabung di grup dan fan page tertentu dan berbagi ilmu atau memberikan solusi kepada orang lain.

12. Menghindari penipuan

Melalui Facebook kita dapat belajar membuka ruang keragu-raguan saat ditawarkan sesuatu oleh orang lain. Kita bisa mencari informasi jika tawarakan tersebut tidak benar, mencari info si pemberi tawaran, melihat ada apakah ada korban yang sebelumnya sudah terkena kasus yang sama.

13. Berinteraksi secara cepat dengan biaya sedikit

Dulu ketika ingin berbicara dengan teman ataupun mendapat kabar terbaru keluarga harus telpon, minimal sms atau harus menunggu selesai bekerja atau ada waktu libur baru bisa menjadwalkan waktu bertemu. Sekarang saat ada waktu luang bisa berkabar dan bertukar pikiran.

14. Mengawasi anak

Penting bagi orang tua untuk memantau dan memahami prilaku anak. Melalui Facebook orang tua memiliki alat bantu untuk memantau dari jarak jauh tanpa anak merasa orang tua cerewet. Anak akan belajar memilah-milah apa yang dia ingin bagikan kalau ada orang tuanya dalam lingkaran pertemanan.

15. Mengenal tokoh idola

Beberapa tokoh terkenal, seperti entertainer, kreator dan tokoh politik memiliki fan page di Facebook. Dengan mengikuti fan page mereka, kamu bisa mendapatkan informasi terkini dari tokoh idola.

16. Berpartisipasi

Banyak yang beranggapan facebook bikin sibuk sendiri, tetapi hal tersebut bisa menjadi celah untuk mengetahui kondisi seseorang dari sudut pandang yang melihat. kadang orang menganggap bahwa sibuk sendiri merupakan suatu aktifitas yang kurang perlu tetapi lihat dari sudut pandang ‘partisipasi’.

Orang tersebut berinteraksi dengan orang lain, dia berpartisipasi dalam ruang lingkup sosial, dalam hal ini melalui jaringan internet. Apa bedanya sibuk bermedia sosial dengan sibuk menonton, bermain game yang cuma interaksi searah dan kurang berdampak terhadap lingkaran sosial

Manfaat Facebook Secara Pribadi

Berikut ini dampak positif dan manfaat Facebook untuk pribadi pengguna jika digunakan secara maksimal.

17. Meningkatkan rasa percaya diri

Banyak orang di dunia nyata tidak mampu berekspresi. Dengan alasan malu, takut tidak ada yang kenal dan bahkan menganggap publik kurang menerima ekspresi tersebut. Contohnya saja ‘selfie’. Banyak yang menganggap selfie itu kegiatan yang kurang penting, tetapi mayoritas dari orang tersebut untuk selfie saja pun kurang percaya diri, membagikan ke media sosial pun tidak berani.

Banyaknya pengguna yang melakukan kegiatan tersebut di Facebook membuat pengguna lain menjadi lebih berani melakukan sesuatu. Apa lagi jika unggahannya itu banyak di share, jumlah like dan komentar juga banyak. Tentunya hal tersebut menambah rasa percaya diri pengguna. Apa lagi jika isi komentar dipenuhi dengan pujian dan dukungan.

18. Menghindari penyakit hati

Facebook merupakan ruang yang tepat untuk pamer. Akan banyak kita temui pengguna yang membagikan hal-hal pribadi yang sebenarnya kurang perlu dibagikan. Alamat rumah dibagikan, dekorasi rumah foto dan diunggah, beli mobil atau motor di foto, makan-makanan mewah di foto dan diunggah. Tindakan tersebut secara dewasa memang kurang baik, apa lagi untuk alasan keamanan. Orang yang memiliki niatan buruk akan mengetahui kamu memiliki apa saja dan kapan kamu lengah.

Banyak memang timbul opini bernada iri dan membangkitkan rasa cemburu di hati para pengguna yang melihat. Tetapi jika dilihat secara positif, hal tersebut membantu kita untuk memahami bahwa banyak sekali orang diluar sana yang berkecukupan tetapi kurang dewasa dalam berbagi informasi.

Hal tersebut bisa menjadi pelajaran. Jika kamu sanggup menghadapi pengguna dengan tipe seperti ini, maka yakinlah seberapa pamernya pun orang lain di dunia nyata kamu tidak akan bergeming dan merasa cemburu. Malah kamu jadi mensyukuri apa yang kamu miliki tanpa harus memberitakannya kepada orang banyak.

