Platform Berkirim Pesan Instan Yahoo Messenger Pensiun

Platform Bertukar Pesan Instan Yahoo Messenger Pensiun
Ilustrasi Indowonders/JiiLibranto

Kabar ‘tidak’ mengejutkan datang dari salah satu pemain lama platform bertukar pesan buatan Yahoo! yaitu Yahoo Messenger pensiun. Aplikasi bertukar pesan instan ini awalnya bernama Yahoo! Pager dan dirilis pada 9 Maret 1998.

Yahoo Messenger pensiun memang sudah diprediksi banyak pihak karena sejauh ini tidak berhasil mencuri perhatian pengguna dan bersaing dengan platform pesan instan modern lain seperti WhatsApp, Facebook Messenger, WeChat & Line.

Keputusan Yahoo Messenger pensiun tersebut secara resmi diumumkan Yahoo! dihalaman bantuannya. Yahoo! akan menghentikan dukungan dan menghentikan pengembangan Yahoo Messenger mulai 7 Juli 2018.

Tetapi tampaknya Yahoo! tidak terlalu mengambil langkah buru-buru meskipun tanggal resmi Yahoo Messenger pensiun sudah dekat. Yahoo Messenger versi iOS masih terlihat di App Store, versi Android yang masih bisa diunduh di Google Play dan versi Windows juga masih bisa digunakan.

Meskipun begitu, Yahoo! menyebutkan setelah tanggal Yahoo Messenger Pensiun, pengguna tidak akan bisa lagi mengakses Yahoo Messenger dan seluruh informasi dan layanan benar-benar ditutup.

Yahoo! juga menyebutkan alasan kenapa Yahoo Messenger pensiun setelah 20 tahun semenjak dirilis pertama kali. Yahoo! melihat perubahan pasar komunikasi di internet dan memutuskan untuk fokus membangun sesuatu yang baru yang benar-benar cocok dengan kebutuhan pengguna sekarang.

Walaupun Yahoo Messenger pensiun, Yahoo! sendiri mengkonfirmasi bahwa mereka sedang membangun aplikasi dan layanan bertukar pesan baru berbasis grup pesan bernama Yahoo Squirel.

Yahoo Squirel masih dalam tahap eksperimen dan sudah memasuki versi beta. Untuk mengakses Yahoo Squirel bisa mengunjungi halaman resminya di squirel.yahoo.com. Yahoo Squirel juga sudah tersedia di Google Play dan App Store.

Meskipun sudah bisa diunduh, tetapi untuk menggunakan layanan ini harus menerima invite code dari Oath selaku pemilik baru Yahoo!. Invite code tersebut bisa didapatkan dengan cara mengirimkan permintaan kode ke alamat email squirel yang tertera di halaman websitenya.

Yahoo! juga menyebutkan, 6 bulan setelah Yahoo! Messenger pensiun pengguna masih diberikan waktu untuk mengakses dan mengunduh riwayat pesan melalui perangkat komputer dan gawai.

Yahoo! menyediakan halaman khusus untuk mengakses riwayat pesan Yahoo Messenger. Pengguna diharuskan untuk melewati beberapa metode verifikasi sebelum diizinkan untuk mengakses riwayat pesan. Setelah itu file riwayat pesan akan dikirim ke email yang dimasukkan pengguna.

Kabar Yahoo Messenger pensiun juga dikonfirmasi secara resmi oleh TechCruch. TechCruch dan Yahoo! memang sama-sama anak perusahaan Oath. Oath terdaftar sebagai pemilik lebih dari 50 brand secara global termasuk Yahoo!, TechCruch, Aol, Tumblr. Huffpost dan Engadget.

Oath sendiri merupakan bagian dari perusahaan Verizon yang berfokus pada pengembangan bisnis digital termasuk perangkat lunak dan media digital. Sebelumnya memutuskan Yahoo! Messenger pensiun, Oath juga mempensiunkan platform berkirim pesan instan AIM (AOL Instan Messenger) pada 15 Desember 2017.

Baca sejarah Instagram di SEJARAH INSTAGRAM DAN FAKTA MENARIK DI BALIK KISAH SUKSESNYA. Kamu juga bisa menikmati informasi dari indowonders di media sosial FacebookTwitter dan Instagram.

Comments

comments