InspirasiPengertian Reservasi di KBBI, Wikipedia dan Menurut Para Ahli

Pengertian Reservasi di KBBI, Wikipedia dan Menurut Para Ahli

Reservasi adalah istilah populer di dunia perhotelan dan pariwisata seperti reservasi hotel, restoran, tiket pesawat dan kali ini saya akan menjelaskan apa arti reservasi menurut KBBI, Wikipedia, bahasa gaul dan pengertian reservasi menurut para ahli.

Pernah pesan tiket pesawat melalui telpon dan email? Atau juga datang langsung ke biro/agen perjalanan wisata untuk ikut tour wisata ke luar negeri? Maka artinya kamu pernah berada dalam proses reservasi tiket pesawat (penerbangan).

Tidak hanya itu, jika kamu pernah melakukan pemesanan kamar hotel, villa dan restoran, maka kamu juga pernah melakukan yang namanya reservasi hotel online, offline, perorangan dan juga grup.

Bagaimana pelayanan yang kamu terima saat melakukan reservasi tiket pesawat, hotel atau kereta api? Apakah ramah, baik dan responsif? Lalu, apa itu reservasi dan apa saja macam-macam dan jenis reservasi yang ada saat ini?

Nah, kali ini saya akan menjelaskan secara lengkap pengertian dari reservasi menurut KBBI, Wikipedia, dan para ahli meliputi macam-macam reservasi, jenis-jenis reservasi dan dasar-dasar reservasi yang dijumpai saat melakukan pemesanan kamar hotel, tiket pesawat, kereta api dan restoran.

Apa Arti Reservasi

apa arti reservasi menurut KBBI Wikipedia Kamus Bahasa Gaul Indonesia

Secara umum, reservasi adalah proses pemesanan layanan jasa yang dapat dilakukan oleh calon pelanggan tanpa harus bertatap muka dengan pemilik jasa dan jauh sebelum layanan tersebut digunakan.

Proses reservasi memudahkan calon pelanggan untuk menjadwalkan tanggal untuk menggunakan layanan jasa tersebut dan juga memudahkan pemilik jasa mengurutkan siapa saja yang akan menggunakan jasanya.

Reservasi menjadi salah satu fitur yang populer yang digunakan di dunia parisiwata, perhotelan, penerbangan dan layanan jasa lainnya untuk memudahkan interaksi antara calon pelanggan dan pemilik jasa.

Arti Reservasi Menurut KBBI

Menurut KBBI arti reservasi adalah pengaturan atau pemesanan tiket, meja, kamar hotel, dan sebagainya untuk seseorang pada waktu tertentu.

Contoh kata: jika ingin berlibur sebaiknya reservasi dari jauh-jauh hari.

Reservasi Menurut Tesaurus

Merujuk kepada Tesaurus, reservasi artinya terkait dengan kata pemintaan: aplikasi, desakan, doa, ekspektasi, lamaran, (peng)harapan, permohonan, pesan, petisi, pinangan, pinta, rayuan, rekes, reservasi, tempahan, dan tuntutan.

Selain itu juga arti reservasi juga berkaitan dengan kata pelayanan kamar, pemesanan, penjemputan, pengantaran, reservasi, okupansi, tingkat hunian; pembatalan, persiapan: pemesanan, penempahan, reservasi; dan pembelian (tiket).

Arti Reservasi Menurut Wikipedia

Berbeda dengan pengertian reservasi di KBBI, di Wikipedia arti reservasi berkaitan dengan hukum internasional dan reservasi adalah pernyataan sepihak yang mengubah atau meniadakan dampak hukum dari suatu ketentuan dalam sebuah traktat.

Bisa dikatakan arti reservasi menurut Wikipedia berkaitan dengan sebuah perjanjian antara satu negara dan negara lain di dalam koridor hukum internasional dan menghormati hukum yang diterapkan di negara lain.

Arti Reservasi Menurut Wikitionary

Menurut Wikitionary, reservasi adalah tindakan menyimpan, menahan atau menyimpan kembali yang terkait dengan pengaturan akomodasi atau transportasi yang dijamin di muka.

Pengertian Reservasi Menurut Para Ahli

pengertian reservasi menurut para ahli

Setelah mengetahui apa arti reservasi menurut KBBI dan Wikipedia, kemudian saya akan menjelaskan beberapa pengertian reservasi para ahli yang dikutip dari berbagai sumber.

Approval Agents Handbook

Menurut buku Approval Agents Handbook yang diterbitkan oleh IATA, reservasi artinya adalah penjatahan di muka baik itu tempat duduk untuk penumpang atau ruang kapasitas berat untuk barang bawaan.

Anggraini (2008:23)

Menurut Anggraini (2008:23) arti reservasi atau reservation berasal dari kata kerja to reserve yang berarti memesan dan menyediakan tempat. Dalam hal ini pengertian rervasi adalah suatu transaksi yang menyangkut tentang penyedian tempat, pelayanan khusus fasilitas-fasilitas lainnya untuk penumpang yang akan melakukan perjalanan dengan menggunakan jasa pesawat terbang.

Monaghan (2006)

Menurut Monaghan (2006), reservasi adalah sebuah proses klerikal atau klerikal atau elektronik dimana produk perjalanan seperti tiket pesawat, kamar hotel, kamar pada kapal pesiar tersedia untuk dipakai dan pada akhirnya dibeli oleh individu secara spesifik.

Mayasari (2011:20)

Menurut Mayasari (2011:20) Reservation secara umum dapat diartikan sebagai penyediaan tempat duduk, yang meliputi keseluruhan proses kegiatan yang berkatian dengan pendistribusian produk, pencatatan keseluruhan transaksi pemesanan tempat untuk pencapaian pendapatan yang optimal.

Sahulata dalam Anggraini (2008:23)

Menurut Sahulata dalam Anggraini (2008:23) Reservasi adalah penyediaan tempat atau pembukuan pada dinas-dinas penerbangan bagi calon penumpang beserta dengan permintaan akan fasilitas khusus.

Apa Itu Reservasi dalam Bahasa Gaul

Tidak hanya menurut KBBI, Wikipedia dan pengertian reservasi menurut para ahli, kata reservasi juga populer digunakan di dalam bahasa gaul anak muda jaman sekarang.

Istilah reservasi umumnya digunakan untuk melakukan pemesanan tempat di restoran, bar dan kafe sebelum tiba dilokasi.

Menurut bahasa gaul, reservasi artinya adalah perjanjian pemesanan layanan jasa antara anak muda jaman sekarang dengan pemilik layanan tersebut.

Jenis-Jenis Reservasi

jenis-jenis reservasi berdasarkan garansi dan layanannya

Sampai di sini kamu sudah mengetahui apa arti reservasi menurut KBBI, Wikipedia, Wikitionary, bahasa gaul dan pengertian reservasi menurut para ahli.

Setelah mengetahui apa itu reservasi, kemudian akan dijelaskan apa saja tipe reservasi yang umum kamu jumpai menurut jenis layanan dan manfaatnya.

