Pemilik Merk Bir Heineken ini Wanita Terkaya di Belanda

Charlene de Carvalho-Heineken adalah cicit perempuan dari Gerard Adrian Heineken, seorang pebisnis pendiri brand bir Heineken International.

https://www.forbes.com/profile/charlene-de-carvalho-heineken/?list=billionaires
foto: Charlene de Carvalho-Heineken / via forbes.com

Charlene de Carvalho-Heineken lahir pada 30 Juni 1954 di Amsterdam dengan ayah Freddy Heineken dan ibu Lucille Cummins.

Charlene sempat mengambil pendidikan jurusan hukum di Universitas Leiden pada tahun 1972 dan dropout dan pindah ke Swiss dan melanjutkan studynya di Universitas Geneva dengan jurusan sastra prancis dan lulus pada tahun 1975.

http://fortune.com/2014/12/17/heineken/
foto: Charlene de Carvalho-Heineken bersama Michel de Carvalho / via fortune.com

Pada tahun 1983 Charlene menikahi Michel de Carvalho seorang pebisnis, pemodal dan perbankan asal Inggris dan dikaruniai 5 orang anak dan kini menetap di kota London Ingriss dan Swiss.

Sumber kekayaan Charlene de Carvalho-Heineken berasal dari harta warisan, perbankan dan kepemilikan saham di Heineken International.

http://www.economist.com/node/929769
foto: Freddy Heineken / via economist.com

Sebelumnya, Alfred Henry “Freddy” Heineken yang merupakan ayahnya merupakan salah satu orang terkaya di Belanda dengan estimasi kepemilikan harta sebesar 9.5 Billion Gulden (sekarang Euro).

Alfred Henry “Freddy” Heineken bersama supirnya pernah diculik pada tahun 1983 dan dilepaskan dengan jaminan 35 juta Gulden.

 

Kejadian tersebut difilmkan dengan judul The Heineken Kidnapping yang dirilis pada tahun 2011 dan Kidnapping Freddy Heineken pada tahun 2015.

foto: Poster film penculikan Freddy Heineken / via imdb.com

Alfred Henry “Freddy” Heineken meninggal dunia pada 3 januari 2002 di Noordwijk dan meninggalkan kursi kepemimpinan Heineken International kepada Charlene de Carvalho-Heineken.

Sepeninggalan ayahnya, Charlene de Carvalho-Heineken mendapat warisan sebesar 3 miliar Euro dan langsung membuat dia menjadi orang terkaya di Belanda dengan estimasi total kekayaan sebesar 7 miliar Euro.

Saat ini ia menduduki jabatan sebagai direktur eksekutif dan mengendalikan 25% kepemilikan saham di Heineken International.

Photo by Emiel Molenaar on Unsplash

Hal tersebut menjadikan Charlene de Carvalho-Heineken sebagai orang terkaya nomor 1 di Belanda karena walaupun ia menetap di London Inggris, ia tetap mempertahankan kewarganegaraan Belandanya.

Charlene de Carvalho-Heineken juga tercatat sebagai orang terkaya nomor 86 di dunia dan perempuan terkaya nomor 10 di dunia menurut laman Forbes dengan kekayaan total sejauh ini sebesar 15.8 miliar Dollar US.

Pada tahun 2014, tercatat Heineken International memiliki 85.000 karyawan di seluruh dunia dan mendapatkan penjualan sebesar 25.5 miliar US Dollar dengan total keuntungan 1.8 miliar US Dollar dikutip dari laman wikipedia.

Semoga menginspirasi.

 

Referensi Tulisan:

Profil Charlene de Carvalho-Heineken di Bloomberg, Profil Michel de Carvalho di wikipediaList orang terkaya di Belanda menurut Laman WikipediaProfil Freddy Heineken di WikipediaDaftar Wanita terkaya di dunia menurut ForbesDaftar orang terkaya di dunia menurut Forbes.

Sumber foto:

featured image:Stella de Smit