Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus

Cara mengembalikan chat WA yang terhapus – Ada beberapa cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus dan hilang sebelum di backup ke Google Drive, iCloud di iPhone dan bahkan pesan WA yang hilang tanpa dicadangkan di Android.

Tutorial ini cocok untuk kamu yang sedang mencari bagaimana cara mengembalikan chat WhatsApp yg terhapus lama, hilang tanpa dicadangkan, mengembalikan pesan WA yang terhapus semua dan hilang karena ganti Hp.

Jika kamu ingin download APK WhatsApp Aero, APK FMWhatsApp 2020 terbaru dan cara mengatasi WhatsApp Web yang tidak bisa dibuka, kunjungi www.kingsmpls.com, situs informasi dan tutorial terlengkap dari dunia teknologi.

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp

Cara mengembalikan chat WhatsApp yg terhapus semua tentu saja berbeda dengan cara mengembalikan chat WhatsApp yg sdh terhapus dan riwayat chat tiba-tiba hilang dari Hp Android atau iPhone.

Bagaimana cara mengembalikan chat WA yang hilang di Hp baru juga pastinya berbeda dengan cara mengembalikan pesan WhatsApp yg sudah dihapus semua atau hilang karena pemulihan.

Karena itu pada tutorial ini akan dijelaskan cara mengembalikan pesan WhatsApp yang terhapus lama tanpa backup, chat WA yang sudah di delete for everyone, pesan WA yang terhapus semua, dan chat WA yang hilang karena error.

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus di Android

cara menghapus chat whatsapp yang terhapus di android dengan aplikasi Google Drive tanpa backup sebelum dicadangkan yang tiba-tiba hilang di hp baru error

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum mengikuti cara mengembalikan chat WhatsApp yang hilang di Hp Xiaomi, Oppo, Samsung atau cara mengembalikan riwayat pesan WA di Android.

Koneksi Internet yang stabil dan isi baterai Hp penuh sangat disarankan saat ingin mengembalikan chat WA yang terhapus untuk menghindari Hp error atau gagal saat mengembalikan riwayat chat WhatsApp.

Selain itu tentunya segala resiko kerusakan karena mengikuti tutorial cara mengembalikan WhatsApp yang terhapus di luar tanggung jawab Indowonders.com, jadi pertimbangkan dengan pasti sebelum mengikutinya.

Tutorial cara mengembalikan chat WhatsApp mungkin berbeda dengan mengembalikan chat WhatsApp Aero atau FMWhatsApp, untuk itu kunjungi situs www.kingsmpls.com untuk mendapatkan informasi mengenai WhatsApp yang lebih lengkap dan akurat.

Cara Mengembalikan Chat WA yang diarsipkan di Android

Sebelum mengembalikan chat WA yang diarsipkan di Android, perlu diketahui bahwa mengarsipkan chat WhatsApp tidak sama dengan menghapus riwayat chat WA atau mencadangkannya ke Google Drive di Hp Android.

Untuk mengembalikan pesan WhatsApp yang diarsipkan di Android:

  • Scroll bagian atas chat WhatsApp ke bawah,
  • kemudian tekan menu Arsip Chat,
  • setelah itu pilih salah satu riwayat chat WA, dan
  • kirimkan pesan baru apa saja bisa text, foto atau video.

Jika mengirimkan pesan WhatsApp baru ke chat WA yang diarsipkan, maka chat WhatsApp akan kembali ke tampilan aplikasi utama WhatsApp.

Selain itu, jika chat WhatsApp yang diarsipkan mengirimkan pesan baru, secara otomatis juga pesan WA tersebut kembali ke tampilan utama WhatsApp.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Sebelum di Backup di Android

Saat ini sudah ada cara untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus sebelum di backup di Android ke Google Drive untuk riwayat chat yang telalh dibersihkan tanpa dicadangkan di Hp dengan fitur Cadangan Lokal.

Otomatis setiap jam 2 subuh, chat WA dicadangkan ke penyimpanan internal atau SD Card untuk riwayat chat WhatsApp 7 hari terakhir di Hp Android.

