Penyebab Email Tidak Masuk ke Gmail & Solusinya

Sempat bingung kenapa email tidak masuk dan kenapa Gmail tidak bisa menerima pesan serta kotak masuk Gmail tidak muncul padahal sudah terkirim.

Saya juga pernah mengalami email tidak bisa masuk ke Hp Android dan Gmail tidak bisa menerima email di iPhone.

Kali ini saya akan berbagi informasi apa saja penyebab email tidak masuk dan cara mengatasi Gmail tidak bisa menerima pesan baru di kotak masuk.


1
Penyebab Kenapa Email tidak Masuk ke Gmail

kenapa gmail tidak bisa menerima email tidak bisa masuk kenapa email tidak masuk email tidak masuk ke inbox gmail hp android iphone

Sebelum menjelaskan bagaimana cara mengatasi Email yang tidak bisa masuk, saya akan bagikan beberapa penyebab kenapa Gmail tidak bisa menerima Email baru di Hp Android dan iPhone.

Beberapa penyebab email tidak masuk cukup mudah untuk diketahui dan sebagian alasan kenapa Email tidak bisa menerima pesan masuk bisa segera diatasi.

Email Nyasar ke Folder Spam Gmail

Jangan buru-buru panik saat Email tidak bisa menerima pesan baru ke Gmail padahal terkirim, ada baiknya periksa apakah Email masuk ke bagian Spam.

Secara default Gmail memproteksi akun penggunanya dari pesan spam dan memisahkan pesan baru tersebut di tempat khusus terpisah dari kotak masuk.

Periksa folder Spam, mungkin saja penyebab kenapa Email tidak masuk ke Inbox karena dianggap pesan mengganggu dan dipisahkan ke folder Spam.

Ruang Penyimpanan Android & iPhone Penuh

Email baru yang masuk ke aplikasi Gmail yang terinstall di Hp Android dan iPhone membutuhkan tempat untuk disimpan.

Jika Gmail tidak bisa menerima pesan, penyebabnya adalah storage Hp hampir penuh sehingga fitur Sync Email dinonaktifkan sehingga terjadi antrian.

Asalan kenapa Email dalam antrian adalah karena Android dan iPhone membutuhkan minimum kapasitas storage agar fitur utama Hp dapat bekerja dengan baik

Storage Gmail dan Google Drive Penuh

Penyebab kenapa Email tidak masuk dan Gmail tidak bisa menerima pesan baru hingga Email dalam antrian terjadi karena ruang penyimpanan Gmail dan storage Google Drive penuh.

Ketika storage Gmail penuh, terjadi antrian email di server Google sehingga pesan baru di kotak masuk Gmail tidak muncul ke Android dan iPhone.

Data Gmail dan Google Drive disimpan dalam satu ruang penyimpanan, sehingga jika storage Google Drive penuh maka Gmail tidak bisa menerima pesan baru.

Back
Avatar
Jii
Web Designer & SEO Specialist