Rumor Fitur Monetisasi Video Instagram

Rumor Fitur Monetisasi video Instagram
Ilustrasi Indowonders/JiiLibranto

Rumor monetisasi video Instagram ini beredar diantara kalangan wartawan yang mendapat undangan singkat dari Instagram yang berbunyi “Instagram has some news to share, and we want you to be the first to hear about it.”.

Secara resmi Instagram mengundang para wartawan dan menganjurkan untuk segera melakukan reservasi pada event spesial yang rencananya bakal diadakan pada tanggal 20 Juni 2018.

Belum ada informasi resmi mengenai fitur monetisasi video Instagram dan hal lain yang bakal diumumkan pada event tersebut. Ada kemungkinan Instagram juga bakal merilis informasi terbaru berapa total jumlah pengguna aktif di Instagram.

Dikutip dari laman TechCruch, sepertinya Instagram bakal fokus untuk membahas transisi fitur video pada platfom Instagram mirip fitur pada Youtube dan SnapChat Discover.

Beberapa detail informasi transisi fitur video tersebut seperti;

  • Instagram bakal menyediakan kebebasan kepada para kreator untuk mengunggah video berformat 4K dengan durasi lebih panjang.
  • Instagram akan meletakkan video berdurasi panjang tersebut pada wadah tersendiri terpisah dari fitur lain seperti foto dan stories agar pengguna dapat fokus menikmati fitur tersebut.
  • Instagram beberapa waktu lalu sudah menghubungi dan mengadakan beberapa pertemuan dengan orang-orang yang terkenal di media sosial untuk dijadikan rekan pada saat mengumumkan fitur baru pada event spesial tersebut.
  • Konten yang ada pada fitur video tersebut dikhususkan untuk video yang memiliki kualitas sekelas video yang dibagikan di Youtube dan layanan streaming lainnya.
  • Akan ada fitur tautan seperti pada Instagram Stories yang memungkinan pengguna untuk mendapatkan informasi tambahan pada website, toko online dan aplikasi mobile dengan mengusap keatas video yang sedang tayang.
  • Fitur ini yang paling ditunggu-tunggu para kreator. Akan ada fitur monetisasi video Instagram dimana para kreator akan mendapatkan uang melalui video berdurasi panjang yang diunggah di Instagram.

Jika memang benar Instagram bakal merilis berapa jumlah total pengguna aktif di platform mereka, maka kemungkinan angka tersebut adalah 1 Miliar.

Seperti tulisan Indowonder Sejarah Instagram dan Fakta Menarik Di balik Kisah Suksesnya, Instagram memiliki 700 juta pengguna pada April 2017 dan bertambah sebanyak 100 juta 4 bulan kemudian sebanyak 800 juta pengguna.

Kemungkinan jika pertambahan pengguna instagram stabil pada angkat 100 juta setiap 4 bulan, maka dalam kurun waktu 8 bulan terakhir pengguna Instagram setidaknya bertambah sebesar 200 juta pengguna.

Instagram juga tampaknya memiliki alasan tepat menghadirkan fitur video ini sekarang dan sepertinya cukup mampu untuk bersaing dengan Youtube.

Seperti yang kita ketahui bahwa Youtube memang ditempati banyak sekali video tetapi membutuhkan waktu lebih bagi pengguna untuk menemukan video baru yang berkualitas diantara banyaknya video-video kurang bermutu dan hasil unggah ulang.

Bahkan terkadang pada halaman trending Youtube lebih sering video yang menempati posisi teratas adalah video hasil unggahan ulang atau hasil rekaman TV dengan kualitas rendah.

Salah satu alasan ini bisa menjadi kunci keberhasilan Instagram mengajak pada penonton video durasi panjang untu beralih ke platform mereka.

Semoga monetisasi video Instagram memiliki fitur proteksi yang membatasi ruang gerak para reuploader (pengunggah ulang) agar para kreator memiliki lebih banyak pilihan wadah untuk berekspresi dan lebih sejahtera melalui karya orisinil yang mereka buat.