Hal ini bisa jadi cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus lama dan hilang satu minggu terakhir yang belum di backup dengan aplikasi Google Drive.

Backup lokal riwayat pesan WhatsApp tersebut disimpan di folder /sdcard/WhatsApp/ yang terletak di penyimpanan internal atau di SD Card.

Fitur cadangan lokal bisa jadi solusi untuk kamu yang mencari cara mengembalikan chat WhatsApp di Hp baru dengan memindahkan riwayat chat dari Hp Android lama.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Lama di Android

Selain langkah di atas, sekarang sudah ada cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus lama di Android dan yang telah dibersihkan dengan aplikasi yang hilang tanpa backup Email.

Jika ingin mengembalikan chat WA yang terhapus sudah lama dan hilang aplikasi File Manager atau aplikasi manajer file bawaan Hp Android, ikuti langkah berikut ini:

  • Install aplikasi File Manager,
  • Buka folder sdcard/WhatsApp/Databases,
  • Ubah nama file backup:
    • msgstore-TTTT-BB-HH.1.db.crypt12, menjadi
    • msgstore.db.crypt12
  • Jika format filenya adalah .crypt9 atau .crypt10, ubah namanya saja.
  • Misalnya nama file backup:
    • msgstore-TTTT-BB-HH.1.db.crypt9, ubah menjadi
    • msgstore.db.crypt9
  • Kemudian Uninstall aplikasi WhatsApp,
  • Install kembali dan buka aplikasi WhatsApp,
  • Tekan menu PULIHKAN riwayat chat WhatsApp jika muncul di layar Hp Android.

Cara di atas adalah cara mengembalikan chat yang terhapus sudah lama dengan aplikasi File Manager yang hilang tanpa dicadangkan ke Google Drive sebelumnya.

Selanjutnya akan dibahas juga bagaimana cara mengembalikan chat WhatsApp yang hilang tanpa backup lokal tapi diambil dari Google Drive yang sudah dicadangkan dari Hp Android.

Cara Mengembalikan Chat WA dari Google Drive ke Android

Sebelum mengikuti cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus dengan aplikasi Google Drive yang terhapus permanen dari cadangan lokal, perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Riwayat chat WhatsApp hanya bisa dikembalikan ke Hp dengan nomor yang sama,
  • Mengembalikan chat WA dengan backup Google Drive memerlukan koneksi Internet,
  • Karena riwayat chat WhatsApp kapasitasnya besar, maka:
    • gunakan koneksi Internet yang stabil, dan
    • siapkan ruang penyimpanan Hp yang cukup.
  • Pastikan isi baterai sampai penuh karena proses cara mengembalikan chat WhatsApp memerlukan waktu yang lama.
  • Jangan menonaktifkan Hp hingga proses mengembalikan riwayat chat WhatsApp selesai untuk menghindari Hp Android error.

Jika kamu sudah mempersiapkan hal-hal diatas, maka ikuti cara mengembalikan pesan WhatsApp yang sudah terhapus dari Google Drive berikut ini:

  • Uninstall aplikasi WhatsApp dari Hp Android,
  • Kemudian Install WhatsApp dari Google Play,
  • Buka WhatsApp dan ikuti proses verifikasi nomor Hp,
  • Pilih menu PULIHKAN untuk mengembalikan riwayat chat WhatsApp dari Google Drive,
  • Tekan menu LANJUT dan otomatis diarahkan ke halaman utama chat WhatsApp.

Sekarang kamu sudah bisa kembali berkirim pesan WhatsApp karena cara mengembalikan chat WhatsApp yang sudah dibersihkan permanen dari Google Drive sudah selesai.

Tidak perlu panik jika yang muncul hanya daftar chat dan isi pesan WA saja karena WhatsApp membutuhkan waktu untuk mengunduh file media (foto, video) dari Google Drive ke Hp Android.

Cara Mengembalikan Chat WA dari Android ke iPhone

Saat ini belum tersedia langkah efektif cara mengembalikan chat WA dari Android ke iPhone karena memang gadget tersebut menggunakan dua OS yang berbeda.

