Penyebab & Cara Mengatasi Email Tidak Bisa Menerima Pesan Masuk

Sempat bingung kenapa email tidak masuk dan kenapa Gmail tidak bisa menerima pesan serta kotak masuk Gmail tidak muncul padahal sudah terkirim.

Saya juga pernah mengalami email tidak bisa masuk ke Hp Android dan Gmail tidak bisa menerima email di iPhone.

Kali ini saya akan berbagi informasi apa saja penyebab email tidak masuk dan cara mengatasi Gmail tidak bisa menerima pesan baru di kotak masuk.

Penyebab Email Tidak Masuk

kenapa gmail tidak bisa menerima email tidak bisa masuk kenapa email tidak masuk email tidak masuk ke inbox gmail hp android iphone

Kenapa Email Tidak Masuk

Ada beberapa alasan kenapa email tidak bisa menerima pesan masuk. Padahal email sudah terkirim tapi tidak masuk saat diperiksa di kotak masuk inbox di Hp Android, iPhone dan di Laptop.

Namun sebelum terlalu jauh mencari apa penyebab email tidak masuk, perlu diingat bahwa kadang penyebab pesan email tidak masuk sebenarnya sangat simpel.

Alasan kenapa Email Tidak Masuk Padahal Sudah Terkirim:

  • Email masuk ke folder Spam dan Junk Mail,
  • Email tidak sengaja diarsipkan, dan
  • Email terhapus.

Email Masuk Ke Folder Spam/Junk Mail

Penyebab kenapa email tidak masuk meskipun email sudah terkirim adalah karena email masuk ke spam atau junk mail.

Spam adalah penyebutan folder khusus email yang tidak dikenali di server Gmail dan Yahoo. Sedangkan Junk Mail adalah sebutan untuk Outlook dan email iCloud.

Jadi sebenarnya email terkirim, namun tidak ditampilkan di Inbox, All Mail atau kotak masuk karena dipindahkan secara otomatis ke folder Spam/Junk.

Kenapa Email Masuk Ke Spam

Masalah email tidak masuk karena pesan email masuk ke spam umumnya dialami pengguna Gmail dan Yahoo dan masalah email bisa masuk ke junk dialami pengguna email iCloud dan Outlook.

Hal ini disebabkan karena server Gmail, Yahoo, Outlook dan iCloud secara otomatis memisahkan pesan baru tertentu ke folder Spam dan menyembunyikan email tersebut dari kotak masuk.

Alasan kenapa email sering masuk ke Spam dan Junk Mail:

  • Domain akun email pengirim tidak dikenali,
  • Email dikirim dari lokasi dan IP Address mencurigakan, dan
  • File attachment dicurigai mengandung Mallware.

Hal di atas menjadi penyebab email tidak masuk ke Gmail, kenapa email tidak bisa masuk ke Yahoo Mail, kenapa email Outlook masuk ke Junk Mail dan alasan kenapa iCloud tidak bisa menerima email di Inbox iPhone.

Gmail, Yahoo Mail, iCloud dan Outlook memiliki sistem proteksi khusus yang dapat mendeteksi ancaman bagi akun email dan perangkat yang digunakan pengguna untuk mengakses email tersebut.

Domain Akun Email Pengirim Tidak dikenali

Masalah email tidak masuk bisa dialami oleh akun email yang berasal dari domain website email kantor atau Webmail. Contohnya seperti ini: namaemail@alamatwebsite.com.

Tidak semua alamat website dikenali, terutama alamat website yang baru saja dibuat sehingga iCloud, Gmail, Outlook dan Yahoo berinisiatif memisahkan email baru tersebut dari email lain.

Hal tersebut menjadi penyebab email tidak masuk ke Inbox dan pesan email masuk ke spam secara otomatis.

Lokasi dan IP Address Pengirim mencurigakan

Alasan mengapa email masuk ke spam yang berikutnya adalah karena ada indikasi IP Address (alamat internet protocol) sipengirim pesan email dianggap mencurigakan oleh server Gmail, iCloud, Outlook dan Yahoo.

Penyebab email tidak masuk ke kotak masuk tetapi masuk ke spam ini bisa saja terjadi jika pengirim email mengaktifkan VPN saat mengakses internet.

Hal ini menyebabkan server Gmail, Yahoo Mail, Outlook dan iCloud menganggap lokasi pengirim tidak akurat dan mencurigakan.

File Attachment Terindikasi Mengandung Malware

Penyebab kenapa email masuk di spam yang berikut ini adalah karena file attachment atau dokumen yang disertakan di email terindikasi dapat merusak server dan perangkat penerima email.

Alasan kenapa email masuknya ke spam umumnya karena email berisi file install software, nama dokumen terlalu panjang dan data sensifit yang berisi kode-kode yang tidak dikenali sehingga email tidak masuk ke Inbox Gmail, Yahoo, Outlook dan email iCloud.

Email Tidak Sengaja diarsipkan

Penyebab email tidak masuk berikut ini tidak bisa disepelekan dan bisa saja terjadi pada pengguna yang mengakses email melalui Hp Android, iPhone dan laptop.

Saat sedang tidak fokus, jari berkeringat, dan layar hp tidak bersih dan layar hp dikantongkan dalam keadaan tidak dikunci bisa jadi penyebab email tidak masuk ke Inbox karena fitur archive tidak sengaja ditekan dan email hilang dari kotak masuk.

Email Terhapus

Alasan kenapa email tidak masuk ke inbox Gmail, iCloud, Yahoo dan Outlook berikut ini juga bisa terjadi karena email yang baru masuk tidak sengaja terhapus.

Notifikasi email baru yang muncul di layar hp Android dan iPhone bisa menjadi penyebab email tidak sengaja dihapus apalagi saat layar hp lupa dikunci saat dimasukkan ke tas atau ke kantong.

Kenapa Email Tidak Bisa Menerima Pesan Masuk

Setelah mengetahui kenapa email tidak masuk, kemudian indowonders bakal menjelaskan apa alasan email tidak bisa menerima pesan masuk ke Gmail, di email iCloud iPhone, Yahoo Mail dan Outlook Android.

Masalah email tidak bisa menerima pesan baru di kotak masuk juga umum terjadi pada pengguna Gmail, Yahoo Mail, iCloud dan Outlook.

Penyebab kenapa email tidak bisa menerima pesan:

  • Fitur sync email nonaktif, atau
  • Ruang penyimpanan email penuh.

Fitur Sync Email Off

Sync email adalah fitur penting yang harus aktif di perangkat Android dan iPhone karena menjadi jembatan antara server email dan aplikasi email di perangkat hp.

Jika fitur ini dinonaktifkan, maka email baru tidak akan diambil dari server dan tidak ditampilkan di kotak masuk aplikasi Gmail, Yahoo Mail, Mail iCloud dan Outlook.

Penyebab fitur sync email off:

  • Belum diaktifkan saat Hp pertama kali digunakan,
  • Nonaktif karena bugs Android dan iOS, dan
  • Media penyimpanan Android dan iPhone penuh.
Sync Email Belum diaktifkan

Masalah email tidak masuk saat kotak masuk diakses di Hp karena fitur sync email umumnya terjadi pada pengguna yang baru saja membeli Hp.

Ada banyak pengaturan yang harus diaktifkan saat pertama kali menggunakan Hp Android dan iPhone dan salah satunya yang penting untuk diaktifkan adalah fitur sync email.

