Bernostalgia di Facebook Melalui ‘Memories’

facebook memories
Ilustrasi Indowonders/JiiLibranto

Raksasa media sosial Facebook merilis fitur ‘Memories’ dengan nama menu ‘On This Day’. Melalui Facebook Memories kamu dapat melihat kembali apa yang kamu, teman dan kerabat bagikan pada tanggal hari ini di tahun-tahun sebelumnya.

Facebook Memories memiliki fungsi untuk memisahkan kenangan dengan kiriman terbaru di dinding Facebook. Kenangan yang dimaksud adalah status, unggahan foto, event dan informasi dengan siapa kamu berteman pada tanggal tersebut.

Alasan Facebook menghadirkan fitur ini karena menurut penelitian Facebook mengklaim terdata lebih dari 90 juta pengguna Facebook menggunakan On This Day untuk bernostalgia dengan kiriman lampau sejak fitur ini di rilis 2 tahun lalu.

Kegiatan bernostalgia semacam ini berdampak positif terhadap suasana hati pengguna. Saat membaca status lampau dan melihat balasan pada kolom komentar membantu pengguna untuk melepas stres.

Facebook Memories juga membantu pengguna untuk bercermin sejauh apa pengalaman dimasa lalu berdampak pada hari ini dan apa saja pencapaian yang sudah diraih.

Awal perilisannya tahun 2014, versi pertama Facebook Memories dikenal dengan nama ‘Lookback Video’ dan ‘Say Thanks Video’. Dimana secara otomatis Facebook membuat video slide dengan kombinasi antara kiriman lampau, musik, desain dan elemen-elemen kreatifitas dari pustaka Facebook.

Ada 4 bagian utama yang terdapat pada Facebook Memories, diantaranya;

  • On This Day: Bagian ini berisi Event dan Kiriman lampau yang terkait dengan pengguna pada tanggal hari ini dari tahun sebelumnya.
  • Friends Made On This Day: Bagian ini berisi daftar dengan siapa saja kamu berteman di Facebook hari ini pada tahun sebelumnya.
  • Recaps of Memories: Bagian ini berisi rekap bulanan dari kenangan yang muncul pada Facebook Memories dan dikemas dalam bentuk pesan dan video pendek.
  • Memories You May Have Missed: Bagian ini berbentuk arsip dari kenangan yang belum sempat kamu lihat sejak minggu lalu.

Facebook Memories bisa diakses dengan cara mengetuk menu ‘On This Day’ di bagian kiri News Feed di tampilan web atau ketuk menu ‘More’ pada kanan bawah tampilan aplikasi mobile, Atau dengan cara mengunjungi facebook.com/memories.

Hanya pengguna saja yang bisa melihat kiriman lampau yang muncul pada Facebook Memories. Facebook memberikan kendali penuh kepada pengguna untuk melihat kiriman lampau sendiri atau dibagikan dengan teman di News Feed.

Comments

comments