Hal tersebut menyebabkan file cadangan lokal dari Android dan protokol ekripsi Google Drive tidak bisa dibaca di perangkat iOS (iPhone & iPad).

Saat ini sudah beredar banyak tutorial cara mengembalikan chat WhatsApp dari Android ke iPhone, namun membutuhkan testing lebih lanjut karena menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Untuk mencari informasi lain selain bagaimana cara mengembalikan chat WhatsApp di Hp baru yang hilang tanpa backup karena ganti Hp, kunjungi www.kingsmpls.com, situs informasi dan tutorial terlengkap dari dunia teknologi.

Selanjutnya akan dijelaskan juga cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus di iPhone yang telah dibersihkan, yang tiba-tiba hilang tanpa backup dan error karena ganti Hp baru.

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus di iPhone

cara menghapus chat whatsapp yang terhapus di android dengan aplikasi Google Drive tanpa backup sebelum dicadangkan yang tiba-tiba hilang di hp baru error

Tidak hanya Android, cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus di iPhone yang telah dibersihkan dan yang tiba-tiba hilang karena error atau ganti Hp juga jadi solusi untuk pengguna perangkat iOS.

Cara mengembalikan riwayat chat WA yang telah hilang karena telah dibersihkan ataupun yang terhapus dan tiba-tiba hilang tanpa backup bisa memusingkan apalagi isinya chat penting di iPhone.

Cara Mengembalikan Chat WA yang diarsipkan di iPhone

Sebelum mengikuti cara mengembalikan chat WA yang diarsipkan di iPhone, ketahui bahwa mengarsipkan chat WhatsApp tidak sama dengan menghapus riwayat chat WA atau backup ke iCloud di iPhone.

Untuk mengembalikan pesan WhatsApp yang diarsipkan di iPhone:

  • Scroll layar pada bagian atas chat WhatsApp ke bawah,
  • kemudian tekan menu Arsip Chat,
  • Pilih salah riwayat chat WA yg akan dikembalikan, dan
  • kirim pesan baru (text, foto atau video).

Saat mengirimkan pesan WhatsApp baru ke chat WA yang diarsipkan, maka chat WhatsApp akan kembali ke tampilan aplikasi utama WhatsApp di iPhone.

Selain itu, jika chat WhatsApp yang diarsipkan di iPhone mengirimkan pesan baru, otomatis pesan WA tersebut kembali ke tampilan utama WhatsApp di perangkat iOS.

Cara Mengembalikan Chat WA dari iCloud ke iPhone

Untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus permanen dan yang telah dibersihkan mungkin karena error dari tampilan layar iPhone bisa dikembalikan dengan mengambil backup riwayat pesan WA dari aplikasi iCloud.

Sebelum mengikuti cara mengembalikan riwayat chat WA dari iCloud ke iPhone, perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan chat WhatsApp iPhone sebelumnya sudah di backup ke iCloud,
  • Mengembalikan chat WA hanya bisa dari iCloud ke nomor Hp yang sudah disingkronkan sebelumnya,
  • Ruang penyimpanan iPhone harus kosong setidaknya 2 – 3 kali dari kapasitas backup riwayat chat WhatsApp di iCloud,
  • Pastikan juga kapasitas baterai sedang penuh karena mengembalikan chat WA dari iCloud ke iPhone membutuhkan waktu yang tidak singkat,
  • Mengembalikan backup chat WA dari iCloud ke iPhone membutuhkan koneksi Internet yang besar dan stabil, dan
  • Tidak disarankan untuk menonaktifkan iPhone selama proses mengembalikan riwayat chat WhatsApp.

Mempersiapkan hal di atas sebelum mengikuti cara mengembalikan chat WA yang terhapus di iPhone sangat disarankan untuk menghindari error di perangkat iOS.

Setelah memastikan hal di atas, ikuti cara mengembalikan pesan WhatsApp seperti berikut ini:

  • Uninstall aplikasi WhatsApp dari iPhone,
  • Install WhatsApp versi terbaru dari App Store,
  • Buka aplikasi WhatsApp,
  • Tekan menu Agree & Continue,
  • Verifikasi nomor Hp,
  • Pilih menu Restore,
  • Isi kembali nama dan foto profil WhatsApp, dan
  • Otomatis layar iPhone menampilkan riwayat chat WhatsApp yang sudah dikembalikan.

