Kamu Akan Mencintai Thanos Setelah Membaca Ini

Film Avengers: Infinity Wars menceritakan bagaimana seorang Thanos penghuni Titan salah satu bulan dari planet Saturnus untuk menuntaskan ambisinya melenyapkan setengah dari peradaban jagat raya.

Rencana Thanos sederhana, mengumpulkan ke-6 Infinty Stones dari seluruh jagat raya dan menjinakkannya kekuatan Infinity Stones tersebut dengan melekatkan satu persatu batu infinity tersebut secara berurutan di sarung tangan emas bernama Infinity Gauntlet.

Josh Brolin in Avengers: Infinity War (2018)
foto Josh Brolin sebagai Thanos di Avengers: Infinity War / via imdb.com

Kekuatan dari masing-masing Infinity Stones tersebut akan membuat Thanos memiliki kekuasaan untuk melenyapkan setengah populasi makhluk hidup di jagad raya dari berbagai ras, suku bangsa, planet dan galaxy hanya dengan satu jentikan jari saja.

Maksud dan tujuan Thanos sebenarnya bisa dibilang ide brilian, Thanos menganggap populasi di alam semesta sudah tidak terkontrol dan bisa dibilang melebihi kapasitas dan bisa mengancam keberlangsungan hidup semua makhluk di alam semesta.

Thanos ingin menjadi bagian dari solusi permasalahan tersebut. Tetapi dalam penerapannya, Thanos mengambil cara pintas yang tidak masuk diakal.

Ia ingin melenyapkan setengah populasi alam semesta agar setengah populasi tersisa mendapatkan kesempatan untuk menjalani hidup yang lebih berkualitas.

Dalam penonjolan karakter dan penguatan cerita di dalam Marvel Cinematic Universe yang diproduksi oleh Marvel Studios, Thanos digambarkan sudah memulai aktifitasnya mengumpulkan Infinity Stones pada film The Avengers tahun 2012.

foto Tom Hiddleston sebagai Loki di The Avengers (2012) via imdb.com

Pada post credit film The Avengers menggambarkan adegan yang memunculkan persepsi kalau sebenarnya Thanos lah dalang dibalik kekacauan yang dihadapi tim Avengers dan merupakan penyuplai pasukan yang dipimpin oleh Loki.

Gambar terkait
foto Damien Poitier sebagai Thanos di The Avengers (2012) via youtube.com

Kemunculan Thanos selanjutnya tampak pada film Guardian of the Galaxy tahun 2014. Pada saat itu Thanos menyuplai pasukan dan mengutus Ronan, seorang antihero berkebangsaan Kree untuk merebut salah satu Infinity Stone yang berada di planet Xandar.

Setelah mendapatkan satu Infinity Stone, Ronan merasakan kekuatan luar biasa yang bisa diberikan oleh batu tersebut dan berencana membinasakan planet Xandar.

foto Lee Pace sebagai Ronan di Guardian of the Galaxy / via wikimedia.org

Ronan memutuskan mengingkari perjanjian dengan Thanos dan menjalankan ambisinya sendiri untuk menguasai jagat raya dengan menghancurkan planet Xandar sebagai langkah awalnya.

Rencananya gagal, ketidakkompakan tim Guardian of the Galaxy yang berasal dari berbagai latar belakang malah memunculkan satu-kesatuan tim yang berhasil menumpas maksud jahat Ronan.

Vin Diesel, Bradley Cooper, Chris Pratt, Zoe Saldana, and Dave Bautista in Guardians of the Galaxy (2014)
foto formasi GOTG di Guardian of the Galaxy (2014) via imdb.com

Dalam film tersebut juga Thanos diperkenalkan sebagai ayah angkat dari Gamora dan Nebula. Tidak saling paham antara Gamora dan Nebula yang merasa Thanos sebagai ayah pilih kasih kepada anak juga digambarkan pada film Guardian of the Galaxy 2.

Selanjutnya kemunculan Thanos terlihat diakhir kredit film Avengers: Age of Ultron pada tahun 2015.

Hasil gambar untuk thanos age of ultron
foto Josh Brolin sebagai Thanos di Avengers: Age of Ultron (2015) via youtube.com

Dalam adegan tersebut Thanos tampak kesal di raut wajahnya sepertinya mengacu kepada kegagalan Loki dan Ronan dan dalam dialognya berkata “akan kulakukan sendiri” sambil mengangkat Infinity Gauntlet.

Kembali ke film Avengers: Infinity Wars, rencana Thanos yang sederhana itu tidak sesederhana itu dalam penerapannya.

Kurt Russell and Chris Pratt in Guardians of the Galaxy Vol. 2 (2017)
foto Kurt Russel sebagai Ego di Guardian of the Galaxy Vol. 2 (2017) via imdb.com

Spekulasi yang beredar dikalangan penggemar Marvel Cinematic Universe, kemunculan Thanos secara utuh dalam satu film dan tidak sebagai cameo disebabkan Thanos sebelumnya tidak ingin berhadapan dengan Ego, seorang celestial yang merupakan musuh sekaligus ayah dari Peter Quill yang muncul di film Guardian of the Galaxy 2.

Selanjutnya Thanos tidak ingin berhadapan dengan Ultron yang muncul di film Avengers: Age of Ultron. Sepertinya dari MCU belum ingin membangun cerita dimana antihero bersebrangan dengan antihero lain dan diberikan wadah dalam 1 film utuh.

Hasil gambar untuk ultron
foto Ultron di Avengers: Age of Ultron (2015) via telegraph.co.uk

Thanos secara tidak langsung digambarkan kalau dia menyadari bahwa terdapat 2 Infinty Stones berlokasi di Bumi.

Satu Infinity Stones melekat di kening Vision yang bisa dilihat di film Avengers: Age of Ultron. Satu lagi time stone yang berada di Kamar-taj dibawah pengawasan The Ancient One, seorang penyihir penjaga dimensi bumi.

Tilda Swinton in Doctor Strange (2016)
foto: Tilda Swinton sebagai The Ancient One di film Doctor Strange / via imdb.com

Sementara pada saat itu Thanos belum memiliki Reality Stone agar bisa seimbang ketika harus berhadapan dengan The Ancient One kalau-kalau terjadi pertempuran antar dimensi dan realitas.

Reality Stone muncul pada film Thor: The Dark World dan pada akhir cerita digambarkan Reality Stone diberikan kepada The Collector untuk disimpan.

Gambar terkait
foto Benicio Del Toro sebagai The Collector di Guardian Of The Galaxy (2014) via geektyrant.com

Dengan tidak adanya Ego setelah dikalahkan oleh GOTG, Ultron yang dikalahkan oleh tim Avengers dan The Ancient One yang tidak selamat setelah bertarung dengan muridnya yang berkhianat di film Dr Strange, bisa dibilang turun langsungnya Thanos untuk mengumpulkan Infinity Stones bukan merupakan suatu kebetulan.

Thanos kini lebih leluasa untuk mengumpulkan Infinity Stones, meskipun pada kenyataannya di bumi tim Avengers sudah bersiaga ditambah lagi Dr Strange. Di luar bumi GOTG bisa diandalkan dan masih ada Thor dan Hulk di pesawat bersamaan dengan pengungsi bangsa planet Asgard yang bisa dilihat di akhir film Thor: Ragnarok.

Sudah menonton film Avengers: Infinity Wars? Siapa superhero dan antihero favoritmu? Ingat, no spoiler ya, hargai orang lain yang belum nonton.

Untuk yang belum nonton, segera ke bioskop dan rasakan pengalaman menonton film dan bersiap dimanjakan oleh jalan cerita, adegan bertarung dan ramainya para superhero dan antihero favoritmu saling mempertahankan ambisinya.