Sejarah Instagram dan Fakta Menarik Di balik Kisah Suksesnya

ilustrasi sejarah instagram by INDOWONDERS
Ilustrasi Indowonders/JiiLibranto

Sukses diukur dari bagaimana seseorang percaya dan berjuang mewujudkan mimpi dan passion-nya. Berikut ini indowonders bagikan beberapa potongan sejarah Instagram, semoga termotivasi.

Sejarah Instagram dan fakta menarik di balik kisah suksesnya bisa memotivasi banyak orang yang percaya dan berjuang mewujudkan mimpi dan passion-nya.

Instagram merupakan sebuah platform media sosial berbagi foto dan video yang memberikan akses kepada pengguna untuk mengambil foto, video, mengolahnya secara digital dan membagikan hasil olahan foto dan video tersebut ke berbagai jaringan media sosial termasuk di platform Instagram khususnya.

Kevin Systrom dan Mike Krieger adalah dua orang di balik sejarah Instagram dan merupakan penggagas dibalik suksesnya platform berbagi foto dan video ini.

Nama Instagram sendiri terbagi menjadi dua suku kata yaitu insta yang berasal dari kata instan dimana pengguna dapat mengambil dan membagikan foto secara instan dan gram yang berasal dari kata telegram yang memiliki cara kerja mengirimkan informasi secara cepat kepada orang lain.

Kali ini indowonders bakal mengajak kalian untuk napak tilas perjalanan sejarah Instagram dan fakta menarik dibalik kisah suksesnya.

Tahun 2010

Sejarah Instagram dimulai. Versi pertama dari aplikasi Instagram dirilis pada awal Oktober 2010 di App Store. Menariknya, pada hari pertama tercatat sebanyak 25.000 pengguna iPhone yang mendaftar di aplikasi Instagram.

Tahun 2011

November 2011 Instagram tercatat memiliki lebih dari 12 juta pengguna. Pencapaian tersebut membuat Kevin Systrom dan Mike Krueger mendapatkan anugerah kehormatan masuk kedalam daftar Fortune’s 40 Under 40’s dan Business Insider’s 25 Under 25.

Desember 2011 App Store memilih Instagram sebagai App Store Rewind 2011 iPhone App of The Year dan selama 14 bulan berada di App Store, Instagram tercatat memiliki lebih dari 14 juta pengguna di seluruh dunia.

Tahun 2012

April 2012 untuk pertama kalinya dalam sejarah Instagram, Instagram membawa kabar gembira bahwa aplikasi Instagram untuk Android sudah tersedia di Google Play Store. Bersamaan dengan kabar tersebut diinformasikan juga bahwa Instagram tercatat sudah memiliki lebih dari 30 juta pengguna diseluruh dunia.

Setelah dua tahun berdiri sebagai platform media sosial berbagi foto, sejarah Instagram berlanjut. Tepatnya pada 9 April 2012 Instagram mengumumkan bahwa mereka telah diakusisi oleh raksasa media sosial Facebook dengan mahar 1 Milyar Dollar US atau sekitar 9 Triliun Rupiah pada saat itu. Meskipun sudah diakusisi oleh Facebook, Kevin Systrom tetap menjabat sebagai CEO dan Mike Krueger sebagai CTO.

Juli 2012 merupakan tanggal penting sejarah Instagram, karena pada waktu ini tercatat Instagram memiliki lebih dari 80 juta pengguna dan hampir 4 milyar foto dibagikan sejak dirilis pertama kali pada Oktober 2012.

Agustus 2012 Instagram melakukan pembaharuan besar-besaran untuk aplikasi Instagram untuk iPhone dan Android. Pembaharuan tersebut diantaranya adalah hadirnya fitur Photo Map, perubahan tampilan pada tab Explore, hashtag, location dan fitur yang memungkinkan pengguna melaporkan komentar individual yang tidak sesuai dengan ketentuan Instagram.

Desember 2012 Instagram tersedia dalam 25 pilihan bahasa termasuk Bahasa Indonesia.

Tahun 2013

Februari 2013 sejarah Instagram tercatat lagi. Instagram diketahui memiliki 100 juta pengguna aktif setiap bulannya.

Juni 2013 versi 4.0 aplikasi Instagram pada iOS dan Android memungkinkan pengguna untuk merekam dan membagikan video dengan durasi maksimal 15 detik.

November 2013 aplikasi Instagram sudah tersedia di Windows Store untuk pengguna Windows Phone, bersamaan dengan informasi tersebut Instagram tercatat memiliki lebih dari 150 juta pengguna.

Desember 2013 bersamaan dengan pembaharuan aplikasi versi 5.0, Instagram menghadirkan fitur Direct, fitur yang dikhususkan kepada pengguna untuk berkirim pesan text, gambar dan video secara individual kepada pengguna tertentu.

Tahun 2014

Desember 2014 sejarah Instagram berlanjut. Instagram tercatat memiliki lebih dari 300 juta pengguna aktif dengan lebih dari 70 juta foto dan video dibagikan setiap harinya. Bersamaan dengan informasi tersebut pula Instagram memperkenalkan verified badges untuk selebriti, atlit dan merek dagang yang memungkingkan pengguna untuk membedakan mana akun asli dan palsu.

Tahun 2015

September 2015 dalam sejarah Instagram tercatat memiliki lebih dari 400 juta pengguna dan 75% berasal dari luar Amerika Serikat. Instagram juga menginformasikan, dari 100 juta pengguna baru yang terdaftar, lebih dari 50% berasal dari Eropa dan Asia. Brazil, Jepang dan Indonesia merupakan negara asal pengguna baru paling aktif di Instagram.

Tahun 2016

Maret 2016 Instagram mengumumkan akan memperpanjang durasi video yang awalnya 15 detik menjadi 60 detik.

April 2016 Instagram tersedia di Windows Phone Store untuk perangkat Windows 10 Mobile.

May 2016 Instagram mendandan habis-habisan tampilan aplikasi Instagram mulai dari kerangka hingga bentuk icon. bersamaan dengan pembaharuan tersebut, di Instagram tercatat sebanyak lebih dari 80 juta foto dan video dibagikan setiap harinya.

Juni 2016 Instagram tercatat memiliki lebih dari 500 juta pengguna dan 300 juta pengguna aktif setiap harinya dan 80% dari pengguna tersebut berasal dari luar Amerika Serikat.

Agustus 2016 Instagram memperkenalkan fitur Stories, fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi foto dan video berformat portrait yang akan hilang setelah 24 jam sejak dibagikan.

Desember 2016 Instagram tercatat memiliki lebih dari 600 juta pengguna, setidaknya tercatat lebih dari 100 juta pengguna baru mendaftar di Instagram.

Tahun 2017

Januari 2017 Instagram menghadirkan fitur live stories, dimana pengguna bisa membagikan momen berformat video secara realtime di Instagram Stories.

Maret 2017 Instagram tercatat memiliki 8 juta akun usaha yang menggunakan business profile yang tersebar di seluruh dunia. Yang paling banyak berasal dari Amerika Serikat, Brazil, Indonesia, Rusia dan Inggris. Instagram juga menginformasikan bahwa mereka mencatat lebih dari 1 juta pengiklan aktif.

April 2017 Instagram tercatat memiliki 700 juta pengguna dan 100 juta pengguna baru terdaftar dalam rentang waktu kurang dari 4 bulan saja.

Agustus 2017 Instagram menghadirkan fitur Go Live dimana pengguna bisa mengajak pengguna lain berkolaborasi di live stories.

September 2017 Instagram tercatat memiliki 800 juta pengguna aktif. Bertambah sebanyak 10 juta pengguna dalam rentang waktu 4 bulan.

Tahun 2018

Juni 2018 Instagram mengumumkan telah memiliki 1 milyar pengguna aktif setiap bulan dan 300 juta pengguna menggunakan Instagram Stories setiap harinya. Pada tanggal 20 Juni 2018 Instagram merilis IGTV, aplikasi video-sharing berdurasi 1 jam.

Catatan khusus: indowonders akan tetap memperbaharui informasi sejarah Instagram di artikel ini jika ada perkembangan terbaru.

Selain sejarah Instagram, jika kamu penasaran bagaimana cara menyembunyikan Instagram Post dan Instagram Stories, kamu bisa baca di Mute Instagram Post dan Instagram Stories. Kamu juga bisa follow indowonders di media sosial Facebook, Twitter dan Instagram.

Comments

comments