Tips & TrikCara Membuat Stiker WhatsApp Sendiri

Cara Membuat Stiker WhatsApp Sendiri

Kamus Gaul

Sebagai aplikasi percakapan yang banyak digunakan, WhatsApp terus melakukan perubahan. Salah satunya dengan stiker. Serunya lagi nih, kamu bisa membuat stiker sendiri! Cara buat stiker WhatsApp juga sangat mudah.

Menggunakan stiker dalam percakapan pastinya lebih menyenangkan. Terlebih lagi kamu bisa menggunakan gambar-gambar lucu, bahkan juga foto sendiri sebagai stiker. Pastinya sih membuat obrolan semakin berwarna.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Stiker WhatsApp

kelebihan dan kekuatangan menggunakan stiker wa cara buat stiker whatsapp

WhatsApp dikenal sebagai salah satu kanal untuk percakapan resmi. Rupanya ini yang berniat diubah dengan dihadirkannya stiker.

Awalnya WhatsApp memang hanya menggunakan emoji saja. Sesuai konsep awal dari aplikasi percakapan ini yang sederhana, minimalis, dan mudah digunakan. Sayangnya konsep ini memang menjadikan WhatsApp terkesan kaku dan resmi.

Namun dengan semakin berkembangnya penggunaan kanal obrolan ini, WhatsApp tentunya semakin berimprovisasi. Pengguna WhatsApp yang berasal dari banyak kalangan semakin mendukung perkembangan ini.

Ada beberapa keunggulan tersendiri ketika kamu menggunakan stiker WhatsApp. Setidaknya bila dibandingkan dengan kanal percakapan lain yang juga memiliki fitur stiker. Berikut ini diantaranya.

Keunggulan Sticker WhatsApp

Bisa Didapatkan Gratis

Keunggulan satu ini memang yang membedakan antara stiker WhatsApp dengan aplikasi lain. Di aplikasi percakapan lain, untuk mendapatkan stiker kamu harus membayar. Entah itu dengan koin atau lainnya. 

Sedangkan di WhatsApp, stiker bisa didapat dengan gratis! Tentu saja ini merupakan keuntungan tersendiri. Kamu tidak perlu keluar uang sepeserpun untuk mendapatkan atau menggunakan stiker di WhatsApp.

Bervariasi

Stiker yang disediakan oleh platform obrolan lain bisa saja bervariasi. Namun tetap akan terbatas karena stiker disediakan secara langsung oleh aplikasi.

Di WhatsApp, stiker akan lebih bervariasi. Kamu bisa menggunakan gambar, gif, sampai animasi lain untuk menjadi stiker. Nyaris tidak ada batasan untuk apa yang akan kamu gunakan sebagai stiker di WhatsApp.

Mudah Berbagi Stiker

Kamu suka stiker yang dimiliki oleh teman? Tidak perlu cara khusus atau sulit untuk mendapatkan stiker ini.

WhatsApp memang sangat memudahkan berkaitan dengan penggunaan stiker. Termasuk bila kamu menyukai stiker yang dimiliki oleh teman atau berniat untuk membagikan stiker yang kamu gunakan.

Cara menyalin stiker WhatsApp yang dimiliki oleh teman lain cukup dengan menandai bintang. Begitu juga dengan membagikan stiker kepada teman. Cukup dengan cara mengirimkan stiker tersebut saja.

Selanjutnya stiker tersebut sudah akan bisa kamu gunakan. Mudah sekali bukan?

Bisa Membuat Stiker Sendiri

Ini nih yang menurut saya keunggulan utama dari stiker Whatsapp. Kamu bisa membuat stiker sendiri!

Cara buat stiker WhatsApp dari foto sendiri atau gambar lain juga akan sangat mudah. Nanti di bawah artikel ini, akan saya berikan cara lengkap agar kamu bisa membuat stiker WhatsApp sendiri ya.

Kekurangan Stiker WhatsApp

Ada kelebihan, pastinya ada kekurangan. Di bawah ini merupakan beberapa kekurangan untuk menggunakan stiker WhatsApp.

Harus Menggunakan Aplikasi Terpisah

Salah satu cara buat stiker WhatsApp gambar sendiri harus menggunakan aplikasi terpisah. Aplikasi pihak ketiga ini nantinya kamu unggah di ponsel agar bisa membuat stiker di WhatsApp.

Bagi beberapa orang, menggunakan aplikasi pihak ketiga ini tentu merepotkan. Pasalnya WhatsApp memang belum menyediakan fitur untuk secara langsung membuat stiker di aplikasi.

Stiker Tidak Eksklusif

Stiker WhatsApp bisa dibuat sendiri dan juga pastinya gratis. Meskipun ini menjadi salah satu keunggulan, masih banyak yang berpendapat ini menjadikan stiker WhatsApp tidak eksklusif.