Reservasi Berdasarkan Garansi

Untuk memastikan tidak ada kerugian dan dengan penanganan efektif, maka pemesanan layanan bisa dibagi menjadi dua jenis berdasarkan jaminannya yaitu reservasi bergaransi dan reservasi tidak bergaransi.

Reservasi Bergaransi

Arti reservasi bergaransi adalah pemesanan layanan yang disertai dengan jaminan untuk mendapatkan kepastian dan meminimalisir kerugian pada pihak pengelola akibat tindakan calon pelanggan yang membatalkan tanpa pemberitahuan.

Jaminan Reservasi Bergaransi

Pemesanan yang dapat dikategorikan sebagai reservasi bergaransi apabila calon pelanggan memberikan jaminan kepada pemilik atau pengelola layanan berupa:

  • Pre-payment: Jaminan berupa pembayaran sejumlah uang sesuai kesepakatan dengan biaya dalam rentang harga layanan tersebut.
  • Credit Card: Jaminan berupa nama lengkap calon pelanggan beserta nomor kartu kredit sehingga pengelola layanan dapat menarik dana sejumlah rupiah atau menghubungi penyedia layanan kartu kredit untuk memastikan identitas calon pelanggan.
  • Advance Deposit: Jaminan dalam bentuk pembayaran di muka sejumlah rupiah sesuai yang ditentukan oleh pengelola layanan dan disanggupi oleh calon pelanggan yang ingin menggunakan layanan dan fasilitasnya.
  • Kontrak Kesepakatan: Jaminan berupa dokumen kesepakatan kontrak antara pihak penyedia layanan dan calon pelanggan (umumnya korporat) dan biasanya isinya pelanggan harus membayar penuh meskipun tidak menggunakan layanan yang sudah dipesan.

Reservasi Tidak Bergaransi

Arti reservasi tidak bergaransi adalah jenis pemesanan layanan yang tidak disertai oleh jaminan apapun dari kedua belah pihak dan umumnya pengelola layanan memberikan aturan seperti batas tenggang waktu hingga calon pelanggan datang untuk menggunakan layanan tersebut.

Jika tidak mengikuti aturan yang ditetapkan oleh pengelola, maka pengelola akan memberikan layanan tersebut kepada orang lain. Batasan-batasan tersebut pastinya sudah diperhitungkan matang-matang oleh pemilik dan pengelola untuk menghindari kerugian di kemudian hari.

Reservasi Berdasarkan Layanan

Reservasi adalah salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan jadwal dan posisi terbaik dalam penerbangan pesawat, tour, penginapan hotel dan reservasi restoran.

Berdasarkan layanan dan kemudahan yang ditawarkan, maka ada jenis-jenis reservasi seperti reservasi tiket, penginapan, tempat makan, tour, dll.

Reservasi Tiket

Reservasi tiket adalah salah satu metode populer untuk melakukan pemesanan tiket pemesanan menggunakan alat transportasi seperti pesawat, kereta api, bus, kapal, dan taksi.

Berikut ini beberapa jenis reservasi tiket berdasarkan alat transportasi yang digunakan untuk melakukan perjalanan.

Reservasi Tiket Pesawat (Penerbangan)

Reservasi tiket pesawat adalah proses pemesanan berdasarkan titik keberangkatan, tujuan, nama maskapai, nomor tempat duduk, dan jadwal keberangkatan yang dilakukan oleh calon penumpang pada hari-hari sebelumnya.

Kecanggihan teknologi informasi saat ini memungkinkan calon penumpang untuk melakukan reservasi tiket pesawat untuk beberapa tujuan dan bahkan sudah ada informasi berapa lama perjalanan atau estimasi sampai ke tujuan.

Reservasi Tiket Kereta Api

Reservasi tiket kereta api artinya adalah proses persiapan calon penumpang merencanakan perjalanannya dari satu titik ke titik yang lain dengan melakukan pemesanan tiket jauh sebelum jadwal keberangkatan dengan melakukan pemilihan jadwal, nama kereta api, nomor tempat duduk dan informasi terkait lainnya.

Saat ini proses reservasi tiket kereta api semakin mudah karena banyak media reservasi pendukung yang dapat digunakan untuk melakukan pemesanan.

Reservasi Tiket Bus

Jumlah moda dan kapasitas tempat duduk yang terbatas membuat para calon penumpang sangat merasakan manfaat dari reservasi tiket bus.

Melakukan proser reservasi tiket bus dapat membuat calon penumpang tidak harus berdesakan di depan area loket untuk melakukan pemesanan tiket.

Reservasi Tiket Kapal Laut

Reservasi tiket kapal laut adalah proses persiapan calon penumpang dengan melakukan pemesanan tiket sesuai titik keberangkatan, tujuan, nama kapal, kelas, kamar dan jadwal keberangkatan.

Pemesanan tiket kapal laut membuat calon penumpang terhindar dari antrian di loket pelabuhan dan berdesakan karena kapasitas kapal yang besar dengan jumlah penumpang yang pastinya banyak.

Reservasi Tiket Taksi

Reservasi tiket taksi artinya adalah proses persiapan calon penumpang dengan melakukan pemesanan tiket sesuai nama taksi dan tujuan.

Umumnya reservasi tiket taksi bisa ditemui di bandara, pelabuhan, mall dan hal ini memudahkan calon penumpang untuk mendapatkan taksi dengan melakukan antrian tanpa harus berebut dengan calon penumpang lainnya.

Reservasi Tour

Reservasi tour adalah proses pemesanan calon pelanggan ke agen/biro perjalanan di mana jadwal tour sudah direncanakan secara terperinci oleh biro perjalanan dari mulai titik keberangkatan, tiba di tujuan, hingga kembali ke titik keberangkatan.

Agen/biro perjalanan melakukan reservasi transportasi, akomodasi seperti hotel, villa, tempat makan, tempat membeli oleh-oleh, area wisata dan destinasi lainnya yang tertera di dalam paket tour sehingga pelanggan tinggal menikmati proses tour.

Reservasi Penginapan

Reservasi penginapan adalah pemesanan kamar atau ruangan oleh calon tamu jauh sebelum waktu menginap dengan menggunakan media reservasi sebagai alat komunikasi dengan pemilik atau pengelola penginapan.

Reservasi Hotel

Reservasi hotel adalah proses pemesanan sesuai jadwal, tipe kamar dan lama waktu menginap dan pengelola hotel memastikan calon tamu mendapatkan layanan sesuai kesepakatan di dalam reservasi.

Melewati proses reservasi hotel membuat calon tamu mengetahui informasi penting termasuk peraturan yang harus dipatuhi terkait hotel, kamar dan fasilitas lainnya yang bisa digunakan selagi menginap.

Reservasi Villa

Sedikit berbeda dengan pemesanan hotel, reservasi villa adalah pemesanan sesuai jadwal, tipe villa, dan lama waktu menginap.

Jika villa tersebut dikelola oleh perorangan, maka calon tamu akan berhubungan langsung dengan pengelola. Sedangkan jika villa dikelola oleh perusahaan, maka calon tamu akan melakukan pemesanan kepada resepsionis.

