Siaran Langsung Sambil Nyanyi Lip Sync di Facebook

Lip Sync Live di Facebook
Ilustrasi Indowonders/JiiLibranto

Masih ingat Sinta Jojo yang sempat viral di Youtube beberapa tahun lalu setelah mengunggah video Lip Sync lagu Keong racun? Atau aksi Norman Kamaru mengikuti gerakan lagu Chaiya Chaiya? Nah, sekarang kamu bisa mengikuti jejak para beliau bernyanyi dengan teknik lip sync live riang gembira di Facebook.

Warga Facebook kedatangan fitur baru yaitu Lip Sync Live. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk siaran langsung di Facebook Stories sambil lip sync lagu-lagu terkenal. Informasi tersebut di kabarkan melalui Newsroom Facebook.

Facebook bermitra dengan label-label musik diseluruh dunia agar pengguna Facebook dapat menggunakan musik-musik terkenal secara legal kedalam unggahan status berformat video dan di siaran langsung Facebook Stories.

Melalui kemitraan ini facebook memberikan kebebasan kepada pengguna untuk berekspresi dan mengembangkan kreatifitas saat membagikan momen kepada teman dan kerabat di Facebook.

Sebelumnya, Facebook melarang pengguna untuk menggunakan musik latar dari lagu-lagu terkenal. Jika terdeteksi terdapat musik latar milik orang lain, facebook akan menghapus video atau mensenyapkan yang diunggah pengguna agar Facebook tidak harus bertanggungjawab membayar royalti kepada pemilik lagu.

Fitur terbaru lain adalah Lip Sync Live, dimana pengguna dapat melakukan siaran langsung ditemani musik latar lagu-lagu terkenal yang dapat dipilih langsung saat melalukan aktifitas siaran langsung.

Facebook memberikan pilihan Lip Sync Live kepada pengguna saat memulai siaran langsung di Facebook Stories. Pengguna akan diberikan pilihan-pilihan lagu hits sebut saja contohnya ‘Havana’ dari Camila Cabello, ‘God’s Plan’ dari Drake, ‘Happier’ dari Ed Sheeren dan banyak lagi pustaka musik dari Facebook yang bisa dipilih agar siaran langsung terlihat lebih menyenangkan.

Teman yang menonton siaran langsung tidak harus menanyakan lagu apa yang sedang digunakan sebagai latar karena informasi judul lagu dan nama penyanyi akan tampil. Pengguna bisa mengatur letak informasi tersebut pada posisi tertentu agar tidak menggangu proses siaran langsung.

Fitur Lip Sync Live seperti ini memang sedang ngetren dikalangan pengguna media sosial. Dua Platform Lip Sync seperti Musically dan Tik Tok sangat populer dikalangan anak muda khususnya warganet Indonesia.

Video-video Lip Sync Live dengan gerakan-gerakan tubuh dan bibir yang mengundang tawa sering kita lihat diunggah ulang ke media sosial Instagram dan Twitter. Fitur Lip Sync Live di Facebook ini tentunya menambah pilihan warganet untuk berekspresi dan mengeluarkan kreatifitasnya.

Di Indonesia Lip Sync bukanlah tontonan baru. Mungkin hampir setiap pagi kita bisa melihat acara musik dimana musisi sedang menyanyikan lagunya di siaran televisi secara Lip Sync untuk kebutuhan tayangan dan menghindari kesalahan teknis karena sedang siaran langsung. Konon katanya.

Saking populernya fitur video Lip Sync Live diberbagai platform ini menghadirkan idola-idola baru kalangan anak muda. Indowonders menyebut pengguna aktif fitur lip sync live ini dengan sebutan ‘Lip Sync Flu-Encer’. Semacam influencer yang bergerak dalam dunia per-Lip Sync-ngan. Apapun lah artinya itu.