Apple Hadirkan Beragam Perbaikan dan Fitur Baru iOS 12

Ilustrasi fitur baru iOS 12 by INDOWONDERS
Ilustrasi Indowonders/JiiLibranto

Melalui event WWDC 2018 Apple mengumumkan penerus dari iOS 11. Melalui iOS 12, Apple hadirkan beragam perbaikan dan fitur baru iOS 12. iOS versi anyar ini dijadwalkan bakal sampai ke tangan pengguna sekitar bulan September 2018 dan berikut ini adalah daftar fitur baru iOS 12.

Group FaceTime

Fitur ini memungkinkan pengguna iPhone dan iPad untuk menikmati fitur baru iOS 12 yaitu untuk melakukan panggilan suara dan video bersama 32 orang sekaligus.

Memoji

Fitur baru iOS 12 ini memudahkan pengguna untuk membuat dan mengkustomisasi sebanyak mungkin alter-ego berbasis Animoji agar semakin serasi dengan kepribadian dan suasana hati ketika sedang digunakan pada Message dan FaceTime. Sayangnya fitur memoji dihadirkan hanya untuk pengguna perangkat iPhone X saja.

Animoji

Apple juga memperkenalkan 4 Animoji baru yaitu koala, tiger, ghost dan T.rex.

Camera Effect

Melalui fitur baru iOS 12 untuk aplikasi Camera, pengguna bisa mengabadikan foto serta video dan mengkombinasikannya dengan Animoji, Memoji, Text bergerak dan stiker serta secara langsung dapat membagikannya di Message dan FaceTime.

Augmented Reality Kit 2

ARKit 2 yang merupakan fitur baru iOS 12 ini memungkinkan para pengembang untuk membuat pengalaman bermain Augmented Reality terasa lebih nyata. Objek berbasis Augmented Reality kini bisa dibagikan ke Message dan email kepada orang lain dan penerima objek tersebut dapat melihatnya melalui aplikasi Measure.

Aplikasi Measure yang merupakan fitur baru iOS 12 ini memungkinkan pengguna untuk melihat objek berbasis AR di depan mata menggunakan kamera.

Screen Time

Fitur baru iOS 12 ini memungkinkan pengguna untuk melakukan batasan penggunaan aplikasi dan fitur pada perangkat iPhone dan iPad serta memberikan informasi terkait aktivitas digital apa saja yang sudah dilakukan.

Pengguna dapat membatasi durasi penggunaan aplikasi seperti Instagram, Youtube dan Facebook. Jika sudah mencapai durasi tertentu, Screen Time akan memberikan notifikasi. Fitur baru iOS 12 ini sangat berguna agar pengguna tidak lupa waktu saat bermain game atau bersosial media, serta bisa membatasi waktu penggunaan saat perangkat sedang digunakan oleh anak-anak.

Notification

Fitur baru iOS 12 memungkinkan pengguna untuk mengelola notifikasi dan meminimalisir bertumpuknya notifikasi agar mengurangi konsumsi baterai dan pengguna tidak merasa terganggu. Melalui fitur baru iOS 12 ini, kini pengguna bisa mengelola notifikasi dari masing-masing aplikasi secara realtime pada tampilan Lock screen.

Siri pada iOS 12 juga memiliki kemampuan untuk mengelola notifikasi secara otomatis berdasarkan bagaimana selama ini pengguna berinteraksi dengan aplikasi dan mengumpulkan notifikasi tertentu dalam satu grup untuk membedakan notifikasi mana saja yang penting.

Do Not Distrub

Do Not Distrub bukanlah fitur baru iOS 12, tetapi pada versi terbaru ini Do Not Disturb memungkinkan pengguna untuk mengelola jadwal datangnya notifikasi dari aplikasi, message dan panggilan telepon. Fitur ini dapat bekerja berdasarkan jam dan lokasi tertentu.

Pengguna dapat mengatur untuk tidak menerima notifikasi apapun misalnya pada waktu pagi, siang, maupun malam hari atau misalnya ketika sedang ada pertemuan dilokasi tertentu, Do Not Distrub akan aktif ketika pengguna sudah sampai pada lokasi tertentu dan secara otomatis tidak aktif setelah pengguna terdeteksi meninggalkan lokasi tersebut.

Tentunya terlebih dahulu pengguna sudah menentukan jam maupun lokasi agar bisa menikmati fitur baru iOS 12 pada Do Not Distrub.

Photo Sharing

Fitur ini akan memberikan saran secara cerdas kepada pengguna untuk membagikan foto yang diambil pengguna pada perangkat iPhone dan iPad kepada orang lain dimana orang itu ada dalam foto tersebut. Fitur Photo Sharing memanfaatkan informasi lokasi pengambilan foto untuk memberikan saran, dan tentunya pengguna hanya bisa berbagi foto tersebut kepada pengguna lain yang perangkatnya juga sudah menggunakan iOS versi yang sama agar bisa menikmati fitur baru iOS 12 ini.

Photo Search

Fitur baru iOS 12 ini sangat berguna jika pengguna ingin mencari foto tertentu pada perangkat iPhone dan Ipad yang berisi banyak sekali foto. Pada kolom pencarian foto sesaat setelah pengguna mengetikkan keyword tertentu, fitur ini akan memberikan saran terkait foto yang diambil baru-baru ini, berdasarkan lokasi dan siapa saja pengguna lain yang di tag pada foto tersebut. Dengan beberapa racikan keyword, pengguna semakin mudah untuk menemukan foto tertentu.

Siri Shortcut

Siri semakin cocok dijadikan partner yang akan membantu kegiatan digital pengguna pada perangkat iPhone dan iPad. Siri bukanlah fitur baru iOS 12 tetapi melalui pembaharuan ini Siri memiliki kemampuan untuk menganalisa aktifitas rutin terkait penggunaan fitur dan aplikasi. Pada Lockscreen Siri akan menampilkan shortcut agar pengguna lebih cepat mengakses fitur dan tersebut.

Privacy

Apple menjanjikan fitur baru iOS 12 didesain dengan tingkat keamanan yang tinggi dan menyerahkan kendali penuh kepada pengguna untuk memutuskan sesuatu terkait apa saja data yang akan dibagikan.

Fitur baru iOS 12 memungkinkan Safari untuk mencegah perekaman data perangkat pengguna saat menggunakan tombol berbagi dan kolom komentar pada halaman website tertentu. Safari juga mencegah pengiklan pada jaringan website untuk melakukan perekaman data agar pengiklan leluasa untuk menyarankan iklan tertentu sesuai dengan karakteristik, informasi perangkat dan aktifitas digital pengguna.

Sejumlah fitur-fitur baru lainnya dan beberapa perubahan tampilan juga dihadirkan Apple pada fitur baru iOS 12. Selengkapnya bisa dilihat di iOS 12 Preview. Untuk perangkat yang kompatibel agar bisa menikmati fitur baru iOS 12 bisa kamu baca di Update iOS 12: Daftar Perangkat iPhone, iPad & iPod yang Kompatibel.

Bagaimana menurut kamu fitur baru iOS 12 ini? Berminat untuk mengupdate ke iOS 12 atau tetap setia dengan iOS 11? Perlu diingat, selalu back-up terlebih dahulu sebelum memperbaharui versi iOS agar selain bisa menikmati fitur baru iOS 12, kamu juga punya persiapan jika terjadi kesalahan saat proses update.

Comments

comments