Reservasi Tempat Makan

Reservasi tempat makan adalah pemesanan tempat duduk oleh calon tamu berdasarkan jumlah tamu, posisi duduk, jadwal kedatangan hingga menu yang akan dinikmati sehingga pengelola tempat makan bisa mempersiapkan sesuai spesifikasi yang diminta.

Reservasi Restoran

Reservasi restoran adalah proses pemesanan tempat duduk berdasarkan jumlah calon tamu yang akan datang, posisi dan persiapan menu makanan yang akan dihidangkan.

Setiap restoran memiliki ciri khas tersendiri terkait reservasi dan proses pemesanan yang diterima untuk tetap mempertahankan prosedur yang berlaku di restoran dan kebiasaan tamu yang datang.

Reservasi Makan di Hotel

Selain di restoran, kamu juga bisa menggunakan fasilitas dan melakukan reservasi makan di hotel karena banyak hotel yang membuka restorannya untuk dikunjungi oleh umum selain tamu yang menginap.

Reservasi makan di hotel adalah pemesanan tempat makan yaitu posisi duduk, jumlah tamu yang akan datang untuk makan dan perkiraan jadwal kedatangan.

Reservasi Hutan

Saat melakukan pengumpulan data terkait topik reservasi, saya menemukan ada yang namanya reservasi hutan. Bagaimana cara melakukan reservasi hutan? hutan kok dipesan?

Tentu saja pengertian reservasi hutan tidak sama dengan pemesanan tempat atau memesan lokasi di hutan. Reservasi hutan artinya adalah mengembalikan kembali manfaat hutan dengan membangun atau memperbaiki hutan tersebut dari kerusakan.

Sangat berbeda dari arti reservasi yang ada di sini, namun dengan beberapa pertimbangan saya menambahkan arti dari reservasi hutan agar bisa jadi perbandingan dengan pengertian reservasi pada umumnya yang di bahas di sini.

Macam-Macam Reservasi

macam-macam reservasi

Setelah mengetahui mengenai jenis-jenis reservasi dan garansi pada umumnya, selanjutkan akan dijelaskan juga apa saja macam-macam reservasi berdasarkan statusnya.

New Reservation

New reservation atau reservasi baru adalah pemesanan layanan yang pertama kali dibuat oleh calon pelanggan kepada pemilik atau pengelola.

Amended Reservation

Amended Reservation adalah perubahan informasi yang dilakukan terhadap reservasi yang sebelumnya sudah diinputkan ke dalam sistem.

Cancelled Reservation

Cancelled reservation atau pembatalan reservasi adalah proses pembatalan pemesanan layanan berdasarkan faktor tertentu seperti kondisi keamanan, perubahan jadwal penggunaan layanan dan hal lain yang membuat calon pelanggan atau pengelola melakukan pembatalan reservasi tersebut.

Confirm Reservation

Confirm reservation adalah status pemesanan yang sudah pasti dan terkonfirmasi bahwa layanan tersebut akan digunakan sesuai informasi reservasi.

Individual Reservation

Individual reservasion adalah proses reservasi yang dilakukan secara perorangan oleh calon pelanggan terhadap suatu layanan dan berhubungan langsung dengan pengelola layanan tersebut.

Confrence Reservation

Confrence reservation adalah kegiatan pemesanan layanan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sejumlah orang seperti reservasi ruangan besar, aula, bus, dan layanan lainnya.

Tour Reservation

Tour Reservation adalah reservasi yang dilakukan oleh sebuah agen/biro perjalanan ke banyak pihak untuk memenuhi layanan-layanan yang sudah dirancang untuk memenuhi kebutuhan calon pelanggan tour.

Macam-Macam Reservasi Penerbangan

macam-macam reservasi penerbangan

Pada dunia penerbangan, terdapat macam-macam reservasi berdasarkan proses pengerjaan, pengorganisasian, jumlah penumpang, dan kanal.

Menurut Proses Pengerjaan

Menurut proses pengerjaannya, reservasi penerbangan meliputi:

  • Manual Reservation System, dan
  • Computerized Reservation System (CRS).

Menurut Pengorganisasian

Kemudian menurut proses pengorganisasiannya, maka reservasi penerbangan terbagi menjadi 3 macam, yaitu:

  • Local Reservation,
  • Flight Control Point, dan
  • Central Reservation Control.

Menurut Jumlah Penumpang

Sedangkan menurut jumlah penumpang, reservasi penerbangan dibagi menjadi 2 macam, yaitu:

  • Individual reservation, dan
  • Group reservation.

Menurut Kanal

Berikutnya menurut kanal atau saluran, makan reservasi penerbangan terbagi menjadi 2 macam, yaitu direct reservation dan indirect reservation.

Direct Reservation

Direct reservation adalah proses reservasi calon penumpang yang melakukan pemesanan langsung ke pihak maskapai.

Indirect Reservation

Indirect reservation adalah proses reservasi calon penumpan yang melakukan pemesanan tiket pesawat ke pada agen perjalanan dan kemudian yang berhubungan langsung dengan pihak maskapai adalah agen perjalanan.

Media Reservasi

sebutkan apa saja media reservasi hotel yang digunakan oleh calon tamu

Media reservasi adalah alat atau metode dan cara yang digunakan oleh calon pelanggan untuk melakukan aktifitas pemesanan layanan

Telepon

Media reservasi telepon adalah alat pemesanan yang paling populer karena calon pelanggan dan pihak penyedia layanan dapat berdiskusi langsung tanpa harus bertatap muka.

Metode reservasi telepon dapat menghemat waktu saat melakukan konfirmasi untuk menghindari kesalahan data pemesanan dan media reservasi ini masih digunakan hingga saat ini.

Surat

Media reservasi surat menjadi alat pemesanan yang umumnya digunakan untuk reservasi resmi seperti pertemuan perusahaan, tour dan bisa dijadikan bukti dan jaminan antara pihak penyedia layanan dan calon pelanggan (organisasi atau korporat).

Faksimili

Media reservasi faksimili hampir sama dengan media reservasi surat, namun bedanya metode ini mengirimkan salinan dari surat tersebut secara jarak jauh dengan isi yang sama.

E-mail

Email adalah salah satu media reservasi terpopuler saat ini dikarenakan teknologi Internet dan gadget yang mulai merata dan terjangkau dan pada email bisa mengetikkan banyak kata sehingga niat calon pelanggan bisa tersampaikan dalam badan email yang di baca oleh penyedia layanan dan juga sebaliknya.

Computer Terminal

Media reservasi computer terminal adalah metode pemesanan yang dilakukan oleh calon pelanggan melalui pengelola layanan dengan memesan layanan yang sama di pengelola layanan lainnya di mana pada pengelola tersebut satu pemilik atau ada hubungan bisnis.

Personal (datang langsung)

Media reservasi personal adalah pemesanan yang dilakukan oleh perorangan atau kelompok dengan mendatangi langsung pihak penyedia layanan dengan maksud untuk melakukan reservasi atau menggunakan langsung layanan tersebut pada saat itu juga.