Jika sudah melakukan langkah-langkah dalam tutorial cara mengembalikan chat WA yang terhapus di iPhone di atas, ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan.

Untuk mengembalikan file Media (foto & video) membutuhkan waktu untuk diunduh dari iCloud ke tampilan aplikasi chat WhatsApp, jadi jangan khawatir atau panik jika belum melihat file foto dan video di pesan WhatsApp.

Cara Mengembalikan Chat WA dari iPhone ke Android

Untuk kamu pengguna iPhone yang saat ini ingin bermigrasi menggunakan Hp baru Android, sayangnya belum tersedia cara efektif untuk mengembalikan chat WhatsApp dari iPhone ke Android.

Hal tersebut karena protokol enkripsi iCloud Drive tidak bisa dibaca oleh perangkat Android sehingga belum memungkinan untuk mengembalikan riwayat chat WhatsApp dari iOS ke Android.

Cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus menggunakan aplikasi iCloud hingga saat ini belum support di perangkat Android meskipun karena ganti Hp.

Jika yang kamu cari adalah cara mengatasi WhatsApp Web yang tidak bisa dibuka, kunjungi www.kingsmpls.com, situs informasi teknologi dan kamu akan menemukan banyak sekali tutorial WhatsApp yang sangat bermanfaat.

Setelah mengetahui bagaimana cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus lama di Android dan iPhone, kemudian selanjutnya akan dibahas bagaimana cara backup chat WhatsApp ke Email iCloud dan Google Drive.

Cara Backup Chat WhatsApp

Untuk kamu yang sedang mencari solusi cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus dan hilang tanpa backup, sebaiknya pelajari juga bagaimana cara backup chat WhatsApp di Android dan iPhone.

Dengan mengetahui cara backup chat WA ke Google Drive di Android dan iCloud di iPhone, maka kamu jadi lebih tenang karena mengetahui riwayat chat WhatsApp ada cadangannya di Email.

Mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus tanpa backup memang cukup memusingkan, sehingga jika kamu luangkan waktu sedikit untuk mengetahui cara backup pesan WA, kamu terbebas dari masalah seperti chat WA yang terhapus tiba-tiba atau hilang karena error.

Cara Backup Chat WhatsApp di Android

cara backup chat whatsapp di android

Saat ini ada beberapa cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus yaitu dengan menggunakan backup dari penyimpanan internal dan dari Google Drive.

Pertama kita akan membahas bagaimana cara backup riwayat pesan WhatsApp ke penyimpanan internal di Android agar kemudian hari bisa digunakan sebagai backup chat WA.

Cara Backup Chat WhatsApp di Android ke Penyimpanan Internal

Cara backup chat WhatsApp ke penyimpanan internal di perangkan Hp Android cukup mudah karena WhatsApp melakukannya otomatis secara berkala.

Hanya saja perlu diperhatikan agar selalu memeriksa kapasitas penyimpanan internal atau external tempat chat WhatsApp dicadangkan di folder /sdcard/WhatsApp/.

Untuk cadangan lokal yang di backup otomatis oleh WhatsApp dapat dilihat filenya di folder sdcard/WhatsApp/Databases, untuk data riwayat chat WA 7 hari terakhir dicadangkan pada folder tersebut.

Cara Backup Chat WhatsApp di Android ke Google Drive

Untuk lebih memastikan data pesan WA aman, pelajari juga bagaimana cara backup chat WhatsApp ke Google Drive di Hp Android.