Sync Email Nonaktif karena Bugs di Android dan iOS

Saat update software Android dan iOS, terkadang ada bugs yang mengganggu dan sering juga membuat beberapa fitur penting di Hp pengguna secara otomatis dinonaktifkan.

Jika kalian baru saja update software dan tidak bisa menerima pesan email masuk di Inbox Gmail, iCloud, Outlook dan Yahoo, kemungkinan penyebabkan karena fitur sync email off.

Storage Hp Android dan iPhone hampir penuh

Media penyimpanan yang hampir penuh menjadi salah satu penyebab utama kenapa email tidak bisa menerima pesan masuk di kotak masuk Gmail, iCloud, Outlook dan Yahoo Mail.

Untuk menjaga fungsi utama tetap aktif dan kinerja Hp tetap stabil, sistem Android dan iPhone secara otomatis menonaktifkan banyak fitur saat memori perangkat, storage atau media penyimpanan penuh.

Saat media penyimpanan hp hampir penuh, fitur sync email secara otomatis dinonaktifkan dan tidak ada aktifitas keluar masuk data email yang mengakibatkan ruang penyimpanan semakin penuh.

Hal ini menjadi penyebab kenapa Gmail tidak bisa menerima pesan masuk, dan alasan kenapa email tidak bisa menerima pesan di Outlook di Android.

Masalah ini juga menjadi alasan kenapa email iCloud tidak bisa menerima pesan email masuk baru dan kenapa email Yahoo tidak bisa menerima pesan masuk di iPhone.

Ruang Penyimpanan Email Penuh

Storage atau ruang penyimpanan email yang hampir penuh juga menjadi penyebab kenapa email tidak masuk dan pengguna tidak bisa menerima pesan masuk di Android, iPhone dan Laptop.

Berbeda dari Yahoo yang memberikan penggunanya storage Yahoo Mail 1 TB secara gratis, pengguna Gmail, iCloud dan Outlook hanya diberikan ruang penyimpanan sebesar 15 GB.

Hal ini menyebabkan storage Gmail, Outlook dan email iCloud cepat penuh sehingga email tidak masuk.

Kenapa Gmail Tidak Bisa Menerima Pesan Masuk

Penyebab Gmail tidak bisa menerima pesan:

  • Sync Email Android dan iOS Off,
  • Data Seluler Mail iPhone Off, dan
  • Storage Gmail penuh.

Sync Email Android dan iOS Off

Hal yang menjadi penyebab kenapa Gmail tidak bisa menerima pesan masuk baru di aplikasi Gmail Android dan iPhone yaitu karena sync email tidak aktif.

Kondisi sync email nonaktif ini menyebabkan tidak ada fungsi yang mengantarkan data dari server Gmail ke aplikasi Gmail yang terinstall di Android dan iPhone.

Karena fitur ini tidak aktif, maka tidak ada proses lalu lintas data email sehingga terjadi antrian dan email baru tidak tampil di kotak masuk Hp.

Data Seluler Mail iPhone Off

Selanjutnya yang menjadi penyebab kenapa email tidak masuk di Gmail yaitu karena fitur Data Seluler di pengaturan Mail iPhone tidak aktif.

Untuk membatasi penggunaan koneksi Internet dan menghemat baterai, iPhone membebaskan penggunanya untuk mengatur aplikasi apa saja yang bisa menggunakan Data Seluler.

Meskipun Data Seluler aktif, sinyal stabil dan kuota internet masih ada, Gmail tidak bisa menerima pesan baru jika fitur Data Seluler tidak diaktifkan di pengaturan Mail iPhone.

Storage Gmail Penuh

Salah satu penyebab utama kenapa gmail tidak bisa menerima pesan baru di Inbox adalah karena Google Account Storage atau ruang penyimpanan Gmail penuh.

Penyebab Gmail penuh:

  • Email tidak dihapus permanen,
  • Email menumpuk di Spam,
  • File attachment Berukuran besar,
  • Google Photos penuh, dan
  • Google Drive penuh.
Email Tidak dihapus Permanen

Salah satu alasan mengapa Gmail tidak bisa menerima email masuk yaitu karena email yang dihapus, tidak dihapus secara permanen.

Ketika email lama dihapus di Gmail, email tersebut hanya dipindahkan ke Trash dan email tersebut akan terhapus 30 hari kemudian.

Jadi dalam rentang 30 hari setelah dihapus, email tersebut tetap ada di server Google dan membuat storage Gmail penuh.

Email Menumpuk di Folder Spam

Banyak sekali email baru yang masuk ke kotak masuk namun berisi informasi yang tidak penting dan kebanyakan dipindahkan secara otomatis oleh Gmail ke folder Spam.

Namun email yang berada di Spam hanya akan terhapus dalam kurun waktu 30 hari sehingga memenuhi ruang penyimpanan Gmail.

File Attachment Berukuran Besar

Jika kalian pengguna aktif email, maka hal yang umum jika di bodi email berisi file attachment dokumen, foto dan video.

File attachment di email ukurannya tidak dikompres sehingga file berukuran besar akan memenuhi storage yang dapat menyebabkan penyimpanan Gmail penuh.

Google Photos Penuh

Saat mendaftarkan akun Gmail baru, Google memberikan secara cuma-cuma ruang penyimpanan sebesar 15 GB.

Ruang penyimpanan tersebut sudah termasuk untuk menyimpan foto dan video di Google Photos.

Foto dan Video yang diupload ke Google Maps, banner dan foto profil akun Youtube serta media lainnya akan tersimpan di Google Photos dan menggunakan storage Gmail sebagai ruang penyimpanannya.

Google Drive Penuh

Selain Google Photos, Gmail juga berbagi ruang penyimpanan dengan Google Drive dan salah satu penyebab kenapa email tidak masuk di kotak masuk Gmail yaitu karena Google Drive penuh.

Penyebab Google Drive Penuh
  • Back up data Android ukuran besar,
  • Back up data WhatsApp ukuran besar, dan
  • File dokumen dan media menumpuk.

Ketika Google Drive penuh padahal kosong tidak ada file, bisa jadi alasannya adalah back up data Android dan back up aplikasi chat seperti WhatsApp tidak ditampilkan di dashboard Google Drive.

Kuota Google Drive penuh menjadi penyebab mengapa email tidak masuk di Gmail ketika email diakses di Laptop maupun Android dan iPhone.

Kenapa Email Outlook Tidak Bisa Menerima Pesan Masuk

Outlook adalah penyedia layanan email gratis dari Microsoft. Pengguna Windows dan Xbox umumnya menggunakan layanan email ini.

Ada beberapa alasan kenapa email tidak bisa menerima pesan masuk di Outlook

Penyebab email tidak masuk di Outlook:

  • Email Outlook masuk ke Junk Mail,
  • Penyimpanan Email Outlook penuh,
  • Storage OneDrive penuh, dan
  • Versi aplikasi Outlook belum diupdate.

Email Outlook Masuk ke Junk Mail

Penyebab email tidak masuk ke Inbox Outlook yang pertama adalah karena pesan email masuk ke Junk Mail.

Kenapa Email Outlook Masuk ke Junk Mail
  • Outlook tidak mengenali domain akun email pengirim,
  • Outlook mencurigai lokasi dan IP Address pengirim, dan
  • Outlook memindai file attachment terindikasi Mallware.

Tiga alasan di atas merupakan penyebab email selalu masuk ke Junk Mail di Outlook karena alasan keamanan dari Microsoft.

