Tips & TrikCara Backup Chat WhatsApp di Android & iPhone

Cara Backup Chat WhatsApp di Android & iPhone

Kamus Gaul

Untuk kamu yang sedang mencari solusi cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus dan hilang tanpa backup, sebaiknya pelajari juga bagaimana cara backup chat WhatsApp di Android dan iPhone.

Dengan mengetahui cara backup chat WA ke Google Drive di Android dan iCloud di iPhone, maka kamu jadi lebih tenang karena mengetahui riwayat chat WhatsApp ada cadangannya di Email.

Baca juga:
Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus

Mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus tanpa backup memang cukup memusingkan, sehingga jika kamu luangkan waktu sedikit untuk mengetahui cara backup pesan WA, kamu terbebas dari masalah seperti chat WA yang terhapus tiba-tiba atau hilang karena error.

Cara Backup Chat WA di Android

cara backup chat whatsapp di android

Saat ini ada beberapa cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus yaitu dengan menggunakan backup dari penyimpanan internal dan dari Google Drive.

Pertama kita akan membahas bagaimana cara backup riwayat pesan WhatsApp ke penyimpanan internal di Android agar kemudian hari bisa digunakan sebagai backup chat WA.

Cara Backup Chat WA di Android ke Penyimpanan Internal

Cara backup chat WA ke penyimpanan internal di perangkan Hp Android cukup mudah karena WhatsApp melakukannya otomatis secara berkala.

Hanya saja perlu diperhatikan agar selalu memeriksa kapasitas penyimpanan internal atau external tempat chat WhatsApp dicadangkan di folder /sdcard/WhatsApp/.

Untuk cadangan lokal yang di backup otomatis oleh WhatsApp dapat dilihat filenya di folder sdcard/WhatsApp/Databases, untuk data riwayat chat WA 7 hari terakhir dicadangkan pada folder tersebut.

Cara Backup Chat WA di Android ke Google Drive

Untuk lebih memastikan data pesan WA aman, pelajari juga bagaimana cara backup chat WhatsApp ke Google Drive di Hp Android.

Sebelum mengikuti tutorial cara backup riwayat chat WhatsApp, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan email Gmail sudah login diperangkat Android,
  • Data backup yang disimpan nantinya dapat dikembalikan untuk Hp yang saat ini disingkronkan,
  • Proses Backup chat WhatsApp ke Google Drive memerlukan koneksi Internet,
  • Selama proses pastikan koneksi Internet stabil dan dilarang untuk menonaktifkan perangkat Android,
  • Pastikan juga kapasitas baterai dalam kondisi penuh

BACA JUGA:
Penyebab dan Cara Mengatasi Pesan Email Baru tidak Terkirim ke Gmail

Setelah memastikan hal di atas, maka ikuti cara backup chat WA ke Google Drive di perangkat Android berikut ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp,
  • Pilih menu icon titik tiga,
  • Tekan menu Settings,
  • Pilih menu Chats,
  • Tekan lagi menu Chat backups,
  • Pilih menu Google Account untuk memilih akun Gmail yang digunakan sebagai tempat backup,
  • Pilih menu Back up to Google Drive untuk memilih waktu backup chat WhatsApp otomatis,
  • Tekan tombol BACK UP jika ingin melakukan proses riwayat chat WA dicadangkan secara manual sekarang juga.

Memilih menu Google Account pada proses backup chat WA sangat disarankan apalagi jika pada Hp Android terdaftar lebih dari 1 akun Gmail dan Google Drive.

Hal tersebut dapat mengantisipasi jika ingin mengembalikan chat WA yang terhapus di kemudian hari agar diketahui ke email Gmail mana lokasi backup chat WhatsApp disimpan.

Cara Melihat Cadangan WhatsApp di Google Drive

Untuk pengguna Android yang ingin memeriksa apakah data backup WhatsApp berhasil disimpan ke Google Drive, ikuti cara melihat cadangan WhatsApp di Google Drive berikut ini:

  • Buka aplikasi Google Drive,
  • Pilih menu Backups.

Maka pada folder Backups tersebut disimpan segala macam file backup dari Hp Android termasuk juga backup chat WhatsApp yang sebelumnya sudah dicadangkan.

Cara backup chat WA dari Android ke iPhone

Tidak jarang pengguna WhatsApp bertanya bagaimana cara backup chat WA dari Android ke iPhone, namun fitur tersebut belum pasti ada karena beberapa hal.

Sistem Operasi (OS) Android dan iPhone (iOS) berbeda sehingga banyak fitur yang tidak singkron ketika dipasangkan atau perpindahan data termasuk perpindahan data backup chat WhatsApp.