Sebelum mengikuti tutorial cara backup riwayat chat WhatsApp, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan email Gmail sudah login diperangkat Android,
  • Data backup yang disimpan nantinya dapat dikembalikan untuk Hp yang saat ini disingkronkan,
  • Proses Backup chat WhatsApp ke Google Drive memerlukan koneksi Internet,
  • Selama proses pastikan koneksi Internet stabil dan dilarang untuk menonaktifkan perangkat Android,
  • Pastikan juga kapasitas baterai dalam kondisi penuh

Setelah memastikan hal di atas, maka ikuti cara backup chat WA ke Google Drive di perangkat Android berikut ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp,
  • Pilih menu icon titik tiga,
  • Tekan menu Settings,
  • Pilih menu Chats,
  • Tekan lagi menu Chat backups,
  • Pilih menu Google Account untuk memilih akun Gmail yang digunakan sebagai tempat backup,
  • Pilih menu Back up to Google Drive untuk memilih waktu backup chat WhatsApp otomatis,
  • Tekan tombol BACK UP jika ingin melakukan proses riwayat chat WA dicadangkan secara manual sekarang juga.

Memilih menu Google Account pada proses backup chat WA sangat disarankan apalagi jika pada Hp Android terdaftar lebih dari 1 akun Gmail dan Google Drive.

Hal tersebut dapat mengantisipasi jika ingin mengembalikan chat WA yang terhapus di kemudian hari agar diketahui ke email Gmail mana lokasi backup chat WhatsApp disimpan.

Cara Melihat Cadangan WhatsApp di Google Drive

Untuk pengguna Android yang ingin memeriksa apakah data backup WhatsApp berhasil disimpan ke Google Drive, ikuti cara melihat cadangan WhatsApp di Google Drive berikut ini:

  • Buka aplikasi Google Drive,
  • Pilih menu Backups.

Maka pada folder Backups tersebut disimpan segala macam file backup dari Hp Android termasuk juga backup chat WhatsApp yang sebelumnya sudah dicadangkan.

Cara backup chat WhatsApp dari Android ke iPhone

Tidak jarang pengguna WhatsApp bertanya bagaimana cara backup chat WhatsApp dari Android ke iPhone, namun fitur tersebut belum pasti ada karena beberapa hal.

Sistem Operasi (OS) Android dan iPhone (iOS) berbeda sehingga banyak fitur yang tidak singkron ketika dipasangkan atau perpindahan data termasuk perpindahan data backup chat WhatsApp.

Untuk memindahkan backup chat WhatsApp dari Android ke Hp baru Android lainnya diperlukan Google Drive atau menggunakan Cadangan Lokal namun protokol enkripsi Google Drive tidak bisa dipasangkan di perangkat iPhone.

Cara Backup Chat WhatsApp di iPhone

cara backup chat whatsapp di iphone

Setelah mengetahui bagaimana cara backup Google Drive dan mengembalikan chat WA yang terhapus di Android, kemudian akan dibahas cara backup chat WhatsApp di iPhone.

Cara Backup Chat WhatsApp di iPhone ke iCloud

Langkah paling efektif untuk mencadangkan riwayat chat WhatsApp di iPhone adalah dengan backup pesan WA ke iCloud Drive.

Tentu saja sebelum melakukan proses backup chat WhatsApp di iPhone ke iCloud, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti:

  • Proses backup chat WhatsApp di iCloud membutuhkan koneksi Internet,
  • Besarnya kapasitas backup pesan WA membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk dicadangkan,
  • Pastikan kapasitas baterai iPhone penuh untuk menghindari error saat proses backup riwayat chat WA,
  • Menonaktifkan iPhone saat proses backup chat WA ke iCloud sangat ditak disarankan,
  • Backup chat WhatsApp di iCloud nantinya hanya bisa digunakan untuk nomor yang saat ini disingkronkan.

Setelah memastikan beberapa hal di atas, berikutnya ikuti cara backup chat WhatsApp di iPhone ke iCloud berikut ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp di iPhone,
  • Pilih menu Pengaturan,
  • Tekan menu Chats,
  • Pilih menu Chat Backup,
  • Pilih menu Auto Backup untuk memilih kapan saja dilakukan backup chat WA otomatis,
  • Tekan slide menu Include Video jika ingin mencadangkan riwayat chat WhatsApp lengkap dengan file video yang ada di pesan chat WA,
  • Kemudian pilih menu Back Up Now untuk memulai proses backup riwayat pesan WhatsApp di iPhone ke iCloud secara manual.