Penyimpanan Email Outlook Penuh

Jika Outlook penuh, maka email baru akan tertahan di server Microsoft dan tidak masuk ke Inbox Outlook.

Kotak masuk Outlook penuh dikarenakan Microsoft memberikan limit ruang penyimpanan sebesar 15 GB secara gratis untuk pengguna baru.

Ketika ruang penyimpanan 15 GB tersebut penuh, maka email tidak bisa masuk di Inbox Outlook.

Storage OneDrive penuh

Outlook, OneDrive dan Microsoft 365 berbagi ruang penyimpanan dan jika tidak berlangganan, maka 15 GB digunakan untuk menampung seluruh file aplikasi di atas.

Sehingga ketika OneDrive dan Microsoft 365 penuh dengan file attachment, dokumen Excel, Words, dan Powerpoint berukuran besar maka penyimpanan Outlook dianggap penuh serta email tidak bisa masuk.

Versi Aplikasi Outlook Belum diupdate

Salah satu penyebab email tidak masuk di Android dan iPhone adalah karena aplikasi Outlook yang terinstall, versinya sudah jadul.

Versi aplikasi Outlook yang tidak diupdate menyebabkan banyak fitur-fitur baru tidak maksimal termasuk juga bisa mengganggu proses lalu lintas data antara server Microsoft dan aplikasi Outlook di Android dan iOS.

Kenapa Email iCloud Tidak Bisa Menerima Pesan Email Masuk

Ada beberapa alasan kenapa email tidak masuk ke inbox iPhone yang menjadi penyebab kenapa email icloud tidak bisa menerima pesan masuk baru.

Masalah email iCloud tidak masuk biasanya dialami oleh pengguna iPhone iOS dan iPad iPadOS.

Penyebab iCloud tidak bisa menerima email di iPhone:

  • Cellular Data Mail nonaktif,
  • Fetch New Data nonaktif,
  • Mail nonaktif,
  • iCloud Mail nonaktif,
  • Bugs iOS,
  • iPhone Storage penuh, dan
  • iCloud penuh.

Cellular Data Mail Nonaktif

Penyebab mengapa email iCloud tidak bisa menerima pesan karena fitur Cellular Data Mail dalam mode nonaktif.

Meskipun data seluler aktif, koneksi internet stabil dan kuota internet masih ada, iCloud tidak akan menerima kiriman email baru jika fungsi Cellular Data di pengaturan Mail diaktifkan.

Jika Cellular Data di Mail dalam kondisi nonaktif, maka email akan masuk ke inbox iCloud hanya jika perangkat iOS terkoneksi dengan Wifi. Hal inilah yang menjadi penyebab kenapa email tidak masuk di iPhone.

Fetch New Data Nonaktif

Fetch New Data adalah fitur iOS yang berfungsi sebagai kurir yang mengantarkan email yang tersimpan di server Apple ke iCloud Mail.

Jika fitur Fetch New Data tidak aktif, maka informasi terbaru yang berasal dari email, Gmail, kalender dan data iCloud tidak akan tampil di perangkat iOS sehingga menyebabkan email tidak bisa masuk ke inbox iPhone.

iCloud Mail Nonaktif

Jika mengalami masalah email iCloud tidak bisa menerima pesan masuk, bisa saja penyebabnya karena iCloud Mail tidak aktif.

Jika fitur iCloud Mail nonaktif, maka sistem iOS menganggap bahwa pengguna iPhone tidak setuju untuk menggunakan email iCloudnya untuk menerima pesan baru.

iPhone Storage Penuh

Penyimpanan iPhone penuh menjadi penyebab kenapa email iCloud tidak bisa menerima pesan masuk di inbox.

Ketika iPhone storage hampir penuh, sistem iOS secara otomatis akan menonaktifkan sementara banyak fitur agar fitur utama dapat bekerja maksimal seperti telepon, sms dan internet.

Salah satu fitur yang dinonaktifkan saat ruang penyimpanan iPhone penuh adalah sync mail yang mengakibatkan terjadi antrian email baru di server Apple sehingga menjadi penyebab email tidak masuk di iCloud Mail.

Kenapa penyimpanan iPhone penuh:

  • Format Kamera High Efficiency,
  • iCloud Photos nonaktif,
  • Foto & Video tidak dihapus permanen,
  • Apps & games berukuran besar,
  • Dokumen & Data berukuran besar, dan
  • File & dokumen menumpuk di iCloud Drive,
Format Kamera High Efficiency Aktif

Penyebab kenapa penyimpanan iPhone penuh terus padahal ukuran aplikasi sedikit karena format yang aktif pada pengaturan kamera adalah High Efficiency.

Jika fitur High Efficiency aktif, maka pengguna dapat merekam video dengan kualitas 4K hingga 60 fps.

Kualitas rekaman video memang tinggi dan tajam, namun yang harus dikorbankan adalah ruang penyimpanan iPhone.

Jika ruang penyimpanan iPhone sedikit dan video jarang dihapus, maka storage iPhone cepat penuh.

Hal inilah yang menjadi pengaruh hingga menyebabkan data dan informasi yang akan diterima iPhone mengalami antrian sehingga email tidak masuk di inbox iCloud Mail.

iCloud Photos Nonaktif

Saat berlangganan iCloud, fungsi iCloud Photos harus diaktifkan secara manual agar foto dan video yang tersimpan di Photos, otomatis disimpan di iCloud.

Jika iCloud Photos tidak aktif, maka file foto dan video hanya tersimpan di ruang penyimpanan iPhone saja.

Foto & Video Tidak Dihapus Permanen

Ketika foto dan video dihapus di iPhone, sistem iOS hanya akan memindahkannya ke folder Recently Deleted.

Foto dan video yang dihapus, akan dihapus secara permanen dalam kurun waktu 30 hari sejak file tersebut dihapus.

Hal ini menjadi penyebab kenapa storage iPhone terasa cepat penuh, karena foto dan video belum benar-benar terhapus dari ruang penyimpanan perangkat iOS.

Apps & Games Berukuran Besar

Ukuran aplikasi dan game yang terinstall menjadi salah satu penyebab kenapa ruang penyimpanan iPhone cepat penuh.

Beberapa aplikasi menghadirkan versi terbaru yang harus diupdate untuk mendapatkan fitur-fitur baru dan kebanyakan aplikasi tersebut ukurannya bertambah setelah diupdate.

Sedangkan game yang memiliki kualitas grafis tinggi dan jalan cerita panjang, membuat ukuran game yang terinstall menjadi besar dan memenuhi ruang penyimpanan iPhone.

Dokumen & Data Berukuran Besar

Dokumen & Data adalah data yang tersimpan di iPhone yang fungsinya mendukung aplikasi dan game yang terinstall di iOS.

Aplikasi chat, media sosial dan game yang bisa disimpan progresnya, akan tersimpan sebagai dokumen dan data di iPhone serta ukurannya seterusnya akan bertambah sehingga membuat storage iPhone penuh.

Ukuran iCloud Drive Besar

Ketika file dan dokumen diakses dari iCloud, maka iPhone memberikan ruang penyimpanan khusus untuk iCloud Drive.

Tujuannya agar ketika file dan dokumen tersebut bisa diakses kembali tanpa harus didownload dan tanpa harus terkoneksi dengan internet.

Jika mengakses banyak file dari iCloud, maka ruang penyimpanan iPhone bakal cepat penuh.

