Tidak Bisa Menerima Email di Gmail? Ini Jalan Keluarnya

Tidak Bisa Menerima Email di Gmail? Ini Jalan Keluarnya
Ilustrasi Indowonders/JiiLibranto

Gmail adalah platform berkirim email buatan Google yang bisa digunakan secara gratis. Meskipun buatan Google, yang namanya produk digital pasti terkadang menemukan masalah, salah satunya adalah tidak bisa menerima email di gmail.

Pada saat mendaftarkan akun email pada Gmail, maka secara gratis Gmail akan memberikan 15 GB kepada pengguna baru. 15 GB tersebut sudah termasuk untuk penyimpanan email, Google Photo dan Google Drive.

Ba‎ca 8 Uraian Informatif di Wikiwindu:

Gmail terkenal stabil dan jarang sekali down. Tetapi pada kondisi tertentu kamu tidak bisa menerima email pada perangkat smartphone maupun browser desktop.

Jadi jika kamu berhadapan dengan keadaan yang sama yaitu tidak bisa menerima email Gmail, maka perhatikan dan lakukan beberapa langkah berikut ini.

Periksa Ruang Penyimpanan Android

Jika kamu mengakses Gmail melalui Android dan tidak bisa menerima email, maka kemungkinan besar ruang penyimpanan smartphonemu sudah hampir penuh.

Android secara otomatis mematikan fungsi singkronisasi pada app yang terpasang jika terdeteksi rendahnya sisa ruang penyimpanan internal. Untuk itu lakukan pembersihan data dan dokumen serta hapus aplikasi yang tidak digunakan.

Periksa Ruang Penyimpanan Gmail

Cara selanjutnya saat tidak bisa menerima email yaitu memeriksa berapa sisa ruang penyimpanan Gmail. Untuk mengakses informasi ruang penyimpanan Gmail cukup gampang, kamu hanya perlu menggulir halaman sampai akhir halaman.

Pada bagian footer inbox kamu akan melihat informasi berapa banyak ruang penyimpanan Gmail yang sudah terpakai.

informasi ruang penyimpanan Gmail

Klik tautan “Manage” jika kamu ingin melihat lebih detail informasi tersebut.

Grafik ruang penyimpanan Gmail

Pada halaman tersebut kamu akan melihat grafik berapa banyak ruang penyimpanan yang sudah dipakai dan berapa lagi sisanya.

Untuk melihat lebih detail lagi, kamu bisa tekan tautan “View details” untuk melihat lebih siapa diantara Drive, Email & Photo yang lebih banyak mengkonsumsi ruang penyimpanan. Jika sudah penuh, maka cukup beralasan kenapa kamu tidak bisa menerima email di gmail.

Informasi lengkap distribusi ruang penyimpanan Gmail

Beli Ruang Penyimpanan Tambahan Gmail

Cara selanjutnya ketika tidak bisa menerima email yaitu berlangganan ruang penyimpanan tambahan Gmail. Pada halaman ini juga disediakan fitur untuk berlangganan jika kamu ingin menambah ruang penyimpanan Gmail dengan mengontrak ruang penyimpanan tambahan untuk jangka waktu tertentu.

Hal ini bisa kamu lakukan jika ruang penyimpanan 15 GB yang diberikan Gmail sudah hampir habis dan kamu ingin terhindar dari tidak bisa menerima email. Apalagi kamu tidak ada pilihan lain karena alamat gmail ini kamu pakai untuk kegiatan dan pekerjaan sehari-hari dan repot sekali nantinya kalau harus membuat alamat email baru.

Fitur untuk menambah ruang penyimpanan Gmail beserta harganya

Proses pembayaran kontrak bisa dilakuka secara bulanan maupun tahunan dengan menggunakan kartu kredit. Setelah kamu lakukan proses pembayaran maka otomatis kapasitas ruang penyimpanan bertambah dan kamu akan terhindar dari tidak bisa menerima email di gmail.

Periksa Promosi Saat Membeli Smartphone

Saat tidak bisa menerima email, hal ini bisa juga menjadi jalan keluar. Untuk beberapa jenis brand smartphone, mereka memberikan beberapa bonus saat kamu membeli tipe tertentu smartphone brand tersebut.

Promosi 100 GB Google Drive dari LG G4 selama 2 tahun

Contohnya, admin membeli smartphone LG G4 dan dan ternyata perangkat tersebut disertai dengan promosi kontrak Google Drive sebesar 100 GB untuk kontrak 2 tahun. Tentu saja promosi ini sangat membantu agar terhindar dari tidak bisa menerima email di gmail.

Bersihkan Ruang Penyimpanan Google Drive

Jika kamu belum punya rencara untuk mengontrak ruang penyimpanan tambahan dan hanya ingin menggunakan 15 GB secara optimal agar terhindar dari tidak bisa menerima email, maka periksalah ini Google Drive.

Google Drive biasanya berisi file dokumen berbentuk pdf, photo dan video. hapuslah file-file yang sudah lama tidak diakses maupun yang seharusnya tidak perlu disimpan pada Drive agar terhindar dari tidak bisa menerima email di gmail.

 

Hapus Email Lama

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan saat tidak bisa menerima email yaitu mengoptimalkan ruang penyimpanan dengan cara menghapus email-email lama yang sudah tidak diperlukan lagi.

Yang paling penting dihapus adalah email lama yang berisi file attachment yang ukurannya lumayan besar.

Cara mencari email yang berisi file attachment bisa kamu baca di FILTER GMAIL BERDASARKAN UKURAN EMAIL & FILE ATTACHMENT. Demikian beberapa langkah yang bisa kamu lakukan saat tidak bisa menerima email di gmail.

Kamu juga bisa follow indowonders di media sosial Facebook, Twitter dan Instagram.

Comments

comments