19. Menumbuhkan niat dan punya alasan semangat di hari selanjutnya

Tidak berlebihan jika indowonders menyertakan alasan ini sebagai manfaat Facebook. Tetapi banyak orang diluar sana yang tidak bahagia dengan hidupnya. Tidak merasa ada yang peduli dan hal lain yang memicu seseorang untuk mengambil keputusan buruk untuk hidupnya sendiri.

Dengan menggunakan Facebook pengguna jadi terpacu untuk mendapatkan sesuatu, dalam hal ini sebuah informasi. Dengan membagikan status setiap hari di Facebook membuat pengguna memiliki alasan untuk tetap membagikan status di esok hari. Ada yang menunggu kabar dari dia. Ada jumlah like dan share yang menunggu dia di hari esok.

Hal ini tidak berlebihan, kamu pasti pernah melihat screenshot percakapan driver ojek online dan pelanggan dimana ojek online tersebut keesokan harinya terus mengirim pesan bernada menggoda.

Tidak menyalahkan pelanggannya, tetapi belum tentu pada hari tersebut ada yang ramah kepadanya pada hari itu atau bahkan dia belum pernah mendengar “hati-hati dijalan, bang. Jaga kesehatan” atau mungkin yang menanyakan “sudah makan, belum?” pun belum pernah ada.

Interaksi sosial secara di Internet memotivasi orang lain untuk tetap semangat menjalani hari esok.

20. Belajar memanfaatkan bukan dimanfaatkan

Dengan melihat manfaat-manfaat diatas tentunya kita jadi menyadari bahwa manfaat itu datang kalau kita menggunakan suatu platform secara positif agar terasa potensinya. Belajar menggunakan suatu wadah untuk kepentingan baik dan tidak terbawa arus lengah hingga dimanfaatkan bisa menjadi salah satu pelajaran yang didapat saat menggunakan Facebook.

21. Pemegang kontrol

Menggunakan facebook mendorong kamu untuk bersikap tegas dalam hal memilih berteman dengan siapa, menerima kabar dari siapa, menerima informasi apa saja. atau tidak menggunakan sama sekali.

Maraknya konten pornografi di facebook tidak berdampak buruk terhadapmu, dengan catatan kalau kamu memang memiliki niat dan bersedia memegang kendali untuk menghindari konten-konten tersebut.

Tidak ada platform yang mengajakmu untuk membangun kebiasaan buruk, itu karena kamu belum mendorong penuh karakter saja. kalau kamu punya reputasi, sebisa mungkin kamu akan menhindari konten pornografi, informasi hoax dan recehan karena kamu tahu bahwa reputasi itu mahal harganya.

Temanmu sedikit banyak tahu apa aktifitasmu di Facebook. Argumenmu tidak akan kuat saat berdebat mengenai ilmu pengetahuan maupun sosial seperti politik di kolom komentar tetapi dilain waktu kamu aktif di grup kumpulan foto seksi spg. Orang tidak akan mendengar pendapatmu bahkan punya peluru untuk menjatuhkanmu.

22. Bercermin

Melalui Facebook kita dapat belajar membandingkan dan mensyukuri serta mengambil langkah positif agar maju. Belajar merelakan, misal jika ditolak dalam pekerjaan bisa kamu evaluasi isi profil dan aktifitas di media sosial yang sebelumnya kamu lakukan, dengan siapa dan apa informasi yang  sehari-hari dilahap.

Mungkin juga membantu kamu untuk bercermin saat ditolak gebetan. Lihat album fotomu dan dengan siapa kamu berinteraksi. Hal tersebut bisa membantu kamu untuk berlapang dada ketika mengalami penolakan.

23. Membentuk karakter

Hal ini sedikit berbeda dengan membangun reputasi, reputasi adalah sesuatu yang dilihat orang lain sedangkan karakter adalah gambaran dari diri sendiri. kamu bisa membangun reputasi menjadi siapa dimedia sosial tetapi kalau tidak memiliki karakter, reputasi tersebut tidak akan lama, kamu akan bosan dengan dirimu sendiri, bosan dengan caramu menulis, caramu berfoto, caramu membalas pesan orang lain.