Selain itu, jika mengunduh file dari Safari, maka akan tersimpan otomatis di iCloud Drive.

iCloud Penuh

Ruang penyimpanan iCloud penuh adalah penyebab kenapa iCloud tidak bisa menerima email baru di Inbox iPhone.

Email yang terkirim akan tersimpan di server Apple dan yang menyebabkan terjadinya antrian lalu lintas data dari server iCloud ke iCloud yang terinstall di iPhone.

Bugs iOS

Versi iOS yang tidak stabil akan menampilkan banyak bugs yang mengganggu kinerja iPhone.

Bugs pada iOS bisa jadi penyebab kenapa email iCould tidak masuk karena error yang terjadi pada iCloud Mail.

Cara Mengatasi Email Tidak Masuk

tidak bisa menerima email di gmail

Setelah mengetahui apa saja penyebab kenapa Gmail tidak bisa menerima Email masuk, berikutnya saya akan menjelaskan cara mengatasi Email tidak masuk ke Inbox Gmail.

Cara memperbaiki email yang tidak bisa menerima pesan 100% bisa kamu lakukan sendiri dengan mengikuti cara mengatasi Email yang tidak bisa masuk ke Android dan iPhone ini.

Keluarkan Email dari Spam

Pesan terkirim dari akun Email baru dan akun Email Kantor berpotensi masuk ke folder Spam, begitu juga akun Email yang terkena filter dan masuk Blacklist Spam ke Gmail.

Email penting yang masuk ke Spam harus segera dipindahkan ke folder Primary atau kotak masuk utama.

Hal ini bisa mengatasi kenapa email tidak masuk ke Gmail sehingga pesan baru dari akun Email penting akan muncul di kotak masuk utama.

Kosongkan Storage Hp

Cara mengatasi kenapa Gmail tidak bisa menerima pesan masuk di inbox berikutnya adalah membersihkan storage Hp Android dan iPhone dari data yang sudah tidak perlu.

Jika ada storage tambahan, pindahkan file foto dan video berkapasitas besar dan aktifkan pengaturan foto yang dihasilkan oleh kamera otomatis tersimpan di ruang penyimpanan tambahan.

Setelah ruang penyimpanan Hp kosong, secara otomatis fitur Sync aktif kembali dan email dalam antrian akan masuk ke kotak masuk Gmail.

Hapus Email lama dari Gmail

Setelah mengetahui penyebab email tidak masuk adalah karena storage Gmail penuh, maka cara mengatasi Gmail tidak bisa menerima pesan berikutnya yaitu menghapus Email lama.

Email berisi file attachment menjadi penyebab utama ruang penyimpanan Gmail penuh. Pilih Email yang berisi attachment berkapasitas besar dan hapus dari kotak masuk.

Cara mengosongkan ruang penyimpanan terbukti ampuh mengatasi penyebab kenapa Gmail tidak bisa menerima pesan masuk di inbox.

Kosongkan Storage Google Drive

Cara mengatasi kenapa email tidak bisa masuk di Gmail selanjutnya adalah menghapus data Google Drive. Langkah ini ampuh mengatasi penyebab Gmail tidak bisa menerima email masuk.

Apa hubungannya Gmail tidak bisa menerima pesan baru dengan storage Google Drive penuh? Karena Gmail dan Google Drive berbagi storage yang sama.

Jika Google Drive dipenuhi data, maka pesan Email tidak masuk ke kotak masuk Gmail di Hp Android dan iPhone.

Pakai BONUS Storage Gmail di Android

Cara memperbaiki Email yang tidak bisa menerima pesan berikutnya adalah dengan menggunakan bonus storage Gmail dari Hp Android.

Sebelumnya saya pernah menggunakan Hp Android LG G4 dan dalam paket pembelian terdapat bonus berlangganan storage Gmail 100 GB untuk 2 tahun kontrak.

Setelah mengaktifkan bonus ruang penyimpanan Gmail maka otomatis Email dalam antrian satu persatu masuk dan penyebab kenapa Email tidak masuk bisa diatasi.

Berlangganan Google One

05 berlangganan beli penyimpanan gmail kenapa gmail tidak bisa menerima email tidak bisa masuk kenapa email tidak masuk email tidak masuk ke inbox gmail hp android iphone

Saat pertama mendaftarkan akun Gmail, pengguna diberikan ruang penyimpanan 15 GB yang dapat digunakan untuk menyimpan data di Google Drive dan di Google Photo.

Jika kapasitas Gmail 15 GB menipis dan cara mengatasi Gmail tidak bisa menerima pesan email seperti:

  • menghapus storage Hp
  • menghapus storage Gmail, dan
  • menghapus file dari Google Drive

tidak dapat mengatasi kenapa Gmail tidak bisa menerima pesan masuk, pertimbangan untuk berlangganan atau beli penyimpanan Gmail di Google One.

Google One adalah layanan berlangganan ruang penyimpanan tambahan yang disediakan oleh Google untuk pengguna Gmail dan Google Drive.

Paket Langganan Storage Gmail di Google One

PaketHarga
100 GBRp26.900/Bulan
Rp269.000/Tahun
200 GBRp43.000/Bulan
Rp430.000/Tahun
2 TBRp135.000/Bulan
Rp1.350.000/Tahun
10 TBRp1.350.000/Tahun
20 TBRp2.700.000/Tahun
30 TBRp3.900.000/Tahun

Frequently Asked Questions

Kenapa Gmail tidak bisa menerima pesan masuk?

Ada dua penyebab utama kenapa Email tidak masuk ke Gmail yaitu penyimpanan Hp Android dan iPhone penuh atau penyimpanan Google Drive hampir penuh.

Kenapa email tidak bisa menerima pesan masuk ke Gmail padahal sudah terkirim?

Jika kapasitas penyimpanan Hp Android dan iOS menipis, secara otomatis fitur Sync data dinonaktifkan sehingga terjadi antrian email yang tidak bisa ditampung aplikasi Gmail yang terinstall di Hp.

Kenapa email tidak ada pesan masuk?

Saat email tidak bisa masuk ke inbox Gmail, periksa koneksi Internet, berapa sisa kapasitas Gmail dan kapasitas penyimpanan Hp dan update aplikasi Gmail ke versi terbaru.

Kenapa akun Email tidak bisa masuk?

Periksa alamat akun Gmail dan password yang digunakan saat melakukan proses login.

Kenapa Email dalam antrian?

Penyebab Email dalam antrian karena ada masalah pada bagian singkronisasi Email antara server Gmail dan perangkat yang digunakan oleh pengguna.

Kenapa Email bisa masuk Spam?

Ada beberapa penyebab kenapa Email bisa masuk Spam diantaranya IP sipengirim diblacklist, masuk filter atau kemungkinan adalah Email Kantor baru.

Konklusi

Setelah mengatasi penyebab Email tidak masuk ke Gmail dengan mengosongkan ruang penyimpanan Android dan iPhone, fitur Sync otomatis aktif kembali.

Jika ingin berlangganan ruang penyimpanan Gmail dan Google Drive di Google One, tersedia beberapa metode pembayaran seperti Kartu Kredit, Kartu Debit, GoPay dan kode Voucher.

Agar hemat, periksa secara berkala promo cashback metode pembayaran saat ingin membeli storage Gmail di Google One.