Menurut keterangan dari pihak WhatsApp, segala bentuk backup riwayat chat WA yang disimpan ke iCloud tidak diproteksi oleh pihaknya karena tidak disimpan di server WhatsApp.

Jadi perlu diperhatikan sekali saat backup chat WhatsApp di iPhone untuk menjaga kerahasiaan iCloud dan mengingkat ID dan password iCloud jika ingin mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus nantinya di iPhone.

Cara backup chat WhatsApp di iPhone ke Google Drive

Tidak sedikit juga pengguna yang ingin mengetahui bagaimana cara backup chat WhatsApp di iPhone ke Google Drive, namun sayangnya protokol enkripsi Google Drive tidak bisa singkron seperti iPhone singkron dengan iCloud.

Sehingga tidak memungkinkan setidaknya untuk saat ini backup chat WhatsApp dipindahkan dari iPhone ke Google Drive sehingga belum ada cara backup chat WA dari iPhone ke Android.

Hal ini disebabkan riwayat pesan WA di iPhone hanya bisa dicadangkan ke iCloud dan belum support untuk aplikasi Google Drive.

Jika mengalami kendala lain terkait aplikasi chat WhatsApp, temukan solusinya di www.kingsmpls.com, situs informasi teknologi terkini yang berisi tutorial dan solusi WhatsApp lengkap dan terbaru.

Frequently Asked Question

  1. Bagaimana cara mengembalikan pesan yang sudah dihapus di WA?

    Untuk mengembalikan pesan yang sudah dihapus di WA, bisa dengan menggunakan Cadangan Lokal dan backup Google Drive di Android dan menggunakan backup iCloud di iPhone.

  2. Apakah chat di WhatsApp yg sudah dihapus bisa dilihat kembali?

    Bisa, chat WhatsApp yang sudah terhapus bisa dilihat kembali dengan melakukan restore backup dari Google Drive untuk perangkat Android dan dari iCloud untuk perangkat iOS.

  3. Kenapa pesan WA kehapus sendiri?

    Penjelasan dari kenapa pesan WhatsApp terhapus sendiri adalah karena sipengirim menghapus balasan chat WA dengan fitur Delete for Everyone sehingga pesan yang dikirim tidak hanya terhapus di Hp sipengirim tetapi juga kehapus sendiri di Hp sipenerima pesan WHatsApp.

  4. Apa fungsi export chat di WA?

    Fungsi dari Export chat di WhatsApp adalah mengarsipkan riwayat pesan WA dari nomor Hp tertentu dan bisa dibaca kembali dalam format text.

  5. Apa fungsi cadangkan chat di WhatsApp?

    Fungsi dari backup chat di WhatsApp adalah untuk memastikan jika Hp error atau chat WhatsApp yang tiba-tiba hilang bisa diatasi karena ada data cadangan.

  6. Bagaimana cara melihat cadangan WhatsApp di Google Drive?

    Untuk melihat cadangan WhatsApp di Google Drive, buka aplikasi Google Drive dan pilih menu Backups. File cadangan Hp disimpan pada folder Backups termasuk backup riwayat chat WhatsApp.

  7. Bagaimana cara cadangkan chat WhatsApp?

    Buka menu Settings di aplikasi WhatsApp, pilih menu Chats, kemudian pilih menu Chat backups dan tekan tombol BACK UP untuk memulai proses pencadangan chat WA.

  8. Apa itu backup chat WhatsApp?

    Backup chat WhatsApp adalah file yang berisi data percakapan text, foto dan video yang disimpan sebagai cadangan dan bisa digunakan kembali ketika ingin mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus di Android dan iPhone.

  9. Kenapa tidak bisa mencadangkan WA di iPhone?

    Jika tidak bisa mencadangkan WA di iPhone, perhatikan apakah ID Apple sudah login di iPhone, kemudian pastikan iCloud sudah aktif dan pastikan juga kapasitas iCloud masih cukup untuk menyimpan data backup chat WhatsApp.

Avatar
Jii Libranto
Web Designer & Konsultan SEO