Untuk memindahkan backup chat WhatsApp dari Android ke Hp baru Android lainnya diperlukan Google Drive atau menggunakan Cadangan Lokal namun protokol enkripsi Google Drive tidak bisa dipasangkan di perangkat iPhone.

Cara Backup Chat WA di iPhone

cara backup chat whatsapp di iphone

Setelah mengetahui bagaimana cara backup Google Drive dan mengembalikan chat WA yang terhapus di Android, kemudian akan dibahas cara backup chat WhatsApp di iPhone.

Cara Backup Chat WA di iPhone ke iCloud

Langkah paling efektif untuk mencadangkan riwayat chat WhatsApp di iPhone adalah dengan backup pesan WA ke iCloud Drive.

Tentu saja sebelum melakukan proses backup chat WhatsApp di iPhone ke iCloud, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti:

  • Proses backup chat WhatsApp di iCloud membutuhkan koneksi Internet,
  • Besarnya kapasitas backup pesan WA membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk dicadangkan,
  • Pastikan kapasitas baterai iPhone penuh untuk menghindari error saat proses backup riwayat chat WA,
  • Menonaktifkan iPhone saat proses backup chat WA ke iCloud sangat ditak disarankan,
  • Backup chat WhatsApp di iCloud nantinya hanya bisa digunakan untuk nomor yang saat ini disingkronkan.

Setelah memastikan beberapa hal di atas, berikutnya ikuti cara backup chat WhatsApp di iPhone ke iCloud berikut ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp di iPhone,
  • Pilih menu Pengaturan,
  • Tekan menu Chats,
  • Pilih menu Chat Backup,
  • Pilih menu Auto Backup untuk memilih kapan saja dilakukan backup chat WA otomatis,
  • Tekan slide menu Include Video jika ingin mencadangkan riwayat chat WhatsApp lengkap dengan file video yang ada di pesan chat WA,
  • Kemudian pilih menu Back Up Now untuk memulai proses backup riwayat pesan WhatsApp di iPhone ke iCloud secara manual.

Menurut keterangan dari pihak WhatsApp, segala bentuk backup riwayat chat WA yang disimpan ke iCloud tidak diproteksi oleh pihaknya karena tidak disimpan di server WhatsApp.

Jadi perlu diperhatikan sekali saat backup chat WhatsApp di iPhone untuk menjaga kerahasiaan iCloud dan mengingkat ID dan password iCloud jika ingin mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus nantinya di iPhone.

Cara backup chat WA di iPhone ke Google Drive

Tidak sedikit juga pengguna yang ingin mengetahui bagaimana cara backup chat WhatsApp di iPhone ke Google Drive, namun sayangnya protokol enkripsi Google Drive tidak bisa singkron seperti iPhone singkron dengan iCloud.

Sehingga tidak memungkinkan setidaknya untuk saat ini backup chat WhatsApp dipindahkan dari iPhone ke Google Drive sehingga belum ada cara backup chat WA dari iPhone ke Android.

Hal ini disebabkan riwayat pesan WA di iPhone hanya bisa dicadangkan ke iCloud dan belum support untuk aplikasi Google Drive.

Untuk informasi terkait cara backup chat WA lebih lengkap, kunjungi website resmi WhatsApp.

Frequently Asked Question

Apa fungsi cadangkan chat di WhatsApp?

Fungsi dari backup chat di WhatsApp adalah untuk memastikan jika Hp error atau chat WhatsApp yang tiba-tiba hilang bisa diatasi karena ada data cadangan.

Bagaimana cara melihat cadangan WhatsApp di Google Drive?

Untuk melihat cadangan WhatsApp di Google Drive, buka aplikasi Google Drive dan pilih menu Backups. File cadangan Hp disimpan pada folder Backups termasuk backup riwayat chat WhatsApp.

Bagaimana cara cadangkan chat WhatsApp?

Buka menu Settings di aplikasi WhatsApp, pilih menu Chats, kemudian pilih menu Chat backups dan tekan tombol BACK UP untuk memulai proses pencadangan chat WA.

Apa itu backup chat WhatsApp?

Backup chat WhatsApp adalah file yang berisi data percakapan text, foto dan video yang disimpan sebagai cadangan dan bisa digunakan kembali ketika ingin mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus di Android dan iPhone.

Kenapa tidak bisa mencadangkan WA di iPhone?

Jika tidak bisa mencadangkan WA di iPhone, perhatikan apakah ID Apple sudah login di iPhone, kemudian pastikan iCloud sudah aktif dan pastikan juga kapasitas iCloud masih cukup untuk menyimpan data backup chat WhatsApp.

TERBARU