Semoga tips di atas bisa menjawab kenapa email tidak masuk ke Gmail di Hp kamu dan apa penyebabnya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

PILIHAN EDITOR

KATA GAUL TERBARU

PILIHAN EDITOR

ABJAD

BAHASA

KATEGORI

Penyebab & Cara Mengatasi Email Tidak Bisa Menerima Pesan Masuk

Sempat bingung kenapa email tidak masuk dan kenapa Gmail tidak bisa menerima pesan serta kotak masuk Gmail tidak muncul padahal sudah terkirim.

Saya juga pernah mengalami email tidak bisa masuk ke Hp Android dan Gmail tidak bisa menerima email di iPhone.

Kali ini saya akan berbagi informasi apa saja penyebab email tidak masuk dan cara mengatasi Gmail tidak bisa menerima pesan baru di kotak masuk.

Penyebab Email Tidak Masuk

kenapa gmail tidak bisa menerima email tidak bisa masuk kenapa email tidak masuk email tidak masuk ke inbox gmail hp android iphone

Kenapa Email Tidak Masuk

Ada beberapa alasan kenapa email tidak bisa menerima pesan masuk. Padahal email sudah terkirim tapi tidak masuk saat diperiksa di kotak masuk inbox di Hp Android, iPhone dan di Laptop.

Namun sebelum terlalu jauh mencari apa penyebab email tidak masuk, perlu diingat bahwa kadang penyebab pesan email tidak masuk sebenarnya sangat simpel.

Alasan kenapa Email Tidak Masuk Padahal Sudah Terkirim:

  • Email masuk ke folder Spam dan Junk Mail,
  • Email tidak sengaja diarsipkan, dan
  • Email terhapus.

Email Masuk Ke Folder Spam/Junk Mail

Penyebab kenapa email tidak masuk meskipun email sudah terkirim adalah karena email masuk ke spam atau junk mail.

Spam adalah penyebutan folder khusus email yang tidak dikenali di server Gmail dan Yahoo. Sedangkan Junk Mail adalah sebutan untuk Outlook dan email iCloud.

Jadi sebenarnya email terkirim, namun tidak ditampilkan di Inbox, All Mail atau kotak masuk karena dipindahkan secara otomatis ke folder Spam/Junk.

Kenapa Email Masuk Ke Spam

Masalah email tidak masuk karena pesan email masuk ke spam umumnya dialami pengguna Gmail dan Yahoo dan masalah email bisa masuk ke junk dialami pengguna email iCloud dan Outlook.

Hal ini disebabkan karena server Gmail, Yahoo, Outlook dan iCloud secara otomatis memisahkan pesan baru tertentu ke folder Spam dan menyembunyikan email tersebut dari kotak masuk.

Alasan kenapa email sering masuk ke Spam dan Junk Mail:

  • Domain akun email pengirim tidak dikenali,
  • Email dikirim dari lokasi dan IP Address mencurigakan, dan
  • File attachment dicurigai mengandung Mallware.

Hal di atas menjadi penyebab email tidak masuk ke Gmail, kenapa email tidak bisa masuk ke Yahoo Mail, kenapa email Outlook masuk ke Junk Mail dan alasan kenapa iCloud tidak bisa menerima email di Inbox iPhone.

Gmail, Yahoo Mail, iCloud dan Outlook memiliki sistem proteksi khusus yang dapat mendeteksi ancaman bagi akun email dan perangkat yang digunakan pengguna untuk mengakses email tersebut.

Domain Akun Email Pengirim Tidak dikenali

Masalah email tidak masuk bisa dialami oleh akun email yang berasal dari domain website email kantor atau Webmail. Contohnya seperti ini: namaemail@alamatwebsite.com.

Tidak semua alamat website dikenali, terutama alamat website yang baru saja dibuat sehingga iCloud, Gmail, Outlook dan Yahoo berinisiatif memisahkan email baru tersebut dari email lain.

Hal tersebut menjadi penyebab email tidak masuk ke Inbox dan pesan email masuk ke spam secara otomatis.

Lokasi dan IP Address Pengirim mencurigakan

Alasan mengapa email masuk ke spam yang berikutnya adalah karena ada indikasi IP Address (alamat internet protocol) sipengirim pesan email dianggap mencurigakan oleh server Gmail, iCloud, Outlook dan Yahoo.

Penyebab email tidak masuk ke kotak masuk tetapi masuk ke spam ini bisa saja terjadi jika pengirim email mengaktifkan VPN saat mengakses internet.

Hal ini menyebabkan server Gmail, Yahoo Mail, Outlook dan iCloud menganggap lokasi pengirim tidak akurat dan mencurigakan.

File Attachment Terindikasi Mengandung Malware

Penyebab kenapa email masuk di spam yang berikut ini adalah karena file attachment atau dokumen yang disertakan di email terindikasi dapat merusak server dan perangkat penerima email.

Alasan kenapa email masuknya ke spam umumnya karena email berisi file install software, nama dokumen terlalu panjang dan data sensifit yang berisi kode-kode yang tidak dikenali sehingga email tidak masuk ke Inbox Gmail, Yahoo, Outlook dan email iCloud.

Email Tidak Sengaja diarsipkan

Penyebab email tidak masuk berikut ini tidak bisa disepelekan dan bisa saja terjadi pada pengguna yang mengakses email melalui Hp Android, iPhone dan laptop.

Saat sedang tidak fokus, jari berkeringat, dan layar hp tidak bersih dan layar hp dikantongkan dalam keadaan tidak dikunci bisa jadi penyebab email tidak masuk ke Inbox karena fitur archive tidak sengaja ditekan dan email hilang dari kotak masuk.

Email Terhapus

Alasan kenapa email tidak masuk ke inbox Gmail, iCloud, Yahoo dan Outlook berikut ini juga bisa terjadi karena email yang baru masuk tidak sengaja terhapus.

Notifikasi email baru yang muncul di layar hp Android dan iPhone bisa menjadi penyebab email tidak sengaja dihapus apalagi saat layar hp lupa dikunci saat dimasukkan ke tas atau ke kantong.

Kenapa Email Tidak Bisa Menerima Pesan Masuk

Setelah mengetahui kenapa email tidak masuk, kemudian indowonders bakal menjelaskan apa alasan email tidak bisa menerima pesan masuk ke Gmail, di email iCloud iPhone, Yahoo Mail dan Outlook Android.

Masalah email tidak bisa menerima pesan baru di kotak masuk juga umum terjadi pada pengguna Gmail, Yahoo Mail, iCloud dan Outlook.

Penyebab kenapa email tidak bisa menerima pesan:

  • Fitur sync email nonaktif, atau
  • Ruang penyimpanan email penuh.

Fitur Sync Email Off

Sync email adalah fitur penting yang harus aktif di perangkat Android dan iPhone karena menjadi jembatan antara server email dan aplikasi email di perangkat hp.

Jika fitur ini dinonaktifkan, maka email baru tidak akan diambil dari server dan tidak ditampilkan di kotak masuk aplikasi Gmail, Yahoo Mail, Mail iCloud dan Outlook.

Penyebab fitur sync email off:

  • Belum diaktifkan saat Hp pertama kali digunakan,
  • Nonaktif karena bugs Android dan iOS, dan
  • Media penyimpanan Android dan iPhone penuh.
Sync Email Belum diaktifkan

Masalah email tidak masuk saat kotak masuk diakses di Hp karena fitur sync email umumnya terjadi pada pengguna yang baru saja membeli Hp.

Ada banyak pengaturan yang harus diaktifkan saat pertama kali menggunakan Hp Android dan iPhone dan salah satunya yang penting untuk diaktifkan adalah fitur sync email.

