Kebingungan Pada Avengers: Infinity Wars -Spoiler Alert!

Photo by Jean-Philippe Delberghe / Unsplash

Peringatan keras! Tulisan ini berisi spoiler dan gambaran sebagian adegan dan alur cerita pada film Avengers: Infinity Wars dan hanya ditujukan kepada kamu yang sudah menonton film ini.

Jika kamu belum menonton sama sekali, sebaiknya abaikan isi dari tulisan ini and go F…….. find another source that contain less spoiler.

Ok, kalau kamu lanjut membaca sampai disini, kamu sudah tahu konsekuensinya. Jadi,mari kita bahas.

Yang paling mengganggu pikiran setelah menonton film Avengers: Infinity Wars adalah berantakannya alur waktu yang ada disetiap film-film keluaran Marvel.

Berantakannya alur waktu tidak terkait dan tidak mengacu pada waktu perilisan film di dunia nyata. Jadi, tanggal perilisan film pada penjeasan sebelumnya hanya informasi semata dan tidak terkait dengan alur waktu yang sedang dibahas.

Pada pembuka film Spiderman: Homecoming, dipampang dengan jelas kalau latar cerita film ini 8 tahun setelah kejadian alien menyerang kota New York pada film The Avengers.

Sekarang mari kita misalkan kejadian di The Avengers itu terjadi pada tahun 2012, maka pertama kali Spiderman ikut dalam pertempuran dibandara antara team Captain America dan Team Iron Man itu pada tahun 2020.

Latar tahun Spiderman: Homecoming terjadi 3 bulan kemudian setelah Captain America: Civil Wars, jadi bisa dikatakan kedua film ini terjadi pada tahun yang sama.

Pada saat Captain America, Black Widow, Vision, Scarlet Witch dan Falcon kembali ke markas Avengers, War Machine menyambut mereka dan berkata

“Well, you guys, really look like crap. Must’ve been a rough couple of years“.

Jadi Avengers: Infinity Wars terjadi beberapa tahun setelah perpecahan antara tim Captain America dan tim Iron Man pada Captain America: Civil War.

Kalau kita anggap kejadian itu hampir/lebih dari 2 tahun berselang, maka Avengers: Infinity Wars terjadi pada tahun 2022. Kita akan bahas tuntas kebingungan ini.

Kesimpulan baru dari hitung-hitungan kasar tersebut adalah, lama waktu Tony Stark bertunangan dengan Pepper Pots adalah selama selang hampir/lebih dari 2 tahun.

Hal tersebut digambarkan pada ending film Spiderman: Homecoming dimana Tony Stark mengajak Peter Parker untuk bergabung dengan Avengers dan ditolak.

Pepper Pots muncul dengan kepanikan karena pers sudah menunggu perkenalan anggota Avengers baru.

Sebagai gantinya Tony meminta cincin pertunangan yang disimpan di saku Happy Hogan untuk diberikan kepada Pepper Pots sebagai langkah antisipasi hadirnya pers.

Kembali lagi diingatkan, penggunaan tahun sama sekali tidak menggambarkan tahun yang sebenarnya dan tahun pasti terjadinya dalam alur cerita.

Hitungan kasarnya, antara The Avengers dan Avengers: Infinity Wars terjadi selang hampir/lebih dari 10 tahun.

Selama itu pula Tony Stark masih berada dalam bayang-bayang kejadian peperangan dengan pasukan Chitauri.

Kenapa Tony Stark yang paling merasa gelisah dengan hal tersebut? karena dialah satu-satunya anggota avengers yang melihat langsung banyaknya pasukan Chitauri beserta kapal induknya.

Kapan itu terjadi? Pada saat Iron Man mengarahkan rudal yang seharusnya mengenai menara Stark tetapi diganti arahnya ke arah lubang masuk pasukan centauri di langit. Kegelisahan itu tampak jelas pada film Iron Man 3.

Sekarang kita akan perjelas bagaimana berantakannya penggunaan latar tahun pada bahasan ini.

Film the Guardian Of The Galaxy (2014) dan Guardian Of The Galaxy Vol. 2 (2017) terjadi pada tahun yang sama yaitu tahun 2014.

Hal itu bisa dikonfirmasi dengan hitungan sederhana. Pada film GOTG (2014) tertulis pada title pembuka kejadian meninggalnya ibu Peter Quill pada tahun 1988 dan latar film GOTG merupakan 26 tahun setelahnya.

Pada GOTG Vol. 2 (2017) digambarkan pada awal film Ego dan ibu Peter Quill berkencan pada tahun 1980 dan latar film GOTG Vol. 2 merupakan 34 tahun setelahnya.

Kevin Feige selaku direktur utama Marvel Studios pada wawancaranya dengan CinemaBlend mengungkapkan kalau Kejadian pada Avengers: Infinity Wars terjadi selang 4 tahun setelah GOTG Vol. 2. Jadi bisa disimpulkan kalau latar Avengers: Infinity Wars ada pada tahun 2018.

Hal tersebut juga dikonfirmasi oleh dialog Tony Stark pada film tersebut. Dialog tersebut muncul pada adegan Tony Stark sedang berdebat dengan Doctor Strange.

Thanos had been inside my head for six years since he sent army to new york, and now he’s back.

Jadi Adegan hal tersebut juga menekankan bahwa latar pertempuran Avengers dengan pasukan Chitauri dibawah komando Loki pada The Avengers memang terjadi pada tahun 2012.

Pada saat itu Tony bersama Peter Parker dengan Iron Suitnya yang seharusnya dia terima jika dia tidak menolak diangkat sebagai anggota Avengers pada akhir film Spiderman: Homecoming.

Jika pertarungan Spiderman dengan Vulture di Spiderman: Homecoming terjadi 8 tahun setelah kejadian The Avengers, maka film Spiderman: Homecoming berlatar 2 tahun setelah Avengers: Infinity Wars. Membingungkan.

Secara spesifik memang tidak digambarkan secara jelas penggunaan tahun pada tiap-tiap film Marvel kecuali untuk film Guardian Of The Galaxy dan sekuelnya.

Kevin Feige juga pada wawancaranya dengan CinemaBlend berkata mereka tidak pernah mempatokkan penggunaan tahun pada suatu film tetapi fokus kepada kualitas film itu sendiri yang lebih difokuskan kepada cerita keseluruhan dan latar belakan tiap-tiap karakter.

Masih menjadi perdebatan apakah film Avengers 4 akan menjawab berantakannya penggunaan tahun pada kejadian tiap-tiap film keluaran Marvel atau mereka akan mengambil langkah seperti yang mereka lakukan pada proyek X-men.

Seperti kita ketahui bahwa cerita dan akhir dari film X-Men: Days of Future Past (2014) membuat hampir keseluruhan alur cerita film-film x-men tidak pernah terjadi karena masa lalu sudah diubah dalam film tersebut.

Kita tunggu saja, apakah film Avengers 4 juga akan melakukan hal yang berkaitan dengan penjelajahan waktu untuk memperbaiki alur waktu atau ada kejutan lain diluar prediksi para fans dan pengamat.

Kita tunggu saja.