Sumber-Sumber Reservasi

sebutkan apa saja sumber reservasi hotel yang digunakan oleh calon tamu

Sumber reservasi adalah pihak yang melakukan pemesanan dan merupakan asal dari aktifitas reservasi dan beberapa sumber sudah beberapa kali menggunakan layanan tersebut atau memiliki jalinan kerjasama dengan pihak penyedia layanan.

Korporat

Korporat merupakan salah satu sumber reservasi di dunia pariwisata, perhotelan, penerbangan dan layanan lainnya dan membutuhkan pemesanan untuk layanan transportasi, akomodasi untuk internal perusahaan maupun klien dan tamu.

Biro Perjalanan

Biro perjalanan adalah salah satu sumber reservasi atau pemesanan yang penting bagi penyedia layanan seperti akomodasi dan transportasi karena sangat berpotensi untuk mendatangkan banyak calon tamu, penumpang dan pelanggan.

Agen All-In-One

Agen All In One adalah sumber reservasi yang juga sangat penting bagi penyedia layanan karena agen tersebut menyediakan jasa pemesanan tiket pesawat, sewa bus, mobil, taksi, kapal, tour, hotel, restoran dan lainnya.

Perusahaan Penerbangan

Khusus untuk layanan penginapan seperti hotel, perusahaan penerbangan adalah salah satu sumber reservasi seperti awak pesawat yang berpindah-pindah lokasi serta penumpang yang menginap karena mendapatkan fasilitas dari aturan delay dari maskapai.

Perusahaan Penyewaan Mobil

Perusahaan penyewaan mobil adalah salah satu sumber reservasi yang sangat bermanfaat khususnya untuk penginapan karena tidak jarang perusahaan tersebut menyarankan pelanggannya untuk melakukan pemesanan di hotel yang sudah bekerja sama.

Pemerintah

Pejabat yang melakukan kunjungan ke luar kota dan ke luar negeri tentunya urusan reservasi transportasi, akomodasi dan hal lainnya sudah diatur oleh pemerintah sehingga dapat dikatakan pemerintah adalah salah satu sumber reservasi banyak jenis layanan.

Kantor Pemesanan Pusat

Saat ini sudah banyak sekali kantor pemesanan yang khusus menyediakan layanan untuk melakukan pemesanan di berbagai akomodasi dan transportasi di seluruh dunia baik itu yang berada dalam satu jaringan maupun independen.

Perwakilan di Bandara

Sumber reservasi selanjutnya adalah perwakilan hotel yang menjalankan aktifitas di bandara sehingga para pendatang yang baru saja tiba di bandara memiliki pilihan untuk langsung mengambil penginapan dan kamar hotel.

Pelanggan

Pelanggan adalah sumber reservasi karena berpotensi untuk datang kembali untuk reservasi layanan tersebut atau menyarankan orang lain melakukan pemesanan.

Perorangan

Setiap orang berpotensi menjadi sumber reservasi bagi layanan akomodasi, transportasi dan layanan jasa lainnya.

Dasar-Dasar Reservasi

tugas staff tujuan dan manfaat reservasi hotel tiket pesawat penerbangan bus

Tujuan Reservasi

Tujuan reservasi adalah untuk melakukan persiapan dengan melakukan pemesanan di muka untuk layanan akomodasi, transportasi dan hal lainnya untuk memastikan segala sesuatu sesuai keinginan dan rencana yang sudah dirancang saat menggunakan layanan tersebut.

Tugas Staff Reservasi

Pemilik dan pengelola layanan tentu saja menginginkan setiap calon pelanggan tertarik untuk menggunakan layanan yang ditawarkan hingga benar-benar menggunakannya.

Untuk memastikan hal tersebut, staff yang menangani bagian reservasi harus memiliki keahlian khusus untuk menyampaikan beberapa hal berikut ini.

  • Menganggapi dengan baik semua pertanyaan dari konsumen,
  • mempromosikan fasilitas yang terkait dengan layanan,
  • mengantisipasi kebutuhan tambahan para konsumen,
  • mampu memproses semua pemesanan yang datang dari berbagai media reservasi,
  • sanggup menangani penambahan, perubahan bahkan hingga pembatalan reservasi,
  • mahir untuk mempromosikan layanan lain kepada konsumen, dan
  • mengerti bertransaksi dengan banyak metode pembayaran yang kemungkinan konsumen ajukan.

Manfaat Reservasi

Reservasi memberikan banyak manfaat bagi pihak penyedia layanan dan jasa serta untuk calon pelanggan. kedua pihak dapat melakukan diskusi untuk bertukar informasi seputar layanan yang ditawarkan serta perkiraan kebutuhan dari si calon pelanggan.

Manfaat reservasi bagi penyedia layanan

Salah satu manfaat dari reservasi bagi pihak hotel adalah untuk memastikan calon tamu mendapatkan informasi lengkap dan akurat bahkan sebelum tamu tersebut tiba di lokasi hotel.

Pengelolaan kuota kamar dan fasilitas lainnya oleh pihak hotel menjadi lebih mudah karena pemesanan tercatat dengan baik dan dapat menjadikannya sumber informasi penting untuk mengambil keputusan lanjutan terkait kebutuhan dan layanan yang perlu untuk ditingkatkan.

Proses reservasi memudahkan pihak hotel untuk menyediakan fasilitas spesial tambahan untuk tamu yang memiliki permintaan khusus yang harus tersedia di kamar atau di seputaran wilayah hotel.

Manfaat reservasi untuk pihak maskapai atau perusahaan penerbangan adalah untuk mendata jumlah penumpang, mempersiapkan fasilitas pesawat dan hal lainnya terkait kebutuhan penumpang dan laporan ke perusahaan.

Untuk biro perjalanan dan agensi, manfaat reservasi adalah untuk memastikan rencana perjalanan dan tour berjalan dengan maksimal karena bisa melakukan perencanaan yang matang jauh sebelum layanan perjalanan dan akomodasi digunakan.

Manfaat reservasi bagi calon pelanggan

Manfaat reservasi untuk pengguna layanan seperti penumpang, penghuni dan tamu adalah untuk memastikan mendapatkan layanan sesuai keinginan seperti jadwal, posisi, tempat duduk, tipe kamar, fasilitas tambahan dan hal lainnya.

Pengguna layanan semakin mudah untuk melakukan perencanaan dan menjalankannya dengan lega karena segala hal terkait layanan tersebut sudah terencana secara maksimal.

Dengan melakukan reservasi, pengguna atau konsumen bisa memperkirakan berapa biaya yang harus dikeluarkan, berapa dana yang harus disiapkan dan biaya tambahan yang kemungkinan harus dikeluarkan saat menggunakan layanan tersebut.

Dokumen Reservasi

contoh formulir reservasi surat reservasi percakapan reservasi dalam bahasa Inggris dan artinya booking

Sebagai pelengkap informasi apa arti reservasi menurut KBBI, Wikipedia dan pengertian reservasi menurut para ahli, maka berikut ini saya lampirkan contoh formulir reservasi, surat reservasi dan contoh percakapan reservasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Jenis-Jenis Formulir Reservasi

Formulir reservasi adalah salah satu komponen penting yang dibutuhkan oleh pihak penyedia layanan saat menerima pemesanan dari konsumen.