Kalau tidak punya karakter kamu akan lelah dan ujungnya kamu hanya bersembunyi dibalik topeng digital. Nah dengan perbandingan tersebut kamu bisa membangun karakter, mulai dari prilaku, interaksi, pemilihan bahasa, dan segala sesuatu yang memang berasal dari dirimu dan interaksimu di media sosial membantumu mencapai puncak terbaik dari dirimu.

24. Jujur dengan keadaan yang sedang dihadapi

Kelebihan Facebook salah satunya adalah Facebook memiliki komunitas yang beragam dan besar. Kamu bisa memanfaatkan Facebook sebagai ruang untuk speak up saat menghadapi prilaku bully, berbagi semangat dan berani berbicara saat ditekan keadaan maupun disudutkan orang tertentu. Facebook juga bisa kita gunakan untuk mencari perlindungan saat mengutarakan kejujuran dan mengumpulkan pendapat sebagai bahan pertimbangan agar tidak salah dalam melangkah dan memutuskan sesuatu

25. Baik untuk kesehatan

Kurang tepat menyebut bahwa menggunakan facebook buruk untuk kesehatan misal karena kurang waktu untuk bergerak. Banyak sekali komunitas olahraga di Facebook, yang memotivasi kita untuk hidup sehat, iklan-iklan sepatu lari yang menstimulus kamu untuk segera memilikinya dan segera berlari atau melihat perjuangan orang lain sukses menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya terkait tampilan fisik.

26. Membuat orang jadi terbuka

Facebook membantu pengguna menjadi terbuka. Keterbukaan pengguna lain membuat kamu yang memiliki sifat pemalu dan tertutup memiliki motivasi untuk terbuka dan berani tampil.

27. Tempat menyalurkan bakat dan keterampilan

Facebook merupakan platform yang tepat untuk menyalurkan bakat. Kamu bisa menyanyi, menulis, membuat video dan melihat tanggapan orang lain di Facebook. Kalau beruntung, kamu bisa viral dan terkenal.

28. Mencari pasangan

Melalui Facebook kamu diberikan kebebasan untuk mencari pasangan sesuai tipe khusus, kesukaan yang sama, inginnya orang yang berasal dari mana, suku apa, agamanya apa, makanan minuman kesukaan, film kesukaan, bacaan kesukaan, atau bahkan ingin mencari seseorang yang sama sekali tidak memiliki kesamaan. semua bisa di Facebook. Asal kamu sudah belajar cara berbicara dengan orang asing di Internet.

Manfaat Facebook Secara Ekonomi

Berikut ini dampak positif dan manfaat Facebook untuk ekonomi pengguna jika digunakan secara maksimal.

29. Meningkatkan jaringan bisnis

Metode yang paling efektif dalam mengembangkan jaringan bisnis adalah melalui teman, kerabat, kolega dan jaringan pertemanan di media sosial. Produktifitas dan kepopuleran bisnis di media sosial membantu bisnis itu sendiri berkembang.

Melalui media sosial salah satunya Facebook membantu pemilik usaha untuk membangun hubungan dengan pelanggan, dengan rekan bisnis, dengan pemilik bisnis lain yang menjalankan bisnis serupa, bertukar pengalaman dan menghindari bentrok pada pasar yang sama agar tidak terjadi perselisihan.

Pemiliki bisnis dapat menganalisa permintaan pasar agar tidak meraba-raba dalam melakukan promosi dan mengeluarkan modal besar sebagai taruhan tanpa tahu minat pasar.

30. Mendekatkan diri dengan pelanggan

Facebook memberikan fasilitas untuk berinteraksi real-time melalui Facebook Messenger. Pelanggan dapat menyampaikan pujian, ungkapan terima kasih bahkan menyampaikan kekecewaan terhadap pelayanan maupun kondisi produk langsung dengan akun pribadi pemiliki usaha maupun fan page brand.

31. Mendapatkan kepercayaan pelanggan

Jika setiap hari pemilik usaha membalas interaksi dan aktif menanggapi komunikasi dari pelanggan di Facebook. Tentunya untuk mendapat kepercayaan pelanggan menjadi tidak sulit. Bahkan secara suka rela pelanggan akan membagikan informasi baik mengenai usaha tersebut kepada orang lain didalam lingkaran pertemanannya.

32. Melihat minat pasar

Sejumlah besar pengikut fan page adalah pengguna yang tertarik kepada suatu produk maupun layanan. Pemilik usaha bisa melakukan simulasi seberapa besar ketertarikan pasar terhadap suatu produk baru.

