Lagu Havana Camila Cabello Cetak Rekor Spotify

Lagu Havana Camila Cabello Cetak Rekor Spotify
Ilustrasi Indowonders/JiiLibranto

Lagu Havana Camila Cabello cetak rekor sebagai penyanyi solo wanita dengan lagu paling sering didengarin di Spotify. Stop! Beliau orang Kuba yang menetap di Amerika, bukan wong Solo. Sebelum jadi guyonan receh sebaiknya langsung saya luruskan, ya.

Havana-nya Camila Cabello memang luar biasa populer. Versi audionya di Youtube aja udah ditonton lebih dari 1 miliar kali dan versi video klipnya 620 juta kali. Tau kan itu artinya apa? Yap! itu artinya masih lebih banyak yang mendengar tanpa melihat rupa. Jadi kamu masih ada harapan. Sedap!

Di Spotify lagu Havana udah didengerin lebih dari 888 juta kali. Mungkin dua minggu lagi udah 889 juta kali atau mungkin juga 890 kali. Yah namanya juga lagi viral, sob. Pastinya bakal nambah terus yang dengerin.

Saya juga enggak mau ketinggalan ngasi rekor buat doi. Emang Spotify doang yang bisa. Saya mewakili indowonder memberikan rekor sebagai lagu dengan judul lagu nama ibukota paling populer sedunia.

Konon katanya judul lagu ini diambil dari nama ibukota negara Kuba asal Camila Cabello. Awal dengerin sih kirain lagu ini tentang padang rumput Savana atau Sabana kalau orang Indonesia bilang. Ternyata nama ibukota toh.

Kalau saya kutip dari Brilio yang melansir dari W Magazine, penggalan lirik Havana ‘Dreamer’ bukan tentang seorang pemimpi yang sedang memperjuangkan cinta. Tapi ‘Dreamer’ di lagu doi mengarah kepada kelompok imigran ‘Dream’, sebuah kelompok yang memperjuang kan suara minoritas di Amerika. Benar enggaknya, kalau ada rejeki bisa wawancarain Camila Cabello, saya tanyain deh.

Kalau mau tau perbedaan kata ‘dikutip’ dan ‘dilansir’ bisa liat di Juragan Cipir. Siapa tau ada yang penasaran.

Tapi udah pada tau kan siapa Camila Cabello? Camila Cabello itu mantan personil Fifth Harmony, sekelompok Girlband asal Amerika lulusan X-Factor USA dengan prestasi juara tiga.

Saya memang enggak ngikutin karir Fifth Harmony. Tapi beberapa kali nonton video klip mereka di lagu ‘Work from Home’. Begh… sedap! Perempuan-perempuan bersemangat menari-nari di proyek bangunan, mengaduk semen sesuka hati dan riang gembira menaiki traktor. Para tukang juga enggak ngerasa terganggu tapi terlihat mendukung aktifitas ini. Momen yang sangat langka terjadi di industri konstruksi.

Sayangnya Desember 2017 Camila Cabello memutuskan untuk jalan sendiri. Mungkin sudah lelah kemana-mana berlima. Lelah juga kan 5 tahun jalan berlima. Enakan jalan berdua. Sampai tua juga saya jabanin.

Anehnya, enggak berselang lama Fifth Harmony memutuskan untuk vakum. Mirip sama One Direction yang vakum enggak lama setelah ditinggalin Zayn Malik. Padahal lagunya bagus-bagus. Mungkin gitu kali ya kalau bikin grup nyanyi. Jarang ada yang bertahan lama. Paling mentok ngumpulnya entar pas udah tua.

Tapi seringnya sih, yang duluan cabut bakalan lebih terkenal.  Contohnya? Ada Victoria Beckham di Spice Girl, Frank Sinatra di Rat Pack, Ronan Keating di Boyzone dan Justin Timberlake dengan ‘N Sync. Mungkin sudah tradisi kali yah.

Balik lagi ke lagu Havana Camila Cabello, kalau ada orang tua yang bilang belum pernah lagu ini, bisa ditanyain sama anaknya itu lagu Mobile Legend yang doi nyanyiin lagu siapa. Lucu dan agak mengganggu sebenernya, lagu Havana dinyanyiin keliling komplek tapi liriknya diganti sama nama-nama hero di Mobile Legends.

Lagu Havana Camila Cabello ini sejak dirilis sering banget bikin prestasi. HOT 100 number-one singles di Kanada dua tahun berturut-turut, nomor satu di Argentina, Australia, Irlandia, Meksiko dan Polandia.

Indonesia? Tentu tidak.

Selain karena selera musik orang Indonesia beragam dan belum terlalu nge-tren (Baca: enggak mau) bayar bulanan dengerin lagu di layanan musik streaming, tahun 2017 & 2018 sejauh ini adalah tahun milik Nela Kharisma dan Via Vallen. Mana sanggup Camila Cabello ngelawan beliau-beliau ini.