Sync Email Nonaktif karena Bugs di Android dan iOS

Saat update software Android dan iOS, terkadang ada bugs yang mengganggu dan sering juga membuat beberapa fitur penting di Hp pengguna secara otomatis dinonaktifkan.

Jika kalian baru saja update software dan tidak bisa menerima pesan email masuk di Inbox Gmail, iCloud, Outlook dan Yahoo, kemungkinan penyebabkan karena fitur sync email off.

Storage Hp Android dan iPhone hampir penuh

Media penyimpanan yang hampir penuh menjadi salah satu penyebab utama kenapa email tidak bisa menerima pesan masuk di kotak masuk Gmail, iCloud, Outlook dan Yahoo Mail.

Untuk menjaga fungsi utama tetap aktif dan kinerja Hp tetap stabil, sistem Android dan iPhone secara otomatis menonaktifkan banyak fitur saat memori perangkat, storage atau media penyimpanan penuh.

Saat media penyimpanan hp hampir penuh, fitur sync email secara otomatis dinonaktifkan dan tidak ada aktifitas keluar masuk data email yang mengakibatkan ruang penyimpanan semakin penuh.

Hal ini menjadi penyebab kenapa Gmail tidak bisa menerima pesan masuk, dan alasan kenapa email tidak bisa menerima pesan di Outlook di Android.

Masalah ini juga menjadi alasan kenapa email iCloud tidak bisa menerima pesan email masuk baru dan kenapa email Yahoo tidak bisa menerima pesan masuk di iPhone.

Ruang Penyimpanan Email Penuh

Storage atau ruang penyimpanan email yang hampir penuh juga menjadi penyebab kenapa email tidak masuk dan pengguna tidak bisa menerima pesan masuk di Android, iPhone dan Laptop.

Berbeda dari Yahoo yang memberikan penggunanya storage Yahoo Mail 1 TB secara gratis, pengguna Gmail, iCloud dan Outlook hanya diberikan ruang penyimpanan sebesar 15 GB.

Hal ini menyebabkan storage Gmail, Outlook dan email iCloud cepat penuh sehingga email tidak masuk.

Kenapa Gmail Tidak Bisa Menerima Pesan Masuk

Penyebab Gmail tidak bisa menerima pesan:

  • Sync Email Android dan iOS Off,
  • Data Seluler Mail iPhone Off, dan
  • Storage Gmail penuh.

Sync Email Android dan iOS Off

Hal yang menjadi penyebab kenapa Gmail tidak bisa menerima pesan masuk baru di aplikasi Gmail Android dan iPhone yaitu karena sync email tidak aktif.

Kondisi sync email nonaktif ini menyebabkan tidak ada fungsi yang mengantarkan data dari server Gmail ke aplikasi Gmail yang terinstall di Android dan iPhone.

Karena fitur ini tidak aktif, maka tidak ada proses lalu lintas data email sehingga terjadi antrian dan email baru tidak tampil di kotak masuk Hp.

Data Seluler Mail iPhone Off

Selanjutnya yang menjadi penyebab kenapa email tidak masuk di Gmail yaitu karena fitur Data Seluler di pengaturan Mail iPhone tidak aktif.

Untuk membatasi penggunaan koneksi Internet dan menghemat baterai, iPhone membebaskan penggunanya untuk mengatur aplikasi apa saja yang bisa menggunakan Data Seluler.

Meskipun Data Seluler aktif, sinyal stabil dan kuota internet masih ada, Gmail tidak bisa menerima pesan baru jika fitur Data Seluler tidak diaktifkan di pengaturan Mail iPhone.

Storage Gmail Penuh

Salah satu penyebab utama kenapa gmail tidak bisa menerima pesan baru di Inbox adalah karena Google Account Storage atau ruang penyimpanan Gmail penuh.

Penyebab Gmail penuh:

  • Email tidak dihapus permanen,
  • Email menumpuk di Spam,
  • File attachment Berukuran besar,
  • Google Photos penuh, dan
  • Google Drive penuh.
Email Tidak dihapus Permanen

Salah satu alasan mengapa Gmail tidak bisa menerima email masuk yaitu karena email yang dihapus, tidak dihapus secara permanen.

Ketika email lama dihapus di Gmail, email tersebut hanya dipindahkan ke Trash dan email tersebut akan terhapus 30 hari kemudian.

Jadi dalam rentang 30 hari setelah dihapus, email tersebut tetap ada di server Google dan membuat storage Gmail penuh.

Email Menumpuk di Folder Spam

Banyak sekali email baru yang masuk ke kotak masuk namun berisi informasi yang tidak penting dan kebanyakan dipindahkan secara otomatis oleh Gmail ke folder Spam.

Namun email yang berada di Spam hanya akan terhapus dalam kurun waktu 30 hari sehingga memenuhi ruang penyimpanan Gmail.

File Attachment Berukuran Besar

Jika kalian pengguna aktif email, maka hal yang umum jika di bodi email berisi file attachment dokumen, foto dan video.

File attachment di email ukurannya tidak dikompres sehingga file berukuran besar akan memenuhi storage yang dapat menyebabkan penyimpanan Gmail penuh.

Google Photos Penuh

Saat mendaftarkan akun Gmail baru, Google memberikan secara cuma-cuma ruang penyimpanan sebesar 15 GB.

Ruang penyimpanan tersebut sudah termasuk untuk menyimpan foto dan video di Google Photos.

Foto dan Video yang diupload ke Google Maps, banner dan foto profil akun Youtube serta media lainnya akan tersimpan di Google Photos dan menggunakan storage Gmail sebagai ruang penyimpanannya.

Google Drive Penuh

Selain Google Photos, Gmail juga berbagi ruang penyimpanan dengan Google Drive dan salah satu penyebab kenapa email tidak masuk di kotak masuk Gmail yaitu karena Google Drive penuh.

Penyebab Google Drive Penuh
  • Back up data Android ukuran besar,
  • Back up data WhatsApp ukuran besar, dan
  • File dokumen dan media menumpuk.

Ketika Google Drive penuh padahal kosong tidak ada file, bisa jadi alasannya adalah back up data Android dan back up aplikasi chat seperti WhatsApp tidak ditampilkan di dashboard Google Drive.

Kuota Google Drive penuh menjadi penyebab mengapa email tidak masuk di Gmail ketika email diakses di Laptop maupun Android dan iPhone.

Kenapa Email Outlook Tidak Bisa Menerima Pesan Masuk

Outlook adalah penyedia layanan email gratis dari Microsoft. Pengguna Windows dan Xbox umumnya menggunakan layanan email ini.

Ada beberapa alasan kenapa email tidak bisa menerima pesan masuk di Outlook

Penyebab email tidak masuk di Outlook:

  • Email Outlook masuk ke Junk Mail,
  • Penyimpanan Email Outlook penuh,
  • Storage OneDrive penuh, dan
  • Versi aplikasi Outlook belum diupdate.

Email Outlook Masuk ke Junk Mail

Penyebab email tidak masuk ke Inbox Outlook yang pertama adalah karena pesan email masuk ke Junk Mail.

Kenapa Email Outlook Masuk ke Junk Mail
  • Outlook tidak mengenali domain akun email pengirim,
  • Outlook mencurigai lokasi dan IP Address pengirim, dan
  • Outlook memindai file attachment terindikasi Mallware.

Tiga alasan di atas merupakan penyebab email selalu masuk ke Junk Mail di Outlook karena alasan keamanan dari Microsoft.

