Film Deadpool 2: Mencari Peruntungan di Antara Avengers & Star Wars

ilustrasi film deadpool 2 by INDOWONDERS
Ilustrasi Indowonders/JiiLibranto

Sepertinya film Deadpool 2 kurang cermat dalam memilih jadwal mendarat di bioskop, khususnya di Indonesia. Itulah hal yang pertama kali terlintas di kepala saya saat melihat jadwal tayang film antara bulan April dan Mei 2018.

Film Deadpool 2 tayang di bioskop 22 hari setelah penayangan film Avengers: Infinity War, dan sampai ulasan ini ditulis pun film Avengers: Infinity War masih mendapatkan banyak jatah layar di bioskop. Film ini memang benar-benar menyedot perhatian penggemar superhero buatan Marvel dan penonton pada umumnya.

Awam rasanya melihat orang-orang update di media sosial menonton Avengers: Infinity Wars lebih dari 1 kali, hal tersebut menjadi salah satu pemicu kenapa film ini masih mendapatkan jatah layar walaupun sudah lebih dari 2 minggu sejak jadwal penayangan perdananya.

Pemicu lain, film Avengers: Infinity Wars memiliki rating PG-13 sedangkan film Deadpool 2 mendapat label R-Rated. Jika ada satu keluarga datang ke bioskop, sudah tahu dong mereka pilih nonton apa. Tentu saja tidak ada jawaban yang salah ataupun benar.

Label rating film Deadpool 2 cuma sekedar aksesoris untuk sebagian besar penonton di Indonesia. Jadi jangan heran kalau nonton film dengan label PG-13 maupun R-Rated di bioskop indonesia kamu bakal mendengar suara anak-anak berisik melempar pertanyaan kepada orang tuanya dan sesekali menutup wajah saat ada adegan ciuman bibir di layar.

Kebetulan memang bulan April dan Mei merupakan jadwal yang cukup tepat untuk orang tua membawa anak-anaknya menonton bioskop. Bulan Mei merupakan jadwal ujian akhir naik kelas dan bersamaan dengan jadwal mulai puasa yang membuat jadwal belajar dan mengajar dibeberapa sekolah dipersingkat.

Kalau kamu seorang orang tua memutuskan pergi ke bioskop membawa istri dan anak dan melihat jadwal tayang di LCD lobby bioskop, tentu saja kamu bakal memilih untuk menonton Avengers: Infinity War. Rasanya kurang tepat untuk menonton film Deadpool 2 yang bakal berisi adegan-adegan sadis dan berbagai jenis kata-kata kotor dari awal hingga akhir film.

Walaupun film Deadpool 2 dan Avengers: Infinity War merupakan film yang mengangkat cerita fiksi karakter superhero Marvel, tetapi terdapat perbedaan mencolok dari kedua film ini. Film Deadpool 2 merupakan X-Men Universe dimana hak patennya dimiliki oleh 21 Century FOX sedangkan Avengers: Infinity War diproduksi oleh Marvel Studio dibawah kepemilikan Disney.

Walaupun mayoritas saham 21 Century FOX sudah dibeli Disney pada awal Februari 2018, tentu saja untuk menyatukan Cinematic Universe tersebut merupakan pekerjaan rumah yang butuh waktu tidak sedikit.

Hal itu juga terbukti dengan jadwal tayang yang cenderung berdekatan. Tapi kan bedanya 20 hari lebih? Memang benar, itu kalau cuma bicara film Avengers: Infinity War. Jangan lupa, penayangan film Solo: A Star Wars Story cuma selang satu minggu dengan film Deadpool 2 tepatnya 25 Mei 2018.

Solo: A Star Wars Story merupakan besutan Lucasfilm dan juga kepemilikan Disney. Marvel Studio merelakan Disney untuk mengundur jadwal tayang film Avengers: Infinity Wars menjadi 27 April 2018 agar tidak berdekatan dengan premier Solo: A Star Wars Story.

Melihat film Avengers: Infinity War masih bertahan di bioskop tanah air dan film Solo: A Star Wars Story baru saja tayang dibioskop, sepertinya film Deadpool 2 terhimpit diantara dua film yang memiliki lebih banyak penggemar dan rasanya lebih pantas ditonton bersama keluarga maupun pasangan.

Ulasan film Deadpool 2 bisa kamu baca di Ulasan Deadpool 2: Berparas Rambo Berhati Rinto.

Kamu juga bisa follow indowonders di media sosial FacebookTwitter dan Instagram.