Penyebab Email Tidak Masuk ke Gmail & Solusinya

Sempat bingung kenapa email tidak masuk dan kenapa Gmail tidak bisa menerima pesan serta kotak masuk Gmail tidak muncul padahal sudah terkirim.

Saya juga pernah mengalami email tidak bisa masuk ke Hp Android dan Gmail tidak bisa menerima email di iPhone.

Kali ini saya akan berbagi informasi apa saja penyebab email tidak masuk dan cara mengatasi Gmail tidak bisa menerima pesan baru di kotak masuk.


2
Cara Mengatasi Email yang Tidak Bisa Masuk ke Gmail

tidak bisa menerima email di gmail

Setelah mengetahui apa saja penyebab kenapa Gmail tidak bisa menerima Email masuk, berikutnya saya akan menjelaskan cara mengatasi Email tidak masuk ke Inbox Gmail.

Cara memperbaiki email yang tidak bisa menerima pesan 100% bisa kamu lakukan sendiri dengan mengikuti cara mengatasi Email yang tidak bisa masuk ke Android dan iPhone ini.

Keluarkan Email dari Spam

Pesan terkirim dari akun Email baru dan akun Email Kantor berpotensi masuk ke folder Spam, begitu juga akun Email yang terkena filter dan masuk Blacklist Spam ke Gmail.

Email penting yang masuk ke Spam harus segera dipindahkan ke folder Primary atau kotak masuk utama.

Hal ini bisa mengatasi kenapa email tidak masuk ke Gmail sehingga pesan baru dari akun Email penting akan muncul di kotak masuk utama.

Kosongkan Storage Hp

Cara mengatasi kenapa Gmail tidak bisa menerima pesan masuk di inbox berikutnya adalah membersihkan storage Hp Android dan iPhone dari data yang sudah tidak perlu.

Jika ada storage tambahan, pindahkan file foto dan video berkapasitas besar dan aktifkan pengaturan foto yang dihasilkan oleh kamera otomatis tersimpan di ruang penyimpanan tambahan.

Setelah ruang penyimpanan Hp kosong, secara otomatis fitur Sync aktif kembali dan email dalam antrian akan masuk ke kotak masuk Gmail.

Hapus Email lama dari Gmail

Setelah mengetahui penyebab email tidak masuk adalah karena storage Gmail penuh, maka cara mengatasi Gmail tidak bisa menerima pesan berikutnya yaitu menghapus Email lama.

Email berisi file attachment menjadi penyebab utama ruang penyimpanan Gmail penuh. Pilih Email yang berisi attachment berkapasitas besar dan hapus dari kotak masuk.

Cara mengosongkan ruang penyimpanan terbukti ampuh mengatasi penyebab kenapa Gmail tidak bisa menerima pesan masuk di inbox.

Kosongkan Storage Google Drive

Cara mengatasi kenapa email tidak bisa masuk di Gmail selanjutnya adalah menghapus data Google Drive. Langkah ini ampuh mengatasi penyebab Gmail tidak bisa menerima email masuk.

Apa hubungannya Gmail tidak bisa menerima pesan baru dengan storage Google Drive penuh? Karena Gmail dan Google Drive berbagi storage yang sama.

Jika Google Drive dipenuhi data, maka pesan Email tidak masuk ke kotak masuk Gmail di Hp Android dan iPhone.

Pakai BONUS Storage Gmail di Android

Cara memperbaiki Email yang tidak bisa menerima pesan berikutnya adalah dengan menggunakan bonus storage Gmail dari Hp Android.

Sebelumnya saya pernah menggunakan Hp Android LG G4 dan dalam paket pembelian terdapat bonus berlangganan storage Gmail 100 GB untuk 2 tahun kontrak.

Setelah mengaktifkan bonus ruang penyimpanan Gmail maka otomatis Email dalam antrian satu persatu masuk dan penyebab kenapa Email tidak masuk bisa diatasi.

Berlangganan Google One

05 berlangganan beli penyimpanan gmail kenapa gmail tidak bisa menerima email tidak bisa masuk kenapa email tidak masuk email tidak masuk ke inbox gmail hp android iphone

Saat pertama mendaftarkan akun Gmail, pengguna diberikan ruang penyimpanan 15 GB yang dapat digunakan untuk menyimpan data di Google Drive dan di Google Photo.

Jika kapasitas Gmail 15 GB menipis dan cara mengatasi Gmail tidak bisa menerima pesan email seperti:

  • menghapus storage Hp
  • menghapus storage Gmail, dan
  • menghapus file dari Google Drive

tidak dapat mengatasi kenapa Gmail tidak bisa menerima pesan masuk, pertimbangan untuk berlangganan atau beli penyimpanan Gmail di Google One.

Google One adalah layanan berlangganan ruang penyimpanan tambahan yang disediakan oleh Google untuk pengguna Gmail dan Google Drive.

Paket Langganan Storage Gmail di Google One

PaketHarga
100 GBRp26.900/Bulan
Rp269.000/Tahun
200 GBRp43.000/Bulan
Rp430.000/Tahun
2 TBRp135.000/Bulan
Rp1.350.000/Tahun
10 TBRp1.350.000/Tahun
20 TBRp2.700.000/Tahun
30 TBRp3.900.000/Tahun
Avatar
Jii
Web Designer & SEO Specialist