Sebelum benar-benar diaplikasikan secara nyata, pemilik usaha bisa melakukan polling, kuis dan hal kreatif lain untuk melihat minat pasar agar tidak meraba-raba dan bertaruh besar saat menghadirkan suatu produk.

33. Promosi cepat dan tepat sasaran

Setelah mengetahui minat pasar, pemilik usaha bisa merencanakan promosi dan kepada siapa promosi tersebut diberikan. Facebook memberikan beberapa data penting dari setiap aktifitas yang terjadi di suatu status.

Pemilik usaha dapat merancang promosi tertentu jika ketertarikan pasar memang besar. Apa lagi kalau sudah mendapatkan kepercayaan pelanggan, maka pelanggan tidak segan-segan untuk mention dan share ke lingkaran pertemanannya.

34. Mengukur kepopuleran usaha dan produk

Melalui promosi dan fan page di Facebook pemilik usaha memiliki ruang untuk mengukur seberapa populer dan seberapa besar minat pasar. Berapa like yang didapat saat promosi di bagikan, produk apa saja yang paling banyak di share dan informasi lain yang bisa digunakan untuk mengambil keputusan baru terkait usaha dan produk.

35. Mencari karyawan yang kompeten

Pemilik usaha tentu menginginkan usahanya maju. Jika sudah maju tentu saja dipegang sendiri tidak cukup. Apa lagi jika usaha maupun perusahaan itu sudah besar, tentunya membutuhkan karyawan yang memiliki kompetensi, royal dan tidak merugikan kedepannya.

Dengan melihat profil dan aktifitas pelamar kerja di Facebook, pemilik usaha dapat mempertimbangkan kepantasan dan kelayakan para pelamar. Pemilik usaha dapat melihat bahasa yang digunakan pelamar di media sosial, topik dan informasi apa yang sering berinteraksi dengan pelamar, foto apa yang sering dia unggah. Hal tersebut penting untuk melihat kepribadian pelamar agar tidak merugikan perusahaan di masa yang akan datang.

36. Membangun reputasi

Dalam Facebook kamu bisa menjadi orang lain, setidaknya berubah menjadi lebih baik terkait citra. kamu bisa belajar untuk merubah sifat dan pandangan orang lain selama ini, dan bisa dimulai dari Facebook.

Dari status yang kamu dibagikan, foto yang di unggah, informasi bermanfaat yang dibagikan agar orang melihat kamu berilmu, meskipun bukan itu tujuan utamanya. hal itu bermanfaat saat melamar kerja, mendekati orang yang disukai, ingin masuk dalam lingkar pergaulan tertentu.

Memilih untuk menjadi siapa dan menyukai apa dan berkontribusi. apalagi berteman dengan atasan di Facebook, kamu jadi punya jalan cepat agar terlihat dan didengar, misalnya terkait kinerja dan cara mu berinteraksi.

37. Resume online

Banyak perusahaan yang tidak membaca keseluruhan cv calon pelamar, mereka cendrung lebih memilih untuk melihat profil sosial media, dimana kamu bersekolah, pernah bekerja dimana, sehari-hari bagaimana caramu berinteraksi dan info apa saja yang kamu telan dan bagikan di internet. kamu juga bisa membagikan daftar proyek yang sudah pernah dikerjakan di facebook.

38. Meningkatkan produktifitas

Awal kemunculannya Facebook di cap menggangu pekerjaan dan mengganggu proses belajar. Sekarang sudah berbeda, banyak atasan maupun perusahaan yang mencari karyawan yang aktif bermedia sosial, karena konsumen dan calon konsumen parkir di media sosial, kalau tidak aktif, bagaimana cara menjaring orang 2 tersebut? lebih efektif beriklan dan membagikan promosi di media sosial dari pada memasang iklan di tempat2 umum.

Media sosial jaman dan hape sudah memiliki fitur notifikasi, layaknya panggilan telepon atau sms, kamu hanya perlu membuka facebook saat ada interaksi didalamnya. kamu bisa belajar banyak hal di facebook, banyak sekali.

39. Mengejar mimpi jadi orang terkenal

Menjadi terkenal secara instan bisa kamu raih melalui Facebook. Asal memiliki pengikut, memiliki karakter, unik, lucu dan menarik bisa membuat kamu menjadi idola baru di masyarakat.

Demikian 39 manfaat Facebook yang bisa indowonders bagikan. Semoga bisa menjadi referensi.

Comments

comments