Penyimpanan Email Outlook Penuh

Jika Outlook penuh, maka email baru akan tertahan di server Microsoft dan tidak masuk ke Inbox Outlook.

Kotak masuk Outlook penuh dikarenakan Microsoft memberikan limit ruang penyimpanan sebesar 15 GB secara gratis untuk pengguna baru.

Ketika ruang penyimpanan 15 GB tersebut penuh, maka email tidak bisa masuk di Inbox Outlook.

Storage OneDrive penuh

Outlook, OneDrive dan Microsoft 365 berbagi ruang penyimpanan dan jika tidak berlangganan, maka 15 GB digunakan untuk menampung seluruh file aplikasi di atas.

Sehingga ketika OneDrive dan Microsoft 365 penuh dengan file attachment, dokumen Excel, Words, dan Powerpoint berukuran besar maka penyimpanan Outlook dianggap penuh serta email tidak bisa masuk.

Versi Aplikasi Outlook Belum diupdate

Salah satu penyebab email tidak masuk di Android dan iPhone adalah karena aplikasi Outlook yang terinstall, versinya sudah jadul.

Versi aplikasi Outlook yang tidak diupdate menyebabkan banyak fitur-fitur baru tidak maksimal termasuk juga bisa mengganggu proses lalu lintas data antara server Microsoft dan aplikasi Outlook di Android dan iOS.

Kenapa Email iCloud Tidak Bisa Menerima Pesan Email Masuk

Ada beberapa alasan kenapa email tidak masuk ke inbox iPhone yang menjadi penyebab kenapa email icloud tidak bisa menerima pesan masuk baru.

Masalah email iCloud tidak masuk biasanya dialami oleh pengguna iPhone iOS dan iPad iPadOS.

Penyebab iCloud tidak bisa menerima email di iPhone:

  • Cellular Data Mail nonaktif,
  • Fetch New Data nonaktif,
  • Mail nonaktif,
  • iCloud Mail nonaktif,
  • Bugs iOS,
  • iPhone Storage penuh, dan
  • iCloud penuh.

Cellular Data Mail Nonaktif

Penyebab mengapa email iCloud tidak bisa menerima pesan karena fitur Cellular Data Mail dalam mode nonaktif.

Meskipun data seluler aktif, koneksi internet stabil dan kuota internet masih ada, iCloud tidak akan menerima kiriman email baru jika fungsi Cellular Data di pengaturan Mail diaktifkan.

Jika Cellular Data di Mail dalam kondisi nonaktif, maka email akan masuk ke inbox iCloud hanya jika perangkat iOS terkoneksi dengan Wifi. Hal inilah yang menjadi penyebab kenapa email tidak masuk di iPhone.

Fetch New Data Nonaktif

Fetch New Data adalah fitur iOS yang berfungsi sebagai kurir yang mengantarkan email yang tersimpan di server Apple ke iCloud Mail.

Jika fitur Fetch New Data tidak aktif, maka informasi terbaru yang berasal dari email, Gmail, kalender dan data iCloud tidak akan tampil di perangkat iOS sehingga menyebabkan email tidak bisa masuk ke inbox iPhone.

iCloud Mail Nonaktif

Jika mengalami masalah email iCloud tidak bisa menerima pesan masuk, bisa saja penyebabnya karena iCloud Mail tidak aktif.

Jika fitur iCloud Mail nonaktif, maka sistem iOS menganggap bahwa pengguna iPhone tidak setuju untuk menggunakan email iCloudnya untuk menerima pesan baru.

iPhone Storage Penuh

Penyimpanan iPhone penuh menjadi penyebab kenapa email iCloud tidak bisa menerima pesan masuk di inbox.

Ketika iPhone storage hampir penuh, sistem iOS secara otomatis akan menonaktifkan sementara banyak fitur agar fitur utama dapat bekerja maksimal seperti telepon, sms dan internet.

Salah satu fitur yang dinonaktifkan saat ruang penyimpanan iPhone penuh adalah sync mail yang mengakibatkan terjadi antrian email baru di server Apple sehingga menjadi penyebab email tidak masuk di iCloud Mail.

Kenapa penyimpanan iPhone penuh:

  • Format Kamera High Efficiency,
  • iCloud Photos nonaktif,
  • Foto & Video tidak dihapus permanen,
  • Apps & games berukuran besar,
  • Dokumen & Data berukuran besar, dan
  • File & dokumen menumpuk di iCloud Drive,
Format Kamera High Efficiency Aktif

Penyebab kenapa penyimpanan iPhone penuh terus padahal ukuran aplikasi sedikit karena format yang aktif pada pengaturan kamera adalah High Efficiency.

Jika fitur High Efficiency aktif, maka pengguna dapat merekam video dengan kualitas 4K hingga 60 fps.

Kualitas rekaman video memang tinggi dan tajam, namun yang harus dikorbankan adalah ruang penyimpanan iPhone.

Jika ruang penyimpanan iPhone sedikit dan video jarang dihapus, maka storage iPhone cepat penuh.

Hal inilah yang menjadi pengaruh hingga menyebabkan data dan informasi yang akan diterima iPhone mengalami antrian sehingga email tidak masuk di inbox iCloud Mail.

iCloud Photos Nonaktif

Saat berlangganan iCloud, fungsi iCloud Photos harus diaktifkan secara manual agar foto dan video yang tersimpan di Photos, otomatis disimpan di iCloud.

Jika iCloud Photos tidak aktif, maka file foto dan video hanya tersimpan di ruang penyimpanan iPhone saja.

Foto & Video Tidak Dihapus Permanen

Ketika foto dan video dihapus di iPhone, sistem iOS hanya akan memindahkannya ke folder Recently Deleted.

Foto dan video yang dihapus, akan dihapus secara permanen dalam kurun waktu 30 hari sejak file tersebut dihapus.

Hal ini menjadi penyebab kenapa storage iPhone terasa cepat penuh, karena foto dan video belum benar-benar terhapus dari ruang penyimpanan perangkat iOS.

Apps & Games Berukuran Besar

Ukuran aplikasi dan game yang terinstall menjadi salah satu penyebab kenapa ruang penyimpanan iPhone cepat penuh.

Beberapa aplikasi menghadirkan versi terbaru yang harus diupdate untuk mendapatkan fitur-fitur baru dan kebanyakan aplikasi tersebut ukurannya bertambah setelah diupdate.

Sedangkan game yang memiliki kualitas grafis tinggi dan jalan cerita panjang, membuat ukuran game yang terinstall menjadi besar dan memenuhi ruang penyimpanan iPhone.

Dokumen & Data Berukuran Besar

Dokumen & Data adalah data yang tersimpan di iPhone yang fungsinya mendukung aplikasi dan game yang terinstall di iOS.

Aplikasi chat, media sosial dan game yang bisa disimpan progresnya, akan tersimpan sebagai dokumen dan data di iPhone serta ukurannya seterusnya akan bertambah sehingga membuat storage iPhone penuh.

Ukuran iCloud Drive Besar

Ketika file dan dokumen diakses dari iCloud, maka iPhone memberikan ruang penyimpanan khusus untuk iCloud Drive.

Tujuannya agar ketika file dan dokumen tersebut bisa diakses kembali tanpa harus didownload dan tanpa harus terkoneksi dengan internet.

Jika mengakses banyak file dari iCloud, maka ruang penyimpanan iPhone bakal cepat penuh.

