Filter Gmail Berdasarkan Ukuran Email & File Attachment

rawpixel / Unsplash

Ada kalanya kita harus mencari email lama dan hanya mengingat siapa pengirimnya. Tetapi walaupun sudah dicari berdasarkan alamat pengirimnya, tetap saja merepotkan kalau pengirim mengirim banyak sekali email kalau tidak filter gmail.

Kadang yang kita ingat ukuran kira-kira dari isi file attachment di dalam email tersebut. Tetapi tidak ada subject, tidak ingat jelas tanggal pengiriman dan hal detail lain yang berkaitan dengan email.

Gmail ternyata memiliki beberapa keyword khusus untuk mempermudah pengguna dalam menyaring email.

Filter Gmail berdasarkan size: [byte]

Operator ini berfungsi untuk menampilkan email berdasarkan ukuran tertentu dari ukuran total 1 email meliputi text, foto, link, video & attachment.

Jika ditulis “size: 100000” pada kolom pencarian maka Gmail akan menampilkan daftar email yang memiliki ukuran total 100kb.

Filter Gmail berdasarkan larger: [Megabyte]

Operator ini memiliki fungsi untuk menampilkan email berdasarkan ukuran tertentu dengan ketentuan ukuran tersebut lebih besar dari ukuran “Megabyte” yang ditulis.

Jika ditulis “larger: 10M” pada kolom pencarian maka Gmail akan menampilkan daftar email yang memiliki ukuran lebih dari 10Mb.

Filter Gmail berdasarkan smaller: [Megabyte]

Operator ini memiliki fungsi untuk menampilkan email berdasarkan ukuran tertentu dengan ketentuan ukuran tersebut lebih kecil dari ukuran “Megabyte” yang ditulis.

Jika ditulis “smaller: 10M” pada kolom pencarian maka Gmail akan menampilkan daftar email yang memiliki ukuran kurang dari 10Mb.

Filter Gmail berdasarkan has:attachment

Operator ini memiliki fungsi untuk menampilkan daftar email berdasarkan email yang memiliki file attachment didalamnya.

Filter Gmail berdasarkan has:attachment larger:[Megabyte]

Operator ini memiliki fungsi untuk menampilkan daftar email berdasarkan email yang memiliki file attacment dengan ketentuan file attachment tersebut memiliki ukuran lebih dari ukuran “Megabyte” yang diisi.

Jika ditulis “has:attachment larger:10M” pada kolom pencarian maka Gmail akan menampilkan daftar email yang memiliki file attachment dan file tersebut memiliki ukuran lebih dari 10Mb.

Filter Gmail berdasarkan has:attachment smaller:[Megabyte]

Operator ini memiliki fungsi untuk menampilkan daftar email berdasarkan email yang memiliki file attachment dengan ketentuan file attachment tersebut memiliki ukuran kurang dari ukuran “Megabyte” yang diisi.

Jika ditulis “has:attachment smaller:10M” pada kolom pencarian maka Gmail akan menampilkan daftar email yang memiliki file attachment dan file tersebut memiliki ukuran kurang dari 10Mb.

Semua operator ini bisa digunakan pada Gmail versi web maupun aplikasi Gmail pada android dan iOS. Semoga bermanfaat.

Baca sejarah Instagram di SEJARAH INSTAGRAM DAN FAKTA MENARIK DI BALIK KISAH SUKSESNYA. Kamu juga bisa menikmati informasi dari indowonders di media sosial FacebookTwitter dan Instagram.

Comments

comments