Bagi kamu yang menyukai stiker lucu dan didapatkan secara resmi dengan karakter menarik, stiker WhatsApp memang akan berkesan kurang menarik.

Kualitas

Stiker WhatsApp dibuat sendiri. Memang ada beberapa stiker yang bisa diunduh, namun memang kualitasnya akan berbeda dengan di platform lain.

Cara Buat Stiker WhatsApp

cara buat stiker Whatsapp sendiri

Setelah mengetahui kekurangan dan kelebihannya di atas, di bawah ini merupakan cara buat stiker WhatsApp keren dengan foto-foto sendiri. Berikut ini langkah demi langkahnya.

Siapkan Foto yang Akan Digunakan

Langkah pertama, siapkan lebih dulu foto yang akan digunakan. Kamu bisa menggunakan berbagai foto yang diinginkan. Bahkan juga bisa menggunakan foto kamu sendiri.

Saran dari saya, pilih foto berkualitas atau yang memang ingin sering kamu gunakan dalam percakapan. Perhatikan juga untuk tidak menggunakan foto dengan copyright.

Hilangkan Latar Foto

Stiker WhatsApp akan terlihat lebih menarik tanpa latar belakang. Tentu saja kamu juga bisa tetap menggunakan latar belakang yang diinginkan pada foto.

Tambahkan Teks

Teks juga akan menjadi bagian seru dan keren dari stiker WhatsApp. Jadi tidak ada salahnya bila kamu mengedit foto dengan menambahkan berbagai teks untuk digunakan sebagai stiker.

Unduh Aplikasi WhatsApp Maker

Ada berbagai aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan untuk mengunggah stiker WhatsApp. Salah satu cara buat stiker WhatsApp iphone ialah menggunakan aplikasi WhatsApp Maker.

Aplikasi ini bisa didapatkan di Apple Store. Selain itu untuk pengguna Android bisa menggunakan aplikasi Personal Sticker for WhatsApp atau lainnya.

Cara Membuat Stiker di WhatsApp Maker

Nah, langkah berikutnya tidak kalah mudah. Kamu tinggal membuat stiker WhatsApp melalui aplikasi yang sudah diunduh.

Berikut ini saya berikan langkah-langkah cara buat stiker WhatsApp foto sendiri di iPhone menggunakan aplikasi WhatsApp Maker.

1. Buka Aplikasi WhatsApp Maker lalu ketuk tanda + yang ada di bagian tengah bawah

01 cara buat stiker whatsapp di android dan iphone online dari gambar foto wajah sendiri tanpa aplikasi WhatsApp maker

2. Kemudian ketuk menu ‘Create Sticker Pack’

02 cara buat stiker whatsapp di android dan iphone online dari gambar foto wajah sendiri tanpa aplikasi WhatsApp maker

3. Masukan nama stiker yang akan dibuat, kemudian nama pembuat di bagian ‘Pack Name’ dan ‘Author’. 

Kamu juga bisa menambahkan tag untuk memudahkan pengguna lain menemukan stiker yang kamu gunakan

03 cara buat stiker whatsapp di android dan iphone online dari gambar foto wajah sendiri tanpa aplikasi WhatsApp maker

4. Unggah foto yang sudah kamu siapkan. Di aplikasi WhatsApp Maker juga ada fitur untuk menghapus gambar latar sampai menambahkan teks. Sehingga semakin mudah untuk kamu mengatur gambar yang akan digunakan sebagai stiker

5. Setelah gambar stiker siap dan disimpan, kamu tinggal membagikan dengan mengetuk simbol WhatsApp di bagian bawah

04 cara buat stiker whatsapp di android dan iphone online dari gambar foto wajah sendiri tanpa aplikasi WhatsApp maker

6. Selanjutnya, buka percakapan di WhatsApp dan stiker kamu siap digunakan!

05 cara buat stiker whatsapp di android dan iphone online dari gambar foto wajah sendiri tanpa aplikasi WhatsApp maker

Menggunakan stiker memang menjadikan percakapan semakin berwarna. Terutama bisa kamu menggunakan stiker kreatif buatan sendiri. Ekspresi yang ingin ditunjukan pada percakapan juga bisa diperlihatkan melalui stiker.

Cara buat stiker WhatsApp sendiri Android juga tidak jauh berbeda dengan langkah yang saya berikan di atas. Semakin mencoba dan berkreasi untuk membuat stiker-stiker seru untuk percakapan kamu!

Semoga informasi cara buat stiker WhatsApp ini bisa bermanfaat dan jangan lupa kunjungi Indowonders.com untuk mendapatkan informasi seru lainnya.

TERBARU