Selain itu, jika mengunduh file dari Safari, maka akan tersimpan otomatis di iCloud Drive.

iCloud Penuh

Ruang penyimpanan iCloud penuh adalah penyebab kenapa iCloud tidak bisa menerima email baru di Inbox iPhone.

Email yang terkirim akan tersimpan di server Apple dan yang menyebabkan terjadinya antrian lalu lintas data dari server iCloud ke iCloud yang terinstall di iPhone.

Bugs iOS

Versi iOS yang tidak stabil akan menampilkan banyak bugs yang mengganggu kinerja iPhone.

Bugs pada iOS bisa jadi penyebab kenapa email iCould tidak masuk karena error yang terjadi pada iCloud Mail.

Cara Mengatasi Email Tidak Masuk

tidak bisa menerima email di gmail

Setelah mengetahui apa saja penyebab kenapa Gmail tidak bisa menerima Email masuk, berikutnya saya akan menjelaskan cara mengatasi Email tidak masuk ke Inbox Gmail.

Cara memperbaiki email yang tidak bisa menerima pesan 100% bisa kamu lakukan sendiri dengan mengikuti cara mengatasi Email yang tidak bisa masuk ke Android dan iPhone ini.

Keluarkan Email dari Spam

Pesan terkirim dari akun Email baru dan akun Email Kantor berpotensi masuk ke folder Spam, begitu juga akun Email yang terkena filter dan masuk Blacklist Spam ke Gmail.

Email penting yang masuk ke Spam harus segera dipindahkan ke folder Primary atau kotak masuk utama.

Hal ini bisa mengatasi kenapa email tidak masuk ke Gmail sehingga pesan baru dari akun Email penting akan muncul di kotak masuk utama.

Kosongkan Storage Hp

Cara mengatasi kenapa Gmail tidak bisa menerima pesan masuk di inbox berikutnya adalah membersihkan storage Hp Android dan iPhone dari data yang sudah tidak perlu.

Jika ada storage tambahan, pindahkan file foto dan video berkapasitas besar dan aktifkan pengaturan foto yang dihasilkan oleh kamera otomatis tersimpan di ruang penyimpanan tambahan.

Setelah ruang penyimpanan Hp kosong, secara otomatis fitur Sync aktif kembali dan email dalam antrian akan masuk ke kotak masuk Gmail.

Hapus Email lama dari Gmail

Setelah mengetahui penyebab email tidak masuk adalah karena storage Gmail penuh, maka cara mengatasi Gmail tidak bisa menerima pesan berikutnya yaitu menghapus Email lama.

Email berisi file attachment menjadi penyebab utama ruang penyimpanan Gmail penuh. Pilih Email yang berisi attachment berkapasitas besar dan hapus dari kotak masuk.

Cara mengosongkan ruang penyimpanan terbukti ampuh mengatasi penyebab kenapa Gmail tidak bisa menerima pesan masuk di inbox.

Kosongkan Storage Google Drive

Cara mengatasi kenapa email tidak bisa masuk di Gmail selanjutnya adalah menghapus data Google Drive. Langkah ini ampuh mengatasi penyebab Gmail tidak bisa menerima email masuk.

Apa hubungannya Gmail tidak bisa menerima pesan baru dengan storage Google Drive penuh? Karena Gmail dan Google Drive berbagi storage yang sama.

Jika Google Drive dipenuhi data, maka pesan Email tidak masuk ke kotak masuk Gmail di Hp Android dan iPhone.

Pakai BONUS Storage Gmail di Android

Cara memperbaiki Email yang tidak bisa menerima pesan berikutnya adalah dengan menggunakan bonus storage Gmail dari Hp Android.

Sebelumnya saya pernah menggunakan Hp Android LG G4 dan dalam paket pembelian terdapat bonus berlangganan storage Gmail 100 GB untuk 2 tahun kontrak.

Setelah mengaktifkan bonus ruang penyimpanan Gmail maka otomatis Email dalam antrian satu persatu masuk dan penyebab kenapa Email tidak masuk bisa diatasi.

Berlangganan Google One

05 berlangganan beli penyimpanan gmail kenapa gmail tidak bisa menerima email tidak bisa masuk kenapa email tidak masuk email tidak masuk ke inbox gmail hp android iphone

Saat pertama mendaftarkan akun Gmail, pengguna diberikan ruang penyimpanan 15 GB yang dapat digunakan untuk menyimpan data di Google Drive dan di Google Photo.

Jika kapasitas Gmail 15 GB menipis dan cara mengatasi Gmail tidak bisa menerima pesan email seperti:

  • menghapus storage Hp
  • menghapus storage Gmail, dan
  • menghapus file dari Google Drive

tidak dapat mengatasi kenapa Gmail tidak bisa menerima pesan masuk, pertimbangan untuk berlangganan atau beli penyimpanan Gmail di Google One.

Google One adalah layanan berlangganan ruang penyimpanan tambahan yang disediakan oleh Google untuk pengguna Gmail dan Google Drive.

Paket Langganan Storage Gmail di Google One

PaketHarga
100 GBRp26.900/Bulan
Rp269.000/Tahun
200 GBRp43.000/Bulan
Rp430.000/Tahun
2 TBRp135.000/Bulan
Rp1.350.000/Tahun
10 TBRp1.350.000/Tahun
20 TBRp2.700.000/Tahun
30 TBRp3.900.000/Tahun

Frequently Asked Questions

Kenapa Gmail tidak bisa menerima pesan masuk?

Ada dua penyebab utama kenapa Email tidak masuk ke Gmail yaitu penyimpanan Hp Android dan iPhone penuh atau penyimpanan Google Drive hampir penuh.

Kenapa email tidak bisa menerima pesan masuk ke Gmail padahal sudah terkirim?

Jika kapasitas penyimpanan Hp Android dan iOS menipis, secara otomatis fitur Sync data dinonaktifkan sehingga terjadi antrian email yang tidak bisa ditampung aplikasi Gmail yang terinstall di Hp.

Kenapa email tidak ada pesan masuk?

Saat email tidak bisa masuk ke inbox Gmail, periksa koneksi Internet, berapa sisa kapasitas Gmail dan kapasitas penyimpanan Hp dan update aplikasi Gmail ke versi terbaru.

Kenapa akun Email tidak bisa masuk?

Periksa alamat akun Gmail dan password yang digunakan saat melakukan proses login.

Kenapa Email dalam antrian?

Penyebab Email dalam antrian karena ada masalah pada bagian singkronisasi Email antara server Gmail dan perangkat yang digunakan oleh pengguna.

Kenapa Email bisa masuk Spam?

Ada beberapa penyebab kenapa Email bisa masuk Spam diantaranya IP sipengirim diblacklist, masuk filter atau kemungkinan adalah Email Kantor baru.

Konklusi

Setelah mengatasi penyebab Email tidak masuk ke Gmail dengan mengosongkan ruang penyimpanan Android dan iPhone, fitur Sync otomatis aktif kembali.

Jika ingin berlangganan ruang penyimpanan Gmail dan Google Drive di Google One, tersedia beberapa metode pembayaran seperti Kartu Kredit, Kartu Debit, GoPay dan kode Voucher.

Agar hemat, periksa secara berkala promo cashback metode pembayaran saat ingin membeli storage Gmail di Google One.

Semoga tips di atas bisa menjawab kenapa email tidak masuk ke Gmail di Hp kamu dan apa penyebabnya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

MENU

Kata Gaul Terbaru

Powered by Papa Jemma, Coffee & Maximum Effort.