Formulir Reservasi

Formulir reservasi atau reservation form adalah komponen penting yang berfungsi untuk melakukan pencatatan data yang dibutuhkan oleh pihak penyedia layanan seperti pihak hotel dan maskapai terkait dengan calon konsumen.

Slip Reservasi

Slip reservasi mirip seperti formulir reservasi dan perbedaannya adalah slip reservasi memiliki format lebih simpel dan sederhana dibandingkan dengan formulir reservasi dan disiapkan dalam beberapa bentuk dan tujuan seperti untuk tamu biasa, VIP, agen/biro dan kelompok.

Formulir Reservasi Berkelompok

Formulir reservasi berkelompok adalah lembar isian data pemesanan yang khusus ditujukan untuk calon konsumen yang datang dalam jumlah yang banyak dan ingin menggunakan layanan dalam waktu yang bersamaan.

Formulir Penggantian Reservasi

Formulir penggantian reservasi adalah formulir yang digunakan untuk mengajukan pergantian data pemesanan seperti informasi jadwal, tipe kamar, jumlah kamar, dan fasilitas tambahan yang sudah tercatat sebelumnya pada formulir reservasi.

Formulir Pembatalan Reservasi

Formulir pembatalan reservasi adalah formulir yang bertujuan untuk mencatat informasi penting terkait keterangan pembatalan penggunaan layanan beserta alasan dari konsumen kepada pihak penyedia layanan.

Contoh Formulir Reservasi

Sebagai referensi, saya sertakan beberapa contoh formulir reservasi hotel, restoran dan meeting room yang formatnya cukup umum digunakan saat ini sebagai lembar untuk mencatat data pemesanan konsumen oleh pihak penyedia layanan dan jasa.

Contoh Formulir Reservasi Hotel

Hotel Indowonders.com
Jl. In aja dulu No. 69
Phone: 0628917169
__________________________

Room Reservation Name:
Address:
Phone Number:

Number of Guest
Adult:
Kid:

Type of Room:
Arrival Date:
Arrival Time:
Departure Date:
Departure Time:
Payment Method:

Notes:

Contoh Formulir Reservasi Restoran

Indowonders.com Resto
Dinner Reservation Form
Venue: Indowonders.com Hall
________________________

Name:
Address:
Phone Number:

Date:
Time:
Guest List:
Number of Guest:

Total:
Down Payment:
Credit Card Number:
Card Holder Name:
Expiration Date:

Indowonders.com Resto
Jl. In Aja Dulu No. 69
https://indowonders.com
akugini@cumasamakamu.com
0628917169

Contoh Formulir Reservasi Meeting Room

Indowonders.com Hall
Jl. In Aja No. 69
Phone: 0628917169
_________________

Meeting Room Reservation
Form Name:
Company/Department:
Address:
Phone Number:
Date:
Time
Start:
End:

Room: *
A01
A02
A03
B01
B02
B03
C01
C02

Number of Attendees:

Notes:

* Put a check mark on the selected item

Contoh Surat Reservasi

Surat reservasi umumnya digunakan perusahaan untuk melakukan pemesanan penginapan atau hotel untuk karyawan yang sedang dinas di luar kota.

PT NANDE KARO LATERPEGAS
Sepanjang Jalan Kenangan 69 Berasjahe 45678
Telepon (0628) 917169 email: akugini@cumasamakamu.com

01 Oktober 2021

Yth. Manajer Pemesanan
Indowonders.com Hotel
Jakarta Jahe


Dengan hormat,

Kami hendak memesan satu kamar jenis Eksekutif King Room Sultan Edition untuk General Manager perusahaan kami. Kamar akan mulai ditempati pada 10 Oktober 2021 hingga 10 Oktober 2069. Pemesanan harap dicatat atas nama Ibu Peppernawati Pepitolo. Pembayaran akan dilakukan dengan menggunakan kartu kredit perusahaan kamu. Mohon keterangan lebih lanjut terkait detail pembayaran. Terima kasih.


Hormat Kami,



(ttd)
Sabaratur
Asisten Manajer

Contoh Percakapan Reservasi

Untuk kamu yang sedang berada di dalam situasi pemesanan tiket kereta, restoran dan kamar hotel, kamu mungkin bisa menggunakan contoh percakapan reservasi di bawah ini sebagai referensi.

Percakapan Reservasi Tiket Kereta

Staff: Selamat pagi, Pak/Bu. Ada yang bisa saya bantu?

Konsumen: Selamat pagi. Saya ingin memesan tiket kereta untuk berlibur lebaran di Berasjahe. Apakah tujuan tersebut tersedia dan bisa di pesan sekarang?

Staff: Apakah bisa diinformasikan untuk tanggal keberangkatannya, pak? Agar saya periksa terlebih dahulu.

Konsumen: Saya ingin memesan tiket kereta untuk tanggal 22 September untuk keberangkatan dari Bandung dan kembali di tanggal 1 Oktober dari Berasjahe.

Staff: Jadi ini adalah pemesanan pulang pergi langsung, ya? Kalau boleh saya tahu, pemesanan tiket keretanya untuk berapa orang, pak?

Konsumen: Untuk sembilan orang, tujuh orang dewasa dan dua orang balita.

Staff: Baik pak. Saya menerima data Anda dan tanggal yang Anda minta masih tersedia untuk reservasi. Untuk proses selanjutnya, Saya memerlukan kartu identitas Anda dan penumpang lainnya untuk dilakukan pendataan penumpang.

Konsumen: Oke, ini kartu identitas kami. Untuk balita apakah diperlukan surat keterangan?

Staff: Tidak perlu, pak. Cukup kartu identitas orang tuanya saja. Terima kasih.

Percakapan Reservasi Restoran

Staff: Terima kasih sudah menghubungi restoran Indowonders. Ada yang bisa saya bantu?

Konsumen: Saya ingin membuat reservasi untuk makan siang para karyawan kantor kami.

Staff: Baik, sebelumnya boleh saya tahu dengan siapa saya berbicara?

Konsumen: Saya Peppernawati.

Staff: Baik Bu Pepper. Untuk pemesanan makan siangnya untuk tanggal berapa dan untuk berapa orang?

Konsumen: Untuk tanggal 01 Oktober 2021 dan dihadiri 69 orang. Apakah bisa diakomodir?

Staff: Baik. Bisa, Bu. Untuk pemesanan saya buat atas nama Ibu Peppernawati?

Konsumen: Atas nama Ibu Pepitolo saja.

Staff: Baik, Bu. Kemudian apakah ada menu tertentu yang harus kami hidangkan atau ada permintaan khusus?

Konsumen: Apakah saat makan siang tersebut bisa diputarkan playlist lagu Young Lex? Kebetulan Bos saya adalah seorang Lex Sugar.

Staff: Baik. Bisa, Bu. Ada yang lain?

Konsumen: Untuk menu tambahan, saya bisa order langsung di hari tersebut, kan?

Staff: Betul, bisa, Bu.

Percakapan Reservasi Kamar Hotel

Konsumen: Hallo, apakah ini adalah Hotel Indowonders.com?

Staff: Betul, ini adalah Hotel Indowonders.com. Ada yang bisa saya bantu hari ini, pak?

Konsumen: Saya ingin membuat reservasi untuk tanggal 01 Oktober 2021, apakah bisa?

Staff: Bisa, Pak. Kalau boleh saya tahu, dengan Bapak siapa saya berbicara dan untuk reservasinya atas nama siapa?

Konsumen: Saya Tetew dan untuk pemesanan atas nama Pak Sabaratur.

Staff: Baik, Pak Tetew. Untuk pemesanan berapa kamar, kamar tipe apa dan untuk berapa hari?

Konsumen: Untuk 3 kamar Suite YOLO, menginap 5 hari.

Staff: Baik, Pak. Saya konfirmasi ulang, pemesanan atas nama Pak Sabaratur untuk 3 kamar tipe Suite YOLO menginap mulai tanggal 01 – 05 Oktober 2021, ya.

Konsumen: Betul. Apakah tersedia?

Staff: Untuk tanggal tersebut, hanya tersedia 2 kamar tipe Suite YOLO, pak. Apakah untuk kamar satu lagi ingin diganti dengan tipe Suite LMAO?

Konsumen: Tidak, saya ingin tipe Suite LMFAO saja apakah tersedia?

Staff: Tersedia, Pak. Saya konfirmasi ulang, pemesanan atas nama Pak Sabaratur untuk 2 kamar tipe Suite YOLO dan 1 kamar tipe Suite LMFAO di tanggal 01 s/d 05 Oktober 2021. Apakah sudah benar, Pak?

Konsumen: Sudah benar. Langkah selanjutnya apa?

Staff: Berikutnya, untuk menyelesaikan proses reservasi, mohon untuk menginformasikan alamat email dan saya akan mengirimkan tagihan.

Konsumen: Baik, terima kasih banyak.

Informasi Tambahan

perbedaan reservasi dan booking adalah

Pada proses reservasi ada banyak kode dan istilah yang dibutuhkan yang memungkinkan aktifitas pemesanan layanan menjadi lebih cepat baik dari segi komunikasi dan pencatatan data dari konsumen dan pihak penyedia layanan.

Perbedaan Reservasi dan Booking

Dari penelusuran yang saya lakukan, meskipun memiliki arti yang mirip atau bahkan sama. Ternyata ada perbedaan reservasi dan booking dari segi makna dan proses di lapangan.

Salah satu perbedaan dari reservasi dan booking adalah pada saat proses pengumpulan data konsumen oleh penyedia layanan di mana pada saat pemesanan, penyedia layanan akan mengisi data konsumen di formulir reservasi.

Sedangkan proses booking adalah pada saat reservasi sudah benar-benar dilakukan hingga proses pembayaran berhasil sehingga dilakukan pembukuan ke dalam sistem dan manajemen informasi layanan.

Mengacu pada penjelasan di atas, maka bisa dikatakan bahwa perbedaan reservasi dan booking adalah pada proses pencatatan di mana reservasi adalah pencatatan data pada formulir sedangkan booking yaitu pencatatan setiap data dari formulir reservasi yang sudah dibayarkan.

Umumnya konsumen tidak perlu mengeluarkan biaya pada saat melakukan pembatalan reservasi, sedangkan jika sudah melakukan booking, maka pihak penyedia layanan akan melakukan pemotongan sejumlah dana dari total biaya booking yang sudah dibayarkan.

Ejaan Abjad A-Z dalam Sistem Reservasi

Saya sempat bingung saya melakukan pemesanan melalui media reservasi telepon, tepatnya pada saat menyebutkan nama lengkap.

Staff reservasi meminta saya untuk mengeja nama dan ternyata jika berkomunikasi dengan media reservasi telepon ada beberapa huruf yang diucapan bisa terdengar sama di telinga lawan bicara.

Untuk itu munculkan metode untuk mengeja kata menggunakan kode khusus yang cukup mudah untuk diketahui dan dipelajari untuk abjad A s/d Z.

  • A: Alpha,
  • B: Beta,
  • C: Charlie,
  • D: Delta,
  • E: Echo,
  • F: Folksfort/Fanta,
  • G: Golf,
  • H: Hotel,
  • I: India,
  • J: Juliet,
  • K: Kilo,
  • L: London,
  • M: Mike/Mama,
  • N: November/Nancy,
  • O: Oscar,
  • P: Papa,
  • Q: Quebeck,
  • R: Romeo,
  • S: Siera,
  • T: Tanggo,
  • U: Ultra,
  • V: Viktor,
  • W: Wiskey,
  • X: Xtray,
  • Y: Yengky,
  • Z: Zulu/Zero.

Kode Kota dalam Penerbangan

Untuk kamu yang ingin melakukan reservasi tiket pesawat, ada baiknya untuk mengetahui tiga huruf kode kota di Indonesia dalam penerbangan agar tidak terjadi kesalahan data tujuan keberangkatan.

Sumatra

  • BTJ – Bandar Udara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh
  • SBG – Bandar Udara Maimun Saleh, Sabang
  • LSX – Bandar Udara Lhok Sukon, Aceh Utara
  • LSW – Bandar Udara Malikus Saleh, Lhokseumawe
  • MEQ – Bandar Udara Cut Nyak Dhien, Nagan Raya
  • TPK – Bandar Udara Teuku Cut Ali, Tapaktuan
  • SKL – Bandar Udara Syekh Hamzah Fansyuri, Singkil
  • SNB – Bandar Udara Lasikin, Sinabang
  • MES – Bandar Udara Polonia, Medan
  • SIW – Bandar Udara Sibisa, Toba Samosir
  • SQT – Bandar Udara Silangit, Siborong-borong
  • SIX – Bandar Udara Dr. Ferdinand Lumban Tobing, Sibolga
  • AEG – Bandar Udara Aek Godang, Padang Sidempuan
  • GNS – Bandar Udara Binaka, Gunung Sitoli
  • LSE – Bandar Udara Lasondre, Pulau-pulau Batu
  • BTH – Bandar Udara Hang Nadim, Batam
  • TNJ – Bandar Udara Raja Haji Fisabilillah, Tanjung Pinang
  • PKU – Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru
  • LSE – Bandar Udara Lasondre, Pulau-pulau Batu
  • DUM – Bandar Udara Pinang Kampai, Dumai
  • SEQ – Bandar Udara Sungai Pakning, Bengkalis
  • PPR – Bandar Udara Pasir Pengaraian, Pasir Pengaraian
  • SIQ – Bandar Udara Dabo, Singkep
  • RGT – Bandar Udara Japura, Rengat
  • TJB – Bandar Udara Sei Bati, Karimun
  • NTX – Bandar Udara Ranai, Natuna
  • TJQ – Bandar Udara H. A. S. Hanandjoeddin , Tanjung Pandan
  • PGK – Bandar Udara Depati Amir, Pangkalpinang
  • MWK – Bandar Udara Matak, Pal Matak
  • PDG – Bandar Udara Internasional Minangkabau, Padang
  • RKO – Bandar Udara Rokot, Sipora
  • PLM – Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang
  • LLG – Bandar Udara Silampari, Lubuklinggau
  • PDO – Bandar Udara Pendopo, Empat Lawang
  • DJB – Bandar Udara Sutan Taha, Jambi
  • MPC – Bandar Udara Mukomuko, Mukomuko
  • KRC – Bandar Udara Depati Parbo, Kerinci
  • BKS – Bandar Udara Fatmawati Soekarno, Bengkulu
  • TKG – Bandar Udara Radin Inten II, Bandar Lampung

Jawa

  • CGK – Bandar Udara Soekarno-Hatta, Banten. Singkatan CGK merujuk kepada Cengkareng
  • HLP – Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta
  • PCB – Bandar Udara Pondok Cabe, Jakarta
  • PPJ – Bandar Udara Pulau Panjang, Kepulauan Seribu
  • TSY – Bandar Udara Cibeureum, Tasikmalaya
  • CBN – Bandar Udara Cakrabhuwana, Cirebon
  • CXP – Bandar Udara Tunggul Wulung, Cilacap
  • PWL – Bandar Udara Wirasaba, Purbalingga
  • KWB – Bandar Udara Dewa Daru, Karimunjawa
  • CPF – Bandar Udara Ngloram, Cepu
  • MLG – Bandar Udara Abdul Rachman Saleh, Malang
  • SUP – Bandar Udara Trunojoyo, Sumenep
  • MSI – Bandar Udara Masalembo, Masalembo
  • SUB – Bandar Udara Juanda, Surabaya
  • SOC – Bandar Udara Adisumarmo, Solo
  • JOG – Bandar Udara Adi Sucipto, Yogyakarta
  • SRG – Bandar Udara Achmad Yani, Semarang
  • BDO – Bandar Udara Husein Sastranegara, Bandung

Bali dan Nusa Tenggara

  • DPS – Bandar Udara Ngurah Rai, Denpasar
  • AMI – Bandar Udara Selaparang, Mataram
  • LOP – Bandar Udara Internasional Lombok, Praya
  • KOE – Bandar Udara El Tari, Kupang
  • SWQ – Bandar Udara Brangbiji, Sumbawa Besar
  • LYK – Bandar Udara Lunyuk, Sumbawa
  • BMU – Bandar Udara Muhammad Salahuddin, Bima
  • LBJ – Bandar Udara Komodo, Manggarai Barat
  • RTG – Bandar Udara Frans Sales Lega, Ruteng
  • TMC – Bandar Udara Tambolaka, Waikabubak
  • WGP – Bandar Udara Mau Hau, Waingapu
  • BJW – Bandar Udara Soa, Bajawa
  • ENE – Bandar Udara H Hasan Aroeboesman, Ende
  • MOF – Bandar Udara Wai Oti, Maumere
  • LKA – Bandar Udara Gewayantana, Larantuka
  • LWE – Bandar Udara Wonopito, Lewoleba
  • ARD – Bandar Udara Mali, Alor
  • RTI – Bandar Udara Lekunik, Rote
  • SAU – Bandar Udara Tardamu, Pulau Sawu
  • ABU – Bandar Udara Haliwen, Atambua

Kalimantan

  • BPN – Bandar Udara Sepinggan, Balikpapan
  • PNK – Bandar Udara Supadio, Pontianak
  • TRK – Bandar Udara Juwata, Tarakan
  • BDJ – Bandar Udara Samsuddin Noor, Banjarmasin
  • KTG – Bandar Udara Rahadi Oesman, Ketapang
  • SQG – Bandar Udara Susilo, Sintang
  • NPO – Bandar Udara Nanga Pinoh, Nanga Pinoh
  • PSU – Bandar Udara Pangsuma, Putussibau
  • PKY – Bandar Udara Tjilik Riwut, Palangka Raya
  • PKN – Bandar Udara Iskandar, Pangkalan Bun
  • TBM – Bandar Udara Tumbang Samba, Katingan
  • SMQ – Bandar Udara H. Asan, Sampit
  • MTW – Bandar Udara Beringin, Muara Teweh
  • TJG – Bandar Udara Warukin, Tanjung
  • BTW – Bandar Udara Bersujud, Batulicin
  • KBU – Bandar Udara Stagen, Kotabaru
  • SRI – Bandar Udara Temindung, Samarinda
  • NNX – Bandar Udara Nunukan, Nunukan
  • LBW – Bandar Udara Yuvai Semaring, Krayan
  • BYQ – Bandar Udara Bunyu, Pulau Bunyu
  • MLN – Bandar Udara R.A. Bessing, Malinau
  • LPU – Bandar Udara Long Ampung, Kayan Selatan
  • TJS – Bandar Udara Tanjung Harapan, Tanjung Selor
  • NAF – Bandar Udara Banaina, Bulungan
  • BEJ – Bandar Udara Kalimarau, Tanjung Redeb
  • SGQ – Bandar Udara Sangkimah, Sangatta
  • BXT – Bandar Udara Bontang, Bontang
  • TSX – Bandar Udara Tanjung Santan, Marang Kayu
  • KOD – Bandar Udara Kotabangun, Kutai Kartanegara
  • SZH – Bandar Udara Senipah, Kutai Kartanegara
  • MLK – Bandar Udara Melalan, Melak
  • DTD – Bandar Udara Datah Dawai, Kutai Barat
  • TNB – Bandar Udara Tanah Grogot, Tanah Grogot
  • STA – Bandar Udara Tanjung Bara, SangattaSulawesi
  • UPG – Bandar Udara Sultan Hasanuddin, Makassar
  • MDC – Bandar Udara Sam Ratulangi, Manado
  • KDI – Bandar Udara Wolter Mongisidi, Kendari
  • MXB – Bandar Udara Andi Djemma, Masamba
  • BUW – Bandar Udara Betoambari, Bau-bau
  • GTO – Bandar Udara Jalaluddin, Gorontalo
  • SQR – Bandar Udara Inco Soroako Waws, Sorowako
  • PSJ – Bandar Udara Kasiguncu, Poso
  • TLI – Bandar Udara Lalos, Tolitoli
  • MJU – Bandar Udara Tampa Padang, Mamuju
  • MNA – Bandar Udara Melonguane, Melonguane
  • BJG – Bandar Udara Mopait, Bolaang Mongondow
  • PLW – Bandar Udara Mutiara, Palu
  • NAH – Bandar Udara Naha, Tahuna
  • UOL – Bandar Udara Pogugol, Buol
  • PUM – Bandar Udara Pomalaa, Pomalaa
  • TTR – Bandar Udara Pongtiku, Tana Toraja
  • RAQ – Bandar Udara Sugimanuru, Raha
  • LUW – Bandar Udara Syukuran Aminuddin Amir, Luwuk
  • SLY – Bandar Udara H. Aroeppala , Selayar
  • WKB – Bandar Udara Matahora , Wangi-wangi
  • MRG – Bandar Udara Maranggo , Pulau Tomia

Maluku

  • AMQ – Bandar Udara Pattimura, Ambon
  • AHI – Bandar Udara Amahai, Masohi
  • NDA – Bandar Udara Bandaneira, Banda
  • DOB – Bandar Udara Dobo, Kepulauan Aru
  • LUV – Bandar Udara Dumatubun, Langgur
  • SQN – Bandar Udara Emalamo, Sanana
  • GLX – Bandar Udara Gamarmalamo, Galela
  • GEB – Bandar Udara Gebe, Gebe
  • KAZ – Bandar Udara Kuabang, Tobelo
  • MAL – Bandar Udara Mangole, Mangole
  • NAM – Bandar Udara Namlea, Namlea
  • NRE – Bandar Udara Namrole, Namrole
  • BJK – Bandar Udara Nangasuri, Benjina
  • LAH – Bandar Udara Oesman Sadik, Labuha
  • SXK – Bandar Udara Olilit, Saumlaki
  • OTI – Bandar Udara Pitu, Morotai
  • TTE – Bandar Udara Sultan Babullah, Ternate
  • TAX – Bandar Udara Taliabu, Taliabu
  • WHI – Bandar Udara Wahai, Pulau Seram
  • TTE – WAME – Bandar Udara Buli, Maba

Papua

  • DJJ – Bandar Udara Sentani, Jayapura
  • BIK – Bandar Udara Frans Kaisiepo, Biak
  • TIM – Bandar Udara Mozes Kilangin, Tembagapura
  • MKQ – Bandar Udara Mopah, Merauke
  • RSK – Bandar Udara Abresso, Manokwari
  • AGD – Bandar Udara Anggi, Anggi
  • AAS – Bandar Udara Apalapsili, Jayawijaya
  • ARJ – Bandar Udara Arso, Arso
  • AYW – Bandar Udara Ayawasi, Sorong
  • BXB – Bandar Udara Babo, Babo
  • BXD – Bandar Udara Bade, Merauke
  • BXM – Bandar Udara Batom, Pegunungan Bintang
  • NTI – Bandar Udara Bintuni, Bintuni
  • BUI – Bandar Udara Bokondini, Jayawijaya
  • DRH – Bandar Udara Dabra, Puncak Jaya
  • ELR – Bandar Udara Elilim, Jayawijaya
  • EWI – Bandar Udara Enarotali, Enarotali
  • EWE – Bandar Udara Ewer, Merauke
  • ILA – Bandar Udara Illaga, Paniai
  • IUL – Bandar Udara Ilu, Puncak Jaya
  • INX – Bandar Udara Inanwatan, Inanwatan
  • SOQ – Bandar Udara Jeffman, Sorong
  • FOO – Bandar Udara Yemburwo., Numfor Timur
  • KBX – Bandar Udara Kambuaya, Sorong Selatan
  • KCD – Bandar Udara Kamur, Asmat
  • KBF – Bandar Udara Karubaga, Jayawijaya
  • KEQ – Bandar Udara Kebar, Manokwari
  • LLN – Bandar Udara Kelila, Jayawijaya
  • KEI – Bandar Udara Kepi, Merauke
  • KMM – Bandar Udara Kimaan, Merauke
  • KOX – Bandar Udara Kokonao, Mimika
  • LHI – Bandar Udara Lereh, Jayapura
  • ZRM – Bandar Udara Mararena, Sarmi
  • RDE – Bandar Udara Merdey, Manokwari
  • MDP – Bandar Udara Mindiptana, Boven Digoel
  • ONI – Bandar Udara Moanamani, Dogiyai
  • LII – Bandar Udara Mulia, Puncak Jaya
  • MUF – Bandar Udara Muting, Merauke
  • NBX – Bandar Udara Nabire, Nabire
  • OBD – Bandar Udara Obano, Nabire
  • OKQ – Bandar Udara Okaba, Puncak Jaya
  • OKL – Bandar Udara Oksibil, Pegunungan Bintang
  • GAV – Bandar Udara Pulau Gag, Raja Ampat
  • MKW – Bandar Udara Rendani, Manokwari
  • SEH – Bandar Udara Senggeh, Keerom
  • ZEG – Bandar Udara Senggo, Mappi
  • NKD – Bandar Udara Sinak, Puncak Jaya
  • ZRI – Bandar Udara Sudjarwo Tjondronegoro, Serui
  • TMH – Bandar Udara Tanah Merah, Tanah Merah
  • TXM – Bandar Udara Teminabuan, Teminabuan
  • TMY – Bandar Udara Tiom, Jayawijaya
  • FKQ – Bandar Udara Torea, Fakfak
  • UBR – Bandar Udara Ubrub, Keerom
  • KNG – Bandar Udara Utarom, Kaimana
  • WET – Bandar Udara Waghete, Deiyai
  • WMX – Bandar Udara Wamena, Wamena
  • WAR – Bandar Udara Waris, Keerom
  • WSR – Bandar Udara Wasior, Wasior
  • RUF – Bandar Udara Yuruf, Jayawijaya
  • UGU – Bandar Udara Zugapa, Paniai
  • SOQ – Bandar Udara Domine Eduard Osok, Sorong

Kode Airlines

Di Indonesia, setiap maskapai menggunakan dua digit kode penerbangan sesuai dengan standar format IATA (International Air Transport Association) yaitu dua huruf sebelum 3 digit kode wilayah.

  • GA: Garuda Indonesia
  • RI: Mandala Airlines
  • QZ: Air Asia
  • MZ: Merpati Nusantara Airlines
  • SJ: Sriwijaya Air
  • JT: Lion Air

Konklusi

Dari penjelasan apa arti reservasi menurut KBBI, Wikipedia dan pengertian reservasi menurut para ahli, bisa disimpulkan bahwa arti dari reservasi adalah melakukan pemesanan suatu layanan oleh konsumen kepada pihak penyedia layanan.

Proses pemesanan layanan hotel, tiket pesawat, tour perjalanan wisata dan layanan lainnya memiliki format yang mirip meskipun ada detail informasi yang tentunya berbeda sesuai data konsumen yang harus dicatat dalam formulir reservasi.

Reservasi adalah istilah populer tidak hanya di dunia perhotelan dan parisiwata, namun kamu mungkin pernah membaca istilah reservasi hutan. Namun tentu saja artinya berbeda dengan arti reservasi sebuah layanan.

Semoga penjelasan dari pengertian reservasi menurut para ahli, KBBI, Wikipedia dan beserta dasar-dasar, jenis-jenis dan macam-macam reservasi di atas bisa memberikan referensi tambahan untuk kamu yang secang mencari apa arti reservasi dan apa perbedaan reservasi dan booking.

Kunjungi Indowonders.com, Blog Pop Culture, untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seperti apa arti reservasi di atas. Semoga bermanfaat.


Referensi:

TERBARU