WWDC 2018: Apple Kenalkan iOS 12, macOS Mojave, watchOS 5 & Apple TV 4K

Ilustrasi WWDC 2018 by INDOWONDERS
Ilustrasi Indowonders/JiiLibranto

Sejak tahun 1987 Apple menyelenggarakan WWDC (Worldwide Developer Conference). Acara tersebut diselenggarakan selama 5 hari setiap tahunnya. Melalui WWDC 2018, Apple memperkenalkan perangkat keras, perangkat lunak dan teknologi terbarunya kepada pada developer. Kali ini Apple memperkenalkan iOS 12, macOS Mojave dan watchOS 5 serta perangkat Apple TV 4K di WWDC 2018.

iOS 12

iOS 12 merupakan pembaharuan perangkat lunak penerus dari iOS 11 untuk iPhone dan iPad. Pada WWDC 2018 Apple menjadwalkan iOS 12 bakal bisa dicicipi oleh pengguna iPhone dan iPad sekitar awal September tahun ini (2018).

Akan ada peningkatan signifikan pada iOS 12 yang akan membuat pengalaman menggunakan perangkat iPhone dan iPad untuk kebutuhan multitasking menjadi lebih cepat dan responsive.

Melalui website resminya selain informasi dari WWDC 2018 Apple menjelaskan bahwa pada iPhone dan iPad yang menggunakan iOS 12 akan merasakan pengalaman mengakses Kamera 70% lebih cepat, menampilkan keyboard 50% lebih cepat dan dalam kondisi multitasking yang berat sekalipun iOS 12 mampu meluncurkan aplikasi 2 kali lebih cepat.

Informasi perangkat yang kompatibel dengan iOS 12 bisa kamu baca diĀ  Update iOS 12: Daftar Perangkat iPhone, iPad & iPod yang Kompatibel.

Fitur baru apa saja yang dibawa pada pembaharuan iOS 12 selengkapnya bisa kamu baca di Apple Hadirkan Beragam Perbaikan dan Fitur Baru iOS 12.

macOS Mojave

Melalui event WWDC 2018 Apple memperkenalkan penerus dari macOS High Sierra yang dirilis sekitar 8 bulan yang lalu. macOS versi 14.10 diberi nama macOS Mojave. macOS dengan tagline “Simply powerful” ini menurut Apple terinspirasi dari para pengguna setia Mac dan MacBook dan didesain untuk pengguna pada umumnya.

macOS Mojave memungkinkan pengguna untuk tetap fokus bekerja dibantu dengan fitur Dark Mode, mengelola file dengan bantuan Desktop Stacks dan mengambil screenshot tampilan layar lebih mudah dari pada sebelumnya.

watchOS 5

Apple memperkenalkan generasi kelima dari watchOS pada WWDC 2018 untuk perangkat Apple Watch. Sejumlah fitur-fitur baru yang membantu rutinitas pengguna Apple Watch sehari-hari dibenamkan pada watchOS 5.

Fitur seperti Actifity Competition yang memungkinkan pengguna untuk berkompetisi bersama teman, pembaharuan aplikasi Workouts, integrasi Apple Podcast, penyempurnaan notifikasi dan inovasi-inovasi cerdas lainnya yang membuat pengguna lebih terkoneksi dengan informasi yang pengguna butuhkan.

Apple TV 4K

Melalui event WWDC 2018 pula Apple turut memperkenalkan lini entertainmentnya yaitu Apple TV 4K. Perangkat ini memungkinkan pengguna untuk menonton acara tv dan menonton film dengan resolusi 4K HDR ditemani dengan suara menggelegar dan terdengar sangat nyata dengan bantuan teknologi Dolby Atmos 3D.

Dengan Apple TV 4K pengguna dapat menonton channel favorit dan menikmati tayangan-tayangan layanan streaming seperti Netflix, Amazon Prime dan ESPN. Dengan bantuan Siri, pengguna dapat mengontrol Apple TV 4K dengan perintah suara saja.

Keynote dari WWDC 2018 bisa kamu simak di website resmi Apple di Watch the keynote.

Comments

comments