Deretan Aktor yang Pernah Berperan Sebagai Batman

Batman merupakan salah satu karakter superhero fiksi fenomenal yang dibuat oleh Bob Kane dan Bill Finger dan didistribusikan di bawah bendera DC Comics. Berikut ini indowonders rangkum deretan aktor yang pernah berperan sebagai Batman sejak awal kemunculannya di layar lebar.

Karakter Batman sendiri sudah diangkat ke layar lebar baik sebagai pemeran utama maupun cameo sejak tahun 1943.

Lewis Wilson

Lewis Wilson adalah Aktor yang Pernah Berperan Sebagai Batman untuk produksi film Batman tahun 1943. Lewis Wilson merupakan ayah dari Michael G. Wilson, penulis sekaligus produser film-film James Bond.

Lewis Wilson sendiri bukan cuma dikenal sebagai aktor pertama yang memerankan karakter Batman, tetapi dia juga merupakan aktor termuda yang pernah memainkan karakter Bruce Wayne dewasa.

9 tahun setelah memerankan karakter Batman, Lewis Wilson memutuskan untuk pensiun dan mengundurkan diri dari dunia akting.

Robert Lowery

Robert Lowery merupakan Aktor yang Pernah Berperan Sebagai Batman pada serial Batman and Robin yang dirilis 15 chapter pada tahun 1949.

Sebelum bermain sebagai Batman, dia juga berperan sebagai karakter Zorro dalam film The Mark Of Zorro pada tahun 1940.

Robert Lowery juga merupakan satu-satunya aktor yang pernah berperan sebagai Batman dan Zorro.

Adam West

Adam West adalah Aktor yang Pernah Berperan Sebagai Batman dalam film Batman: The Movie yang dirilis pada tahun 1966, serial Batman sebanyak 120 episode dari tahun 1966 sampai dengan 1968 dan film pendek Batgirl yang dirilis pada tahun 1967.

Film Batman: The Movie yang diperankan oleh Adam West ini adalah satu-satunya film Batman yang tidak didistribusikan oleh Warner Bros.

Adam West juga tampil mengisi suara dalam proyek film pendek, serial dan animasi Batman sampai tahun 2017.

Michael Keaton

Michael Keaton Aktor yang Pernah Berperan Sebagai Batman dan terlibat dalam dua proyek film Batman. Batman yang dirilis pada tahun 1989 dan Batman Returns pada tahun 1992.

Saat film Batman diproduksi, Michael Keaton beranggapan bahwa dalam realitanya identitas Batman sangat mudah dibongkar.

Michael menyarankan kepada Tim Burton selaku sutradara untuk menyamarkan karakter Bruce Wayne dengan menggunakan lensa kontak saat menjadi Batman.

Hal tersebut tidak jadi direalisasikan. Sebagai gantinya, Michael Keaton mengeluarkan nada yang berat saat berbicara sebagai Batman.

Teknik tersebutlah menjadi cikal bakal suara khas Batman untuk produksi proyek-proyek Batman selanjutnya.

Val Kilmer

Val Kilmer adalah Aktor yang Pernah Berperan Sebagai Batman di film Batman Forever yang dirilis pada tahun 1995.

Meskipun tidak banyak orang yang mengingat Val Kilmer pernah berperan sebagai Batman, tetapi sebenarnya Val Kilmer benar-benar total dalam berakting.

Dalam Film Batman Forever, Val Kilmer harus beradu akting dengan Tommy Lee-Jones sebagai Two Faces, Jim Carey sebagai Riddler, Chris O’Donnell sebagai Robin dan Nicole Kidman sebagai Dr. Chase.

Val Kilmer juga kehilangan 2 kg berat badannya karena letih menggunakan Batman Suit yang berat saat adegan bertarung.

George Clooney

George Clooney merupakan Aktor yang Pernah Berperan Sebagai Batman. Betul, kamu tidak salah baca. Aktor karismatik yang biasa kamu lihat bermain di film-film romantis pernah menumpas kejahatan di kota Gotham.

Film Batman & Robin dirilis pada tahun 1997, George Clooney berperan sebagai Batman dan Robin masih diperankan oleh Chris O’Donnell.

Film ini cukup seru, kenapa? karena kamu bakal melihat Arnold Schwarzenegger berperan sebagai villain memerankan Mr. Freeze.

Christian Bale

Christian Bale akan selalu diingat sebagai Aktor yang Pernah Berperan Sebagai Batman. Dibawah tangan dingin sutradara Christopher Nolan, Bale berhasil mengembalikan nuansa Batman sebagai karakter yang misterius, bijaksana dan banyak akal.

Hanya Christian Bale lah sejauh ini aktor yang pernah memainkan peran utama sebagai Batman dalam 3 film batman sekaligus. Batman Begin pada tahun 2005, The Dark Knight pada tahun 2008 dan The Dark Knight Rises pada tahun 2012.

Ben Affleck

Ben Affleck sejauh ini berperan sebagai Batman dalam 3 film. Batman V Superman, Suicide Squad & Justice League.

Dalam film Suicide Squad, Affleck hanya berperan sebagai cameo dalam adegan menangkap Deadshot yang diperankan oleh Will Smith dan Harley Quinn yang diperankan oleh Margot Robbie.

Jika rumor yang beredar ternyata benar adanya prihal mundurnya Ben Affleck sebagai Batman untuk film Batman selanjutnya, maka Christian Bale tetap memegang rekor sebagai aktor yang berperan sebagai Batman untuk 3 film sekaligus.

Sampai saat ini Warner Bros belum buka suara terkait proyek film Batman selanjutnya maupun hadirnya Batman sebagai cameo untuk film-film DC yang akan dirilis.

David Mazouz

Tidak familiar dengan aktor muda ini? Namanya David Mazouz, dia cukup sukses memerankan karakter Bruce Wayne dalam serial TV Gotham yang menceritakan gigihnya seorang Jim Gordon untuk menumpas kejahatan di kota Gotham.

Beda dengan alur cerita dalam film-film Batman, dalam serial tv ini digambarkan kalau Bruce Wayne muda sudah berkeliaran dimalam hari untuk menumpas kriminal.

Walaupun tidak secara resmi Bruce Wayne memperkenalkan diri sebagai Batman, dengan munculnya David Mazouz menggunakan pakaian bernuansa gelap ditambah topeng dan keahlian bertarung serta tipu muslihat, Bruce Wayne muda ini sangat menggambarkan karakter Batman dewasa.

Bonus stage

YES…. ini adalah Desta, jangan dianggap serius ya. Saat indowonders mengumpulkan bahan untuk tulisan ini, ternyata faktanya Desta pernah menggunakan kostum Batman untuk ikut audisi Indonesian Idol.

Bukan untuk serius ikut audisi, toh Desta sudah cukup terkenal di blantika musik Indonesia sebagai drummer Club 80’s.

Baca sejarah Instagram di SEJARAH INSTAGRAM DAN FAKTA MENARIK DI BALIK KISAH SUKSESNYA. Kamu juga bisa menikmati informasi dari indowonders di media sosial FacebookTwitter dan Instagram.

Referensi Tulisan

List film Batman, Batman Wikia, Featured Image.

Sumber Foto :

Lewis Wilson klik disini & disini, Robert Lowery klik disini & disini, Adam West klik disini & disini, Michael Keaton klik disini & disini, Val Kilmer klik disini & disini, George Clooney klik disini & disini, Christian Bale klik disini & disini, Ben Affleck klik disini & disini, David Mazouz klik disini & disini, Bonus Stage (Desta) klik